10 Cara Berbisnis Ala Profesional Menuju Kesuksesan

Membisnis

Memiliki bisnis yang sukses adalah impian setiap pengusaha. Tetapi kesuksesan tidak bisa diraih secara instan. Butuh perencanaan, kreativitas, dan kerja keras untuk mewujudkannya. Cara berbisnis kita akan menentukan sebesar apa kesuksesan yang akan kita raih.

Memulai Bisnis? Ini Dia Karakter yang Harus Dimiliki

Berbisnis bisa dijalankan oleh setiap orang tanpa terkecuali. Asalkan ada niat yang kuat dan punya strategi yang tepat, kita bisa memulai sebuah bisnis. Meski bisa dilakukan setiap orang, ada karakteristik khusus yang bisa menggambarkan apakah kita cocok untuk menjadi pebisnis atau lebih cocok menjadi karyawan. Ini dia beberapa karakteristik tersebut.

1. Independen

Pengusaha harus membuat banyak keputusan sendiri. Jika kita merasa dapat memercayai naluri dan tidak takut untuk ditolak, maka menjadi pengusaha mungkin cocok untuk kita.

2. Berani menempuh risiko

Sebagai seorang pengusaha kita harus bisa membuat keputusan sendiri, termasuk pada saat sulit sekali pun. Apalagi kewirausahaan melibatkan ketidakpastian. Nah, jika kita termasuk orang yang berani menempuh risiko dan bisa memperhitungkannya, profesi sebagai pengusaha akan menjadi tantangan yang menyenangkan.

3. Mampu bernegosiasi

Sebagai pemilik usaha, kita perlu bernegosiasi dalam segala hal, mulai dari sewa hingga meyakinkan investor. Keterampilan negosiasi yang baik akan membantu kita menjaga bisnis agar tetap berjalan lancar. 

4. Kreatif

Pengusaha harus dapat berpikir kreatif. Jika kita memiliki wawasan tentang bagaimana memanfaatkan peluang baru atau menciptakan terobosan-terobosan baru, berbisnis mungkin sangat sesuai dengan kemampuan tersebut.

Sepuluh Tips Cara Berbisnis agar Sukses

Tips

Bingung bagaimana cara memulai bisnis dengan ideal? Lifepal sudah merangkum 10 tips bermanfaat tentang cara berbisnis. Yuk, kita telaah satu-persatu!

1. Sebelum memulai, pelajari manajemen bisnis

Sebelum memulai bisnis, pelajari terlebih dahulu apa itu bisnis. Bagaimana cara memulainya, apa untung ruginya, bagaimana cara membangun bisnis hingga sukses, apa saja yang harus dipersiapkan, dan lain sebagainya. Intinya, kita harus memperluas wawasan terhadap bisnis secara umum.

Bagaimana caranya? Ada beragam cara yang bisa kita lakukan. Kita bisa membaca buku tentang bisnis, atau artikel terkait bisnis secara umum di internet, dan datang ke seminar-seminar tentang business development.

2. Pahami seluk-beluk bisnis yang mau dijalankan

Setelah mengetahui ilmu dasar tentang bisnis, kita harus menentukan bisnis apa yang akan kita mulai. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah riset pasar. Ketahui bisnis apa yang sedang trending di pasaran dan apakah ada peluang di sana. 

Misalnya, bisnis kuliner sedang berkembang pesat, maka cobalah cari tahu makanan apa yang sedang hits di masyarakat. Cari tahu berapa modalnya, untung ruginya, target pasar yang tepat, bahan dan bumbu masakannya, hingga lokasi mana yang cocok untuk membuka bisnis ini. Kita harus tahu detailnya sebelum memulai suatu bisnis.

3. Memilah kebutuhan modal

Kita tidak bisa menjalankan bisnis jika belum memiliki cukup modal. Triknya, kita tidak selalu harus menyiapkan modal yang besar, namun sesuaikan tahap awal dari skala bisnis yang mau dimulai. 

Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah menghitung secara teliti mana saja kebutuhan yang paling penting agar bisnis bisa berjalan. Hindari pembelian barang-barang yang dirasa belum perlu. Modal tidak harus dari kita sendiri lho, namun bisa dari sumber-sumber modal lain juga.  

4. Tentukan keunikan produk kita

Pada era digital seperti sekarang ini, setiap hari ada bisnis baru yang bermunculan. Maka sebelum memulai bisnis, kita harus menentukan dan memiliki produk yang lebih unik dibanding produk sejenis. Sebab saat persaingan semakin ketat, setiap produk yang dipasarkan harus bisa memikat dan menarik hati pelanggan. Selain itu, dengan menggunakan produk yang unik, bisnis kita lebih mudah diingat oleh para konsumen.

5. Gunakan strategi promosi yang tepat

Promosi adalah salah hal wajib yang harus kita lakukan untuk mengenalkan produk kepada calon konsumen. Selain memiliki produk yang unggul, promosi yang kita lakukan juga harus bisa diterima dengan baik. Jangan sampai produk kita bagus, tetapi dipromosikan dengan strategi yang kurang tepat.

Nah, semakin sering kita melakukan promosi, semakin banyak orang yang mengetahui tentang produk kita. Ingat, jangan terlalu banyak mengeluarkan uang, namun gunakanlah anggaran seminimal mungkin demi hasil semaksimal mungkin dalam menerapkan promosi usaha kita. 

6. Berikan yang terbaik

Ada pepatah mengatakan bahwa pembeli adalah raja. Maka sudah sepantasnya kita memberikan yang terbaik untuk konsumen agar mereka merasa puas. Jika konsumen  puas maka nanti biasanya mereka akan datang kembali dan menyarankan kepada orang lain untuk membeli produk kita. Pada akhirnya, ucapan pelanggan sendiri menjadi alat promosi yang natural dan tepercaya, bukan?

7. Memang berat, tapi jangan takut gagal

Semua pebisnis yang sukses pasti pernah merasakan kegagalan. Selalu ada tahapan jatuh bangun yang dihadapi seorang pebisnis hingga mencapai puncak kariernya. Jadi jangan takut gagal. 

Meski gagal, jadikan sebagai pengalaman yang berharga untuk kemudian mencoba lagi dengan konsep yang lebih baik. Pebisnis yang sukses adalah mereka yang belajar dari kegagalannya dan menjadikan kegagalan tersebut sebagai anak tangga menuju puncak kesuksesan.

8. Catat kesalahan dan pelajari

Mencatat secara rinci setiap masalah yang kita lalui akan membantu mengetahui bagaimana kondisi finansial dan apa potensi serta tantangan yang mungkin akan kita hadapi. Dari hal ini akan berkembang strategi pemasaran berbisnis yang bisa membantu mengatasi tantangan tersebut dan memberikan arah yang tepat untuk bisnis kita.

9. Siapkan cadangan keuangan

Bijaksanalah dengan segala pengeluaran dan simpan juga beberapa uang cadangan untuk atas mengantisipasi risiko usaha. Kondisi dan nasib buruk dalam berbisnis bisa saja datang tanpa sempat kita prediksi sebelumnya.

10. Menghargai proses kerja dan fokus pada misi

Tidak ada proses yang mengkhianati hasil. Ungkapan tersebut sangat cocok bagi kita yang mau berbisnis. Sejauh apa pun tahapan yang sudah kita lalui, ingatlah bahwa untuk sampai di tahapan tersebut banyak tenaga dan uang yang sudah dikorbankan demi memajukan bisnis. Maka dari itu, hargai setiap proses yang telah kita lalui dan tetap konsisten melanjutkan usaha.

Sepuluh rahasia cara berbisnis di atas tidak akan sukses jika kita tidak bisa mengelola keuangan dengan tepat. Melalui pengelolaan keuangan secara tepat, bisnis akan semakin berkembang dan sukses.