Berbelanja di Mall Harus Ikutin 8 Trik Antiboros Ini

Berbelanja di Mal

Berbelanja di mal memang momen yang sangat menyenangkan, selain tempatnya yang sejuk ber-AC, produknya yang bermacam-macam dan tersusun rapi sangat enak untuk dipandang.

Sayangnya, saking banyaknya pilihan barang-barang bagus yang dijual sering kali membuat kita yang datang menjadi kalap. Padahal rasanya sudah membawa uang secukupnya, tapi kenapa tetap saja berbelanja di mal membuat dompet tiris.

Tirisnya isi dompet bisa jadi karena Anda belum mengetahui trik-triknya berbelanja di mal. Nah, untuk membantu Anda, berikut ini delapan trik pintar berbelanja di mal. Yuk, cari tahu bersama-sama.

Penting untuk Membuat Daftar Produk yang Mau Dibeli

Penting untuk Membuat Daftar Produk yang Mau Dibeli

Sebelum berbelanja, biasakan untuk menulis daftar produk yang mau dibeli. Menulis daftar produk bisa Anda lakukan di rumah sambil melihat apa saja yang sudah habis atau belum dimiliki. Cara ini tentunya akan sangat membantu Anda sehingga tidak bingung saat berbelanja.

Tidak hanya itu, bagi Anda yang suka membeli apa pun yang menarik perhatian, menuliskan daftar belanja tentu akan sangat membantu mengendalikan pengeluaran agar tidak over budget.

Membawa Uang Secukupnya saat Berbelanja di Mall

Membawa Uang Secukupnya

Jika daftar belanjaan sudah disiapkan, maka kini saatnya melihat isi dompet Anda. Pastikan total biaya dari daftar belanjaan yang sudah dibuat tidak melebihi anggaran yang ada. Apabila sudah sesuai, bawalah uang yang sejumlah biaya di daftar belanjaan yang dilebihkan sedikit. 

Sebaiknya pergunakan uang tunai atau e-money seperti Flazz BCA, Mandiri E-Money, dan BNI Tap Cash untuk membantu Anda berbelanja tidak melebihi bujet. Meskipun sulit, cara ini bisa sangat membantu menghemat anggaran.

Utamakan Membeli Produk di Daftar

Utamakan Membeli Produk di Daftar

Saat tiba di mal dan melihat produk-produk bagus lainnya, tentu akan timbul rasa ingin membeli nya, apalagi Anda merasa mampu. Meskipun begitu, sebaiknya utamakan untuk membeli produk yang ada di daftar sebagaimana uang yang Anda bawa sudah pas dengan perkiraan biaya berbelanja.

Jika nantinya terdapat sisa uang, Anda bisa gunakan untuk membeli kebutuhan lain atau ditabung. Seiring terus menabung, uang yang terkumpul bisa Anda gunakan, misalnya untuk membeli asuransi.

Misalnya, sisa uang yang tersisa dari belanja adalah Rp120 ribu per bulan. Dengan uang itu, Anda bisa membeli asuransi kesehatan SmartHealth – MaxiViolet – IIP – 150 dari Allianz melalui Lifepal.co.id dengan premi bulanan hanya Rp104.330. 

Terdengar menarik, bukan? Hanya dengan seratus ribuan saja, Anda sudah memproteksi kesehatan diri sendiri.

Cari Info Diskon di Internet

Cari Info Diskon di Internet

Setiap toko di mal tentu menyiapkan saat-saat tertentu untuk memasang diskon pada produk dagangannya. Nah, kenali waktu-waktu diskon tersebut muncul, misalnya saat menjelang akhir bulan, liburan, ataupun hari raya.

Untuk mengetahui kapan diskon dimunculkan, Anda tidak perlu datang ke mal untuk mengeceknya langsung. Manfaatkanlah internet dan media sosial milik toko yang Anda sukai untuk mencari tahu jadwal diskon-diskon tersebut.

Anda bisa mengetahui tanggalnya, besaran diskon dan produk yang didiskon, serta promo-promo lain yang menyertainya.

Jangan Tergoda Bujuk Rayu SPG saat Berbelanja di Mall

Jangan Tergoda Bujuk Rayu SPG

Sales Promoting Girl atau SPG bertugas mempromosikan produk dagangan tokonya. Biasanya ketika Anda sedang melihat produk lain, mereka akan menghampiri dan menawarkan produk dagangannya. Kalau Anda merasa produk yang ditawarkan tidak sesuai dengan kebutuhan saat ini, maka Anda dapat menolak dengan sopan bujukan SPG tersebut. 

Selalu Berpikir sebelum Membeli

Selalu Berpikir sebelum Membeli

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli suatu produk di mal, sebaiknya pertimbangkan baik-baik terlebih dahulu, apakah produk tersebut dibutuhkan atau tidak. Apabila tidak, maka belilah ketika Anda sangat membutuhkannya nanti. 

Kadang-kadang lebih baik menunda daripada sampai di rumah produk tersebut hanya Anda simpan dan tidak digunakan. Jadinya, hanya pemborosan saja.

Lebih Baik Belanja Sendiri di Mal

Lebih Baik Belanja Sendiri di Mal

Bagi Anda yang biasa berbelanja bersama keluarga dan teman, sebaiknya mulailah untuk berbelanja sendiri. Selain lebih tenang, belanja sendiri membuat Anda lebih fokus terhadap daftar belanjaan. 

Berbelanja bersama teman atau keluarga memang menyenangkan, namun lebih berisiko bagi Anda terbujuk rayu mereka untuk membeli produk yang belum tentu dibutuhkan.

Hindari Window Shopping saat Berbelanja di Mall

Hindari Window Shopping

Window shopping atau cuci mata memang asyik dilakukan untuk melepas penat dari serangkaian aktivitas. Tapi, buat Anda yang berhemat dan tidak ingin kalap berbelanja sebaiknya kurangi aktivitas ini, deh. Semakin banyak melihat produk-produk bagus, maka semakin besar pula keinginan Anda untuk mengeluarkan isi dompet.

Itulah delapan trik berbelanja di mal yang bisa Anda ikuti. Ingat agar tidak kalap dan tetap hemat, buatlah daftar belanjaan, berpikir sebelum membeli, dan hanya membawa uang secukupnya. Meskipun belanja barang diskon dibolehkan, namun jangan berlebihan, ya.

Tags: ,
Ruri Sari

Mantan peracik tulisan di media sosial yang mencoba berbagi informasi seputar mengelola keuangan pribadi dan sharing trik-trik jitu yang bisa kita semua nikmati.