Hal Penting tentang Asuransi Perjalanan

Asuransi Perjalanan Untuk Kenyamanan Berlibur

Mungkin Anda salah satu orang yang jarang sekali memikirkan betapa pentingnya asuransi perjalanan. Padahal dengan asuransi perjalanan, Anda bisa terlindung dari berbagai risiko yang terjadi disaat tengah liburan atau tugas kantor ke luar kota.

Asuransi perjalanan sedikit berbeda dengan asuransi kecelakaan. Jika Anda membeli asuransi perjalanan artinya Anda sudah terproteksi juga dengan asuransi kecelakaan.

Namun, sebaliknya jika Anda membeli asuransi kecelakaan belum tentu terproteksi terhadap kejadian yang berkaitan dengan perjalanan itu sendiri.

Jadi, jika Anda sudah memiliki asuransi kecelakaan bukan berarti Anda bisa melakukan klaim saat bagasi Anda hilang. Tetapi, jika Anda mengalami kecelakaan saat melakukan perjalanan, Anda bisa mengajukan klaim menggunakan asuransi perjalanan

Apa itu Asuransi Perjalanan?

Penjelasan Asuransi Perjalanan

Lalu apa sih sebetulnya asuransi perjalanan itu? Asuransi perjalanan adalah polis asuransi yang Anda beli untuk memberikan perlindungan terhadap risiko finansial dan kehilangan yang mungkin terjadi saat Anda melakukan perjalanan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Manfaat Asuransi PerjalananProduk AXA Travel Insurance Indonesia

Beberapa contoh kerugian finansial yang terjadi misalnya ketika pesawat Anda mengalami delay bahkan pembatalan keberangkatan. Sering juga terjadi bagasi Anda hilang atau salah tujuan sehingga Anda harus menunggu bagasi Anda dikirimkan kembali ke tujuan asal.

Bukan hanya itu saja yang akan dilindungi oleh asuransi perjalanan, tetapi juga risiko kerugian secara finansial jika tiba-tiba Anda jatuh sakit atau mengalami kecelakaan saat melakukan perjalanan.

Asuransi perjalanan menjadi penyelamat Anda saat mengalami kesulitan apalagi jika berada di negera asing yang akan membuat Anda kesulitan meminta bantuan pada sanak famili atau keluarga.

Keuntungan yang bisa Anda terima adalah perawatan baik di dalam negeri maupun di luar negeri ketika Anda harus masuk ke rumah sakit dengan berbagai sebab. Begitu juga ketika Anda kehilangan dokumen resmi seperti paspor dan visa saat berada di luar negeri.

Beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang manfaat asuransi perjalanan

  • Setiap manfaat asuransi perjalanan akan sangat berbeda, tergantung dari jenis yang Anda pilih. Oleh karena itu Anda perlu menyesuaikan dengan jenis asuransi perjalanan yang memenuhi kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.
  • Untuk beberapa jenis tertentu tidak bisa men-cover semua kejadian pada saat Anda melakukan perjalanan. Hal ini bisa Anda pastikan lewat polis asuransi yang Anda dapatkan. Jadi, pelajari dengan saksama manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan dari jenis asuransi perjalanan yang Anda pilih.
  • Asuransi perjalanan dirancang untuk memberikan perlindungan terhadap kejadian yang tidak bisa diprediksi misalnya jatuhnya pesawat terbang. Namun demikian, asuransi juga punya pengecualian terhadap hal tertentu. Dalam kasus ini misalnya BMKG sudah memberikan peringatan waspada untuk tidak berlibur di sekitar Anak Gunung Krakatau. Tetapi Anda sengaja membelinya demi mendapatkan klaim saat terjadi sesuatu ketika Anda traveling di sekitar Anak Gunung Krakatau yang tengah aktif dan siap untuk erupsi. Jika terjadi demikian, asuransi perjalanan tidak bisa men-cover hal tersebut.
  • Asuransi perjalanan juga melindungi Anda dari kasus teror di beberapa negara termasuk di Eropa. Apalagi jika negara yang Anda kunjungi termasuk negara yang tidak Aman sehingga premi yang dibayarkan tentu saja akan semakin tinggi.

Jenis-jenis Asuransi Perjalanan

Berbagai Jenis Asuransi Perjalanan

Sebelum memutuskan membeli asuransi, ada beberapa macam asuransi perjalanan yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu.

1. Tujuan perjalanan

Tujuan perjalanan ini bermaksud membedakan antara perjalanan yang bertujuan untuk berlibur atau untuk keperluan pekerjaan.

