Cara Menghemat BBM dengan Mudah

Cara Menghemat BBM

Ada banyak cara untuk menghemat BBM dan efektivitasnya pun dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah dari gaya berkendara.

Orang yang berkendara dengan santai lebih bisa menjaga efisiensi bahan bakar. Berbeda terbalik dengan orang yang berkendara lebih agresif dan sering memainkan gas.

Pada dasarnya, semua orang bisa mengaplikasikan trik menghemat BBM dengan mudah, baik pada mobil maupun motor. Berikut adalah beberapa tips yang bisa bermanfaat untuk Anda.

1. Memastikan Pengapian Lancar

Memastikan Pengapian Lancar

Sistem pengapian di dalam mesin berfungsi membakar campuran udara dan bahan bakar. Dalam prosesnya. jika sistem pengapian tidak lancar berarti proses pembakaran bensin pun tidak sempurna. Sebaliknya jika sistem pengapian baik, maka semakin efisien pula pemanfaatan bahan bakarnya. 

2. Berkendara dengan Kecepatan Konstan

Berkendara dengan Kecepatan Konstan

Kunci utama keberhasilan menghemat BBM adalah menjaga kecepatan kendaraan. Kendaraan yang dipacu dengan kecepatan yang konstan cenderung lebih efisien dalam mengonsumsi bahan bakar dibandingkan dengan kendaraan yang dipacu dengan kecepatan yang berubah-ubah secara drastis. 

Inilah yang menyebabkan konsumsi bahan bakar kendaraan menjadi lebih meningkat terutama jika selalu berada di kecepatan tinggi.

3. Mematikan AC fronsaat Tidak Diperlukan

Mematikan AC fronsaat Tidak Diperlukan

Mobil yang dilengkapi dengan AC untuk menjaga suhu kabin akan berpengaruh terhadap putaran mesin. Sebagai dampaknya, konsumsi bahan bakar pun meningkat.

Demi menjaga efisiensi bahan bakar, Anda bisa menggunakan AC hanya pada saat dibutuhkan saja. Begitu juga pada saat kendaraan menanjak atau melewati medan yang cukup berat, disarankan untuk mematikan AC dahulu.  

4. Menggunakan BBM yang Tepat

Menggunakan BBM yang Tepat

Pemilihan bahan bakar pun sangat berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Agar konsumsi bahan bakar efisien, pastikan kendaraan Anda menggunakan jenis bahan bakar yang tepat. 

Sebagai contoh untuk mobil LCGC saja disarankan menggunakan jenis bahan bakar oktan 92 sehingga mesin lebih awet, bersih, dan irit. Untuk mesin dengan kompresi tinggi, hindari menggunakan jenis bahan bakar seperti oktan 88 dan oktan 90 yang sudah mulai ditinggalkan di negara-negara maju demi mendukung program lingkungan.

Meskipun harganya sedikit lebih mahal, tetapi tingkat efisiensinya jauh lebih tinggi dibandingkan menggunakan jenis bahan bakar beroktan lebih rendah. Kita bisa lihat perbandingan harganya pada tabel berikut.

Nama Bensin / Kadar Oktan Harga per Liter (Juni 2019)
Premium / 88 Rp7.000
Pertalite / 90 Rp7.650
Pertamax / 92 Rp9.850
Pertamax Turbo / 98 Rp11.200

Memilih bensin Pertamax dengan kadar oktan 92 memang lebih disarankan demi menjaga keawetan mesin, namun harganya lebih mahal. Untuk menyiasatinya, Anda bisa membuat perencanaan bujet khusus untuk pengeluaran bahan bakar. Setidaknya melalui perencanaan yang tepat, Anda bisa menyusun anggaran lebih mudah.

5. Merawat Kendaraan (Biaya Perawatan)

Merawat Kendaraan (Biaya Perawatan)

Service rutin dan penggantian suku cadang tepat waktu juga menjadi salah satu kunci efisiensi bahan bakar. Kendaraan yang senantiasa terawat menjadi jauh lebih efisien dalam mengonsumsi bahan bakar dibandingkan dengan kendaraan yang kurang terawat.

Perawatan mesin seperti ini harus dilakukan secara rutin sesuai dengan petunjuk dari ATPM. Misalnya, penggantian busi dan oli secara rutin tiap adalah cara menghemat BBM yang tepat.

Dealer resmi pada umumnya memberikan fasilitas service gratis selama periode atau batasan jarak tempuh tertentu. Selain menguntungkan secara keuangan, rutinitas melakukan perawatan berkala ini pun akan mendukung efisiensi mesin dan bensin sehingga menjadikannya lebih awet.

Sebagaimana service gratis ini tidak bersifat permanen, Anda pun perlu mengetahui ongkos yang sebenarnya. Kisaran harga service motor berada di Rp40 ribu hingga Rp80 ribu. Untuk service mobil jauh lebih mahal, yaitu pada kisaran Rp300 ribu hingga Rp1,3 jutaan dan bahkan bisa lebih mahal. Harga ini tergantung kepada merek kendaraan dan jarak tempuhnya juga.

6. Teknik Berkendara yang Benar

Teknik Berkendara yang Benar

Teknik berkendara yang benar perlu dibiasakan sejak awal sebagai pengetahuan mendasar. Baik pengguna kendaraan manual maupun kendaraan dengan transmisi otomatis punya perlakuan yang berbeda. Namun, pada prinsipnya ada aturan singkat untuk memacu kecepatan kendaraan secara bertahap.

Salah satu kesalahan yang dilakukan adalah memacu kendaraan dengan cara memaksakan kecepatan tertinggi dalam waktu singkat. Hal ini jelas akan menyedot bahan bakar dan membuat mesin cepat rontok. 

Oleh karena itu, teknik berkendara yang benar bukan hanya dibutuhkan bagi efisiensi bahan bakar saja, tetapi juga berpengaruh kepada kondisi mesin dan tentu saja keselamatan saat berkendara.

Itulah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menghemat BBM. Demi bisa membuahkan hasil dari tips-tips di atas, Anda pun perlu berkomitmen untuk merealisasikannya secara berkelanjutan. Dengan begitu, bujet bahan bakar kendaraan Anda menjadi lebih ringan. 

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis