8 Bisnis Online Tanpa Modal yang Menarik untuk Dicoba

Bisnis Online Tanpa Modal

Mendengar kalimat bisnis online tanpa modal, apa yang kita pikirkan? Apakah bisa? Tentu saja bisa, dong

Ada banyak jenis bisnis online tanpa modal yang bisa kita coba. Namun, meskipun peluang bisnis ini tidak memerlukan modal, kita tetap harus mempersiapkan diri, mulai dari skill, kreativitas, laptop, dan jaringan internet.

Ya, namanya juga bisnis online pasti membutuhkan laptop dan jaringan internet, bukan?

Teman Andalan Untuk Kebutuhan Asuransimu

  • Bandingkan lebih dari 100 polis
  • Konsultan terbaik di sisimu
  • Bantuan klaim gratis dan mudah
Rp
+62

Langsung saja, bisnis online tanpa modal seperti apa yang bisa kita coba? Simak selengkapnya berikut ini.

Inspirasi Bisnis Online Tanpa Modal yang Bisa Dicoba

Inspirasi Bisnis Online Tanpa Modal

Bagaimana cara memulai bisnis online tanpa modal atau tanpa harus merogoh kocek? Coba simak inspirasi selengkapnya berikut ini.

1. Jadi reseller atau dropshipper

Bisnis online tanpa modal yang pertama adalah dengan menjadi reseller atau dropshipper. Pernah mendengar istilah reseller atau dropshipper? Reseller adalah seseorang yang menjual kembali produk orang lain. Sedangkan, dropshipper adalah seseorang yang menjual barang orang lain, namun mengatasnamakan diri sendiri atau akun pribadinya.

Keduanya merupakan jenis usaha di mana kita menjual barang menggunakan nama sendiri seakan-akan kita yang memiliki barang, tetapi sebenarnya barang dimiliki dan dikirimkan oleh pihak lain. Namun, tentunya harga yang kita tentukan lebih tinggi dibandingkan dengan harga aslinya agar kita memperoleh keuntungan.

Salah satu hal yang menarik dari usaha dropshipper adalah kita tidak perlu menyediakan stok barang untuk dapat memulai usaha sendiri. Sehingga, kita bisa menghemat biaya dan tidak perlu menyediakan modal untuk membeli barang di awal.

Caranya, temukan barang yang akan dijual, lalu buat akun untuk berjualan di situs e-commerce atau marketplace. Atau, kita juga bisa menggunakan media sosial untuk berjualan. Terakhir, promosikan produk yang kita jual. Mudah, bukan?

Dengan menggeluti bisnis ini, kita bisa saja mendapatkan keuntungan bersih Rp50 ribu – Rp300 ribu untuk setiap barang yang berhasil kita jual tergantung kepada kualitas dan kuantitas.

Meski begitu, kita harus bisa memilih pemasok barang yang berkualitas juga agar pelanggan tidak kecewa. Jangan sampai barang yang dijual atas nama kita berkualitas rendah sehingga berisiko merusak reputasi kita pula, bukan?

2. Jual jastip (jasa titip)

Selain menjadi reseller atau dropshipper, pasti kita sering beberapa kali melihat akun media sosial yang menawarkan jasa titip alias jastip.

Jastip adalah salah satu terobosan baru dalam berbisnis online tanpa modal dengan menawarkan titip belanja. Kita akan dibayar lebih karena telah membelikan barang titipan orang lain. Dari sana, kita akan mendapatkan keuntungan berupa margin keuntungan atau upah jasa.

Caranya mudah, kita tinggal mendatangi tempat-tempat pusat perbelanjaan, lalu foto barang-barang yang ingin kita jual, kemudian upload ke media sosial. Dengan begitu, orang-orang akan bisa melihat barang apa saja yang kita jual.

Bisnis jastip untuk mendapat keuntungan melimpah biasanya dilakukan saat kita pergi ke luar kota maupun luar negeri, di mana orang-orang ingin membeli barang dari kota atau negara yang kita kunjungi tersebut.

Sama seperti menjadi reseller atau dropshipper, kita pun berpotensi menghasilkan keuntungan bersih Rp300 ribu – Rp500 ribu untuk setiap produk yang dijual.

3. Menjadi influencer

Saat ini, media sosial tentu sudah memberi pengaruh banyak kepada kita sebagai penggunanya. Dari sini, profesi media sosial influencer memiliki peran yang cukup penting.

Pada mulanya, sosok social media influencer adalah selebritas yang populer lewat perfilman, politik, atau kegiatan sosial. Namun pada perkembangannya, siapa pun bisa menjadi sosok populer di media sosial selama mereka bisa memberi pengaruh positif bagi pengguna media sosial lainnya lewat berbagai postingan trendi yang bermanfaat.

Social media influencer tentu memiliki banyak followers dan sering mendapatkan banyak like atau comment pada setiap postingan pribadinya.