Perbedaan tersebut juga memengaruhi premi yang harus dibayarkan. Begitu juga dengan barang bawaan. Kadang kala meskipun bertujuan untuk pekerjaan tetapi membawa peralatan golf.

Perjalanan yang berkaitan dengan pekerjaan biasanya berkaitan dengan perlindungan terhadap barang berharga yang dibawa seperti laptop atau kebutuhan kerja lainnya, meskipun itu alat-alat olahraga.

Satu hal lain yang juga membedakan adalah urgensi bisnis sangat berisiko kehilangan keuntungan yang diakibatkan karena penundaaan penerbangan.

Kerugian finansial inilah yang akan dilindungi oleh asuransi. Misalnya dengan memberikan opsi tiket pesawat dengan penerbangan selanjutnya, bisa juga dengan maskapai yang berbeda.    

2. Tempat Perjalanan

Beberapa negara seperti di benua Eropa, Amerika dan Australia memberikan premi yang tinggi. Mengapa? Karena biaya perawatan dan kesehatan di negara-negara tersebut cukup mahal.

Sehingga cukup wajar jika premi asuransi perjalanan yang harus dibayarkan pun akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan negara lainnya.

Asuransi ini juga biasanya men-cover perjalanan domestik maupun perjalanan ke luar negeri dengan premi yang berbeda. Malahan ada juga asuransi perjalan khusus ibadah seperti asuransi perjalanan ibadah umroh dan haji.

3. Jumlah Tertanggung

Untuk jumlah tertanggung dibedakan antara asuransi perjalanan individu (individual travel insurance) dan asuransi perjalanan kelompok (group travel insurance).

Tentu saja semakin banyak jumlah orang yang diasuransikan akan semakin terjangkau premi yang harus dibayarkan.

Asuransi perjalanan kelompok biasanya dimanfaatkan oleh para agen travel yang membawa konsumennya traveling ke berbagai tujuan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Selain itu, asuransi perjalanan kelompok juga bisa dimanfaatkan oleh sekolah atau kampus yang melakukan studi wisata atau karya wisata bersama pelajar atau mahasiswa.  

4. Jangka Waktu Perjalanan

Asuransi jenis ini disesuaikan dengan durasi serta jumlah keberangkatan perjalanannya. Misalnya ada yang melakukan satu kali perjalanan (single trip insurance) atau asuransi yang sudah memproteksi semua perjalanan yang dilakukan dalam satu tahun atau kurun waktu tertentu (annual trip insurance).

Semakin sering melakukan perjalanan akan lebih efisien untuk membeli asuransi yang jangka waktunya lebih lama sehingga Anda tidak perlu repot lagi melakukan pembelian ulang.

Asuransi perjalanan tahunan juga sangat cocok bagi para pekerja yang sering melakukan perjalanan bisnis.

Sedangkan bagi Anda yang jarang melakukan perjalanan baik itu untuk kebutuhan bisnis ataupun sekadar untuk berwisata semata, bisa memilih jenis asuransi perjalanan sesuai dengan kebutuhannya.

Pilih Asuransi Perjalanan Terbaik Sesuai dengan Kebutuhan

Memilih Asuransi Perjalanan yang Tepat

Asuransi perjalanan punya premi yang sangat rendah. Untuk memudahkan pembelian pun kini Anda tidak perlu direpotkan lagi karena bisa dilakukan secara online dengan mentransfer sejumlah dana sesuai dengan jenis yang dipilih.

Beberapa data yang dibutuhkan sangatlah sederhana seperti jenis polis yang dibutuhkan, berapa orang yang akan diasuransikan, tujuan perjalanan dan tanggal awal serta tanggal akhir perjalanan.

Setiap jenis punya manfaat yang berbeda-beda. Misalnya paket Silver hanya menawarkan manfaat kehilangan barang senilai Rp2 juta sedangkan paket Gold bisa mendapatkan uang klaim sampai dengan Rp8 juta.

Begitu juga dengan manfaat lain seperti pembatalan perjalanan, biaya perawatan medis akibat kecelakaan, santunan cacat tetap & cacat tetap total, beserta kehilangan dokumen perjalanan.

Untuk premi asuransi perjalanan sangat terjangkau sekali mulai dari Rp75 ribu sampai dengan Rp300 ribu per minggu dengan tujuan dalam maupun luar negeri.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan berapa besar uang pertanggungan, jaringan serta fasilitas yang didapatkan dari asuransi yang Anda beli.

Karena tidak semua produk asuransi perjalanan meng-cover semua negara di dunia. Oleh karena itu lakukan riset dulu secara mendalam sebelum memilih asuransi terbaik demi perjalanan Anda.

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis