Cara Memilih Asuransi Kebakaran agar Sesuai Kebutuhan Kita

Kebakaran

Salah satu kebutuhan yang sebaiknya dipertimbangkan oleh pemilik rumah, pabrik, gudang atau bangunan lainnya serta isinya adalah asuransi kebakaran. 

Asuransi kebakaran adalah asuransi yang menanggung risiko yang menimpa rumah, kantor, pabrik atau harta benda lainnya apabila terbakar, tersambar petir, terkena ledakan, kejatuhan pesawat terbang atau terkena asap.

Manfaat Memiliki Asuransi Kebakaran

Dengan asuransi kebakaran, pemilik properti akan merasa lebih tenang dan nyaman terkait keselamatan properti dan harta bendanya. Apabila terjadi kebakaran atau tersambar petir, properti atau aset bangunan yang diasuransikan akan diganti rugi dengan sejumlah uang untuk mengganti kerugian.

Asuransi kebakaran penting bagi pemilik rumah yang khususnya digunakan untuk tempat tinggal atau difungsikan sebagai toko. Produk asuransi kebakaran ini diperlukan untuk mengalihkan risiko dari pemilik rumah kepada perusahaan asuransi.

Asuransi ini diperlukan oleh individu atau badan usaha yang menjadi pemilik atau penyewa aset yang perlu diasuransikan. Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), asosiasi perusahaan asuransi umum di Indonesia, mengeluarkan Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI) sebagai polis standar untuk asuransi kebakaran.

Tips dari Lifepal: Cara Memilih Asuransi Kebakaran yang Tepat

Cara memilih asuransi yang tepat

Pada saat ini tidak sedikit perusahaan asuransi umum yang menjual produk asuransi kebakaran. Apabila kita mengetik kata kunci di mesin pencari seperti Google maka akan keluar banyak pilihan produk asuransi kebakaran yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi.

Namun tidak perlu risau lagi karena Lifepal punya tips-tips dalam memilih produk asuransi kebakaran yang paling bagus. Tips ini perlu diperhatikan sebelum kita memutuskan untuk membeli produk asuransi kebakaran yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

1. Tentukan kebutuhan kita terlebih dahulu

Sebelum membeli produk asuransi kebakaran, kita perlu menentukan objek apa yang akan dijamin oleh produk tersebut. Misalnya, kita perlu menentukan apakah objek yang ditanggung hanya rumah atau isinya atau keduanya sekaligus.

Beberapa perusahaan asuransi menawarkan paket asuransi kebakaran yang menjamin risiko yang menimpa rumah, isi rumah atau keduanya. Perusahaan-perusahaan asuransi juga menawarkan produk yang menjamin jaminan pokok seperti kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, dan asap.

Perusahaan-perusahaan asuransi juga menawarkan jaminan perluasan seperti risiko kerusuhan, pemogokan, kerusakan akibat perbuatan jahat, huru hara, banjir, angin topan, badai dan kerusakan karena air, tanah longsor, kebongkaran, kehilangan keuntungan (business interruption).

2. Tentukan anggaran untuk membayar premi asuransi

Tentu saja, sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi kebakaran, kita juga harus mengetahui seberapa besar anggaran yang kita punya untuk membayar premi asuransi untuk mendapatkan produk asuransi kebakaran tersebut.

Masa pertanggungan atau masa berlaku asuransi kebakaran biasanya selama satu tahun. Kita perlu menghitung nilai pertanggungan (nilai rumah atau beserta isinya) serta tarif (rate) risiko yang dijamin. Nilai pertanggungan dan tarif itu akan menentukan besaran premi yang perlu kita bayar.

Semakin banyak risiko yang ditanggung, maka semakin banyak premi yang perlu kita bayar. Tentu saja, premi yang kita bayar akan berbeda apabila hanya jaminan pokok yang ditanggung atau jaminan pokok beserta jaminan perluasan yang ditanggung oleh produk yang kita beli.

3. Melakukan perbandingan produk

Pada saat ini, tidak sedikit situs web yang menawarkan jasa perbandingan premi produk asuransi. Kita bisa membandingkan premi dari berbagai perusahaan asuransi yang berbeda melalui berbagai situs agregator tersebut.

Dengan membandingkan premi melalui situs web, kita bisa mempersiapkan diri dalam hal anggaran untuk membeli produk asuransi kebakaran. 

Selain membandingkan premi, kita juga bisa membandingkan layanan yang ditawarkan oleh setiap perusahaan asuransi. Ada perusahaan yang menyediakan layanan membeli produk asuransi kebakaran melalui situs web dan ada pula perusahaan yang menawarkan produk tanpa perlu survei. Kita perlu mengenali berbagai layanan tersebut sebelum membeli produk.

4. Berdiskusi dengan agen/broker/perusahaan asuransi

Sebelum membeli produk asuransi kebakaran, tidak ada salahnya kita berdiskusi dengan agen asuransi, pialang/broker, atau perusahaan asuransi secara langsung. Diskusi itu perlu dilakukan untuk mendapatkan informasi yang sejelas-jelasnya mengenai produk yang akan kita beli.

Pada saat ini, produk asuransi kebakaran bisa kita beli melalui agen, pialang atau perusahaan secara langsung. Tidak ada salahnya kita bertanya terlebih dulu ke lebih dari satu perusahaan asuransi untuk mendapatkan keyakinan dan kemantapan dalam membeli produk.

5. Memahami risiko yang dijamin dan tidak dijamin

Kita harus benar-benar memastikan risiko apa saja yang dijamin dalam produk tersebut dan risiko apa yang tidak dijamin. Dengan demikian, kita sebenarnya perlu membaca secara saksama terkait proposal penawaran produk asuransi kebakaran. 

6. Memastikan identitas perusahaan asuransi

Kendati terdengar sepele, kondisi perusahaan asuransi yang menawarkan produk juga harus dipastikan. Sebisa mungkin kita harus menanyakan mengenai kondisi kesehatan perusahaan asuransi tersebut.

Di samping itu, kita juga harus memastikan perusahaan asuransi itu memiliki layanan panggilan yang bisa dihubungi sewaktu-waktu. Apabila kita membeli produk asuransi kebakaran melalui agen, kita juga harus memastikan identitas agen tersebut dengan cara melihat kartu agen.

Semoga 6 tips berharga di atas dapat memberikan kita bekal yang bermanfaat dalam memilih produk asuransi kebakaran yang paling sesuai dengan kebutuhan kita.

Untuk mendapatkan ulasan mengenai produk-produk asuransi terkait lainnya beserta profil berbagai perusahaan asuransi terbaik di Indonesia, jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal, ya!

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis