Beasiswa LPDP: Seperti Ini Syarat dan Cara Daftarnya

pengertian beasiswa lpdp

Beasiswa LPDP adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah dengan tujuan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Program beasiswa ini terbuka bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin melanjutkan pendidikan kuliah di dalam maupun di luar negeri. Jika tertarik untuk mengikuti beasiswa LPDP, simak informasi lengkap berikut, yuk

Program Beasiswa LPDP

Mencari Beasiswa

Program yang ditawarkan dalam beasiswa LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ini ada beragam, mulai dari sarjana (D4/S1), magister (S2), hingga doktoral (S3). Berikut adalah 13 kategori yang ada di dalamnya.

1. Beasiswa Reguler 

Beasiswa Reguler diperuntukkan peserta yang ingin menempuh pendidikan S2 dan S3. Pada dasarnya, semua masyarakat yang terdaftar WNI boleh-boleh saja mengikuti program beasiswa pemerintah ini. 

2. Beasiswa Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia

Beasiswa Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia ini diperuntukkan bagi peserta yang ingin menempuh pendidikan S2 dan S3 di perguruan tinggi utama dunia. Kampus-kampus yang dimaksud meliputi: 

  • California Institute of Technology, Amerika Serikat. 
  • Swiss federal Institute of Technology, Swiss.
  • Harvard University, Amerika Serikat. 
  • Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat. 
  • Princeton University, Amerika Serikat. 
  • Stanford University, Amerika Serikat. 
  • University of Cambridge, Inggris. 
  • University of Oxford, Inggris. 
  • Yale University, Amerika Serikat

Untuk bisa mengikuti program beasiswa ini, peserta harus sudah memiliki Letter of Admission (LoA) atau surat penerimaan dari daftar perguruan tinggi di atas. 

3. Beasiswa Daerah Afirmasi 

Beasiswa Daerah Afirmasi diperuntukkan peserta dari daerah afirmasi atau wilayah tertinggal yang ingin mengikuti program beasiswa S2 dan S3. 

4. Beasiswa Alumni Bidikmisi

Beasiswa Alumni Bidikmisi diperuntukkan peserta penerima Bidikmisi dan memiliki IPK sekurang-kurangnya 3,5 pada gelar S1-nya. Untuk program beasiswa yang ditawarkan adalah pendidikan S2. 

5. Beasiswa Prasejahtera Berprestasi 

Beasiswa Prasejahtera Berprestasi diperuntukkan masyarakat dari keluarga prasejahtera atau kurang mampu yang ingin menempuh pendidikan S2. Untuk bisa mengikuti program beasiswa LPDP ini, peserta harus sudah lulus pendidikan kuliah S1 dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 3,5. 

6. Beasiswa Santri

Sesuai dengan namanya, beasiswa ini diperuntukkan para santri yang ingin menempuh pendidikan S2 dan S3. Namun, beasiswa ini hanya menargetkan pondok pesantren yang direkomendasikan oleh pimpinan pesantren dan Kementerian Agama saja. 

7. Beasiswa Penyandang Disabilitas 

Beasiswa penyandang disabilitas dikhususkan bagi kelompok masyarakat penyandang disabilitas yang ingin menempuh pendidikan S2 dan S3. 

8. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI)

Beasiswa ini ditujukan kepada dosen tetap pada perguruan tinggi. Dosen tetap yang dimaksud adalah dosen yang bekerja purna waktu dan memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) atau Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK). 

9. Beasiswa PNS, TNI, POLRI

Beasiswa ini ditujukan kepada WNI yang berprofesi sebagai PNS, TNI, dan POLRI yang ingin menempuh pendidikan S2 dengan lama studi 24 bulan dan S3 dengan lama studi 48 bulan. 

10. Beasiswa Olimpiade 

Beasiswa ini diberikan secara khusus kepada peraih medali emas, perak, dan perunggu pada kompetisi Olimpiade. Tidak hanya itu, beasiswa ini bisa diberikan kepada pemenang juara satu, dua, dan tiga pada kompetisi berskala internasional.  

Bidang Olimpiade atau kompetisi yang dimaksud turut meliputi bidang sains, teknologi, penelitian ilmiah, keterampilan tingkat internasional, dan ekonomi tingkat nasional. 

11. Beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis (BPIDS)

Beasiswa ini ditujukan bagi WNI yang berprofesi sebagai dokter yang ingin menempuh Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) setingkat dengan S2. 

12. Beasiswa Disertasi 

Beasiswa ini adalah bentuk bantuan pembiayaan atas penelitian bidang unggulan yang dapat memberikan kontribusi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Program beasiswa ini ditujukan kepada mahasiswa S3 dari perguruan negeri maupun swasta. 

13. Beasiswa Indonesia Timur

Beasiswa ini ditujukan khusus kepada Warga Negara Indonesia Timur, yaitu Provinsi Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, dan Nusa Tenggara Timur. 

Syarat Mengikuti Program Beasiswa LPDP

Menyelamatkan Dokumen Pribadi dan Keluarga

Berdasarkan 13 program di atas, program beasiswa LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ini berlaku bagi kita yang ingin melanjutkan pendidikan di dalam maupun luar negeri. Meski begitu, ada beberapa syarat-syarat yang perlu dipenuhi terlebih dahulu nih, antara lain: 

  • Warga Negara Indonesia (WNI). 
  • Telah lulus D4/S2 atau S2 dari perguruan tinggi terakreditasi. 
  • Tidak sedang menempuh program pendidikan S2 atau S3 lainnya. 
  • Pelamar yang telah bekerja dapat melampirkan surat izin dari kantor untuk mengikuti seleksi beasiswa. 
  • Memiliki surat keterangan sehat dengan masa berlaku enam bulan yang meliputi surat keterangan sehat jasmani, surat keterangan bebas narkoba, dan surat keterangan bebas TBC. 
  • Melampirkan surat rekomendasi dari atasan kantor, sekolah, atau kampus. 
  • Melampirkan rencana studi program S2 berdasarkan kurikulum studi tujuan. 

Cara Daftar Program Beasiswa LPDP

daftar beasiswa lpdp

Jika telah memenuhi persyaratan di atas, maka kita bisa langsung daftar melalui situs web resmi program beasiswa Kemenkeu. Setelah itu, calon peserta beasiswa akan diminta untuk memilih antara dua kategori, yaitu beasiswa umum dan beasiswa nonumum. 

Beasiswa umum meliputi kategori Beasiswa Reguler, Afirmasi, Alumni Bidikmisi, Indonesia Timur, Prasejahtera Berprestasi, dan Beasiswa Olimpiade. Di lain sisi, beasiswa nonumum meliputi kategori Beasiswa PNS, TNI, POLRI, Santri, dan Olimpiade. 

Setelah memilih kategori beasiswa yang diinginkan, selanjutnya peserta beasiswa diwajibkan untuk mengikuti tahapan seleksi yang telah ditentukan. Umumnya tahapan seleksi yang perlu dilalui meliputi: 

  • Seleksi administrasi. 
  • Seleksi berbasis komputer. 
  • Seleksi substansi. 
  • Penetapan kelulusan. 

Itu dia informasi seputar beasiswa LPDP sebagai penggambaran jenis-jenis beasiswa dari pemerintah kepada warga negara yang dimulai dari persyaratan hingga cara mendaftarkan diri. 

Perlu diketahui pula bahwa batas waktu pendaftarannya adalah tanggal 10 September. Jadi jika kita terlambat melakukan pendaftaran dimohon untuk bersabar menunggu pembukaan program beasiswa LPDP di tahun berikutnya, ya