Jadi Begini Cara Resmi Tutup Polis Asuransi Prudential

Menutup asuransi

Pada dasarnya, setiap nasabah asuransi jiwa harus memiliki dokumen bernama polis. Polis adalah bukti keikutsertaan seseorang atas jasa asuransi yang dimiliki oleh sebuah perusahaan asuransi. 

Berdasarkan definisi yang disebutkan oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), polis asuransi adalah kontrak antara perusahaan asuransi jiwa dan pemegang polis di mana perusahaan asuransi jiwa memiliki kewajiban untuk memberikan sejumlah uang yang telah ditentukan kepada yang ditunjuk (biasanya ahli waris) jika terjadi kematian atau cacat tetap tertanggung selama masa kontrak.

Alasan pada Umumnya Menutup Polis Asuransi

Untuk asuransi jiwa, polis asuransi biasanya terdiri atas lembar pertanggungan, syarat umum polis, ketentuan khusus dan copy Surat Permintaan Asuransi Jiwa. Pada umumnya, polis menjelaskan secara rinci mengenai risiko apa saja yang ditanggung dan tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Polis yang dimiliki oleh nasabah atau pemegang polis bisa dibatalkan atau ditutup sewaktu-waktu atas keputusan pemegang polis. Penutupan atau pembatalan polis itu bisa disebabkan beberapa alasan, seperti:

  • Tidak mampu lagi membayar premi karena ketidakmampuan ekonomi.
  • Memiliki pengeluaran mendadak yang bersifat urgen sehingga tidak bisa melanjutkan pembayaran premi.
  • Merasa tidak lagi membutuhkan produk asuransi tertentu.

Tentu saja, kita tidak bisa mendapatkan kembali premi yang sudah kita setor ke perusahaan asuransi jiwa apabila kita membatalkan atau menutup polis. Kendati demikian, pemegang polis akan mendapatkan sejumlah nilai tunai apabila membatalkan kontrak sesuai kesepakatan.

Ketentuan demikian berlaