Asuransi Pendidikan BRI untuk Anak: Biaya dan Benefit

Pendidikan

Asuransi pendidikan BRI merupakan salah satu pilihan terbaik untuk masa depan pendidikan terbaik untuk putra-putri Anda.

Melalui BRI Life, anak perusahaan bank tertua Indonesia ini memberikan proteksi sekaligus tabungan dana pendidikan. Plus, terdapat pula pilihan unit syariah!

Apabila biasanya asuransi pendidikan disediakan dalam metode unit-link maka BRI Life berbeda. Yang unik dari produk asuransi ini adalah BRI Life menyediakan asuransi pendidikan jenis dwiguna alias endowment.

Teman Andalan Untuk Kebutuhan Asuransimu

  • Bandingkan lebih dari 100 polis
  • Konsultan terbaik di sisimu
  • Bantuan klaim gratis dan mudah
Rp
+62

Asuransi pendidikan dwiguna memang memiliki nilai dana pendidikan yang lebih kecil daripada asuransi pendidikan unit-link. Sebab, asuransi pendidikan unit-link mengalokasikan dana Anda ke instrumen investasi. Sementara asuransi pendidikan dwiguna menggunakan metode tabungan.

Meski memiliki nilai dana pendidikan yang lebih kecil namun angka yang akan Anda dapatkan sudah pasti. Sebagai informasi saja, yang namanya instrumen pasti ada risiko, bisa meroket atau malah terjun bebas.

Jadi, bagi Anda yang menginginkan risiko rendah dan lebih pasti maka asuransi pendidikan BRI cocok untuk Anda.

Yuk, mari kita bahas apa saja keunggulan asuransi pendidikan anak dari BRI Life atau Bringin Life.

Asuransi Pendidikan BRI Life Danasiswa

Asuransi Pendidikan BRI Life Danasiswa

Danasiswa merupakan asuransi pendidikan gabungan antara proteksi dan tabungan. Yang mana terdapat manfaat tambahan berupa perlindungan terhadap risiko meninggal dunia, cacat tetap total, penyakit kritis, dan kecelakaan.

Sementara itu, tabungan dana pendidikannya akan disetorkan secara bertahap sesuai dengan jenjang pendidikan anak. Dengan setoran dana pendidikan mulai dari 5 persen hingga 100 persen.

Produk asuransi ini bisa Anda miliki dengan kontrak minimal 5 tahun saja. Untuk premi reguler harus dibayarkan minimal dua tahun. Premi reguler dapat dibayarkan dalam periode tahunan, semester, triwulan, atau bulanan.

Asuransi Pendidikan Anak BRI Life Danasiswa Syariah

Untuk asuransi pendidikan anak dari BRI Danasiswa Syariah sudah jelas akan menggunakan prinsip syariah. Cakupan perlindungannya sendiri adalah dana pendidikan dipadukan dengan proteksi asuransi jiwa dan kecelakaan diri.

Polis asuransi Danasiswa Syariah ini didasarkan pada akad Tabarru yaitu tolong-menolong dan Wakalah bil Ujrah (upah).

Adapun minimal masa perjanjian asuransi adalah 5 tahun dan maksimal 10 tahun. Dengan pembayaran kontribusi reguler minimal dua tahun dan bisa dibayarkan tunggal atau bertahap, mulai dari tahunan, semester, triwulan, dan bulanan.

Kedua produk asuransi pendidikan dari BRI Life ini memiliki manfaat dan keunggulan yang hampir sama.

Berikut beberapa manfaat sekaligus keunggulan yang bisa Anda peroleh dari asuransi BRI Life Danasiswa dan Danasiswa Syariah:

  • Bila tertanggung meninggal dunia maka otomatis polis asuransi akan bebas premi. Tahapan dana pendidikan akan dibayarkan secara bertahap sesuai jenjang pendidikan anak.
  • Bila tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan maka terdapat santunan duka sebagai Uang Pertanggungan sebesar 100 persen dari total dana pendidikan.
  • Bila tertanggung meninggal dunia bukan karena kecelakaan maka Uang Pertanggungan adalah 50 persen dari total dana pendidikan.
  • Bila anak yang menjadi peserta asuransi meninggal dunia maka akan diberikan santunan duna sebesar Rp15 juta. Kemudian, ditambah dengan nilai tunai polis saat peserta meninggal dunia dan polis akan berakhir.

Simulasi Perhitungan Manfaat Dana Pendidikan per Jenjang Pendidikan

Simulasi Perhitungan Asuransi Pendidikan BRI

Sebagai informasi, baik Danasiswa maupun Danasiswa Syariah, persentase manfaat yang diterima hampir sama.

Pada tahun pertama yaitu tingkat TK A hingga SMA, manfaat diambil dari persentase total tahapan dana pendidikan maksimal 75 persen. Kemudian, pada tingkat pendidikan tinggi, manfaat diambil dari persentase nilai tunai polis.

Untuk nilai tunai polis sendiri, tidak diketahui berapa banyak nilai tunai polis yang terbentuk. Untuk nominal tersebut dapat ditanyakan pada agen asuransi BRI Life.

Calon Nasabah / Tertanggung: Ny. Ibunda (40 Tahun)

Penerima Manfaat : Ananda (1 tahun)

Masa Asuransi : 21 tahun

Masa pembayaran premi : 10 Tahun

Rencana Dana Pendidikan (RDP) : Rp50.000.000

Premi tahunan : Rp5.000.000

Tahapan manfaat dana pendidikan yang didapatkan

Berikut manfaat yang akan diterima oleh Ny. Ibunda untuk Ananda sesuai pembayaran premi di atas.

  • Berusia 4 tahun, dibayarkan 5% dari RDP = Rp2.500.000
  • Berusia 5 tahun, dibayarkan 10% dari RDP = Rp5.000.000
  • Berusia 6 tahun, dibayarkan 15% dari RDP = Rp7.500.000
  • Berusia 12 tahun, dibayarkan 20% dari RDP = Rp10.000.000
  • Berusia 15 tahun, dibayarkan 25% dari RDP = Rp12.500.000
  • Berusia 18 tahun, dibayarkan 30% dari NT = Rp7.327.500
  • Berusia 19 tahun, dibayarkan 35% dari NT = Rp6.207.250
  • Berusia 20 tahun, dibayarkan 40% dari NT = Rp4.694.000
  • Berusia 21 tahun, dibayarkan 50% dari NT = Rp3.445.500
  • Berusia 22 tahun, dibayarkan 100% dari NT = Rp3.003.000

Nah, sekarang Anda sudah bisa membayangkan berapa dana asuransi pendidikan BRI yang akan diterima per tahapan pendidikan anak.

Dengan pengalaman yang sangat lama di dunia keuangan, BRI pasti tidak perlu diragukan lagi. Hal ini tentu jadi pertimbangan penting saat Anda akan menjadi nasabah sebuah institusi, bukan?

Setidaknya dengan pengalaman tersebut, BRI Life pun layak jadi opsi asuransi dana pendidikan untuk putra-putri Anda.