Namun dari mana profesi bisnis online tanpa modal ini bisa menghasilkan uang atau keuntungan? Tentu saja dari mendapatkan endorse dari produk yang dipromosikannya.

Sekali endorse, kita bisa mendapat penghasilan sebesar Rp2 juta – Rp5 juta, lho! Tentunya tergantung rate card yang kita tawarkan. Tertarik untuk menjadi influencer?

4. Menjadi vlogger

Menjadi vlogger juga bisa menjadi bisnis online tanpa modal yang menjanjikan. Bayaran vlogger sendiri cukup bervariasi. Namun, rata-rata vlogger bisa mengantongi dua digit dalam sebulan dari sebuah konten video.

Mungkin kita berpikir untuk menjadi seorang vlogger diperlukan modal yang besar, misalnya kamera canggih untuk merekam video yang berkualitas. Namun, saat ini sudah banyak, kok, vlogger yang membuat video hanya dengan menggunakan kamera ponsel.

Keuntungannya, kita dapat dapat penghasilan dari endorse produk di dalam video atau iklan-iklan Google Adsense yang terpampang di video kita.

Kita juga bisa memulainya dengan membuat beragam macam video, mulai dari vlog (kehidupan pribadi), kuliner, travelling, dan lain sebagainya. Selain kamera ponsel, kita juga memerlukan komputer atau laptop beserta aplikasi edit video agar video yang kita upload ke Youtube atau platform media sosial lainnya terlihat lebih menarik.

Sama seperti menjadi influencer, sekali endorse, kita bisa memperoleh penghasilan sebesar Rp5 juta – Rp10 juta, lho, tergantung kepada rate card yang kita tawarkan. Jadi, bagaimana? Tertarik untuk mencari nafkah dengan menjadi Youtuber?

5. Menjadi blogger

Punya hobi menulis yang terpendam? Memiliki blog berisi informasi-informasi bermanfaat? Jika iya, jangan disembunyikan, ya! Sebab, kita bisa memanfaatkannya sebagai bisnis online tanpa modal, lho.

Untuk membuat blog secara gratis, kita dapat menggunakan WordPress, Blogger, Weebly, dan beberapa layanan pembuat website lainnya.

Setelah memiliki blog sendiri, kita dapat menyertakan iklan dengan menggunakan Google Adsense. Dari situlah kita akan mendapatkan penghasilan. Selain itu, kita juga bisa menjual jasa review atau sponsored post untuk menghasilkan pemasukan tambahan.

Sekali review atau mendapatkan tawaran sponsored post, kita bisa dapat penghasilan sebesar Rp500 ribu – Rp1 juta.

6. Menjadi seorang penerjemah atau translator

Bisnis online yang satu ini juga bisa kita lakukan tanpa modal. Saat ini, sudah banyak perusahaan atau perorangan yang membutuhkan jasa penerjemah baik dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa asing maupun sebaliknya.

Kalau kita memang sudah memiliki keahlian ini, kita tidak membutuhkan modal apa pun selain komputer atau laptop saja. Sekali menerjemahkan, kita bisa dapat penghasilan sebesar Rp100 ribu – Rp500 ribu. Menarik, bukan?

7. Menjual jasa desain

Kalau tadi kita bisa menjual keahlian menerjemahkan bahasa, kali ini jika memiliki hobi menggambar atau membuat desain, kita juga bisa menjual jasa desain untuk bisnis online tanpa modal.

Sama seperti menjadi penerjemah, kita juga hanya perlu memiliki komputer atau laptop untuk membuat desain. Mulai dari mendesain logo, ilustrasi, dan lain sebagainya.

Dengan menjual jasa ini, minimal Rp500 ribu – Rp1 juta sudah bisa kita terima atas setiap desain yang terjual.

8. Menjadi fotografer

Hobi fotografi? Sama seperti desain, fotografi juga salah satu keahlian yang bisa menghasilkan uang. Seperti yang kita ketahui, hampir setiap momen dan acara bisa diabadikan dengan sebuah foto. Makanya, tidak ada salahnya kita mencoba bisnis online tanpa modal yang satu ini.

Kita bisa mulai menawarkannya kepada kerabat-kerabat terdekat melalui media sosial atau membuat website sendiri yang berisi contoh-contoh foto kita.

Kalau memang sudah lama memiliki hobi fotografi, tentu tidak memerlukan modal tambahan lagi selain kamera yang sudah kita punya, bukan? Untuk sekali menawarkan jasa, kita bisa meraih keuntungan Rp3 juta – Rp5 juta untuk setiap acara seperti pernikahan, lho.

Nah, itulah beberapa contoh bisnis online tanpa modal yang bisa kita coba. Berawal dari hobi, kita bisa melakukan monetisasi dan mendapatkan penghasilan dari jasa atau kreativitas yang kita berikan. 

Yuk, kita temukan inspirasi bisnis lainnya sambil mencari-cari produk asuransi yang tepat untuk memproteksi diri kita dan keluarga hanya di Lifepal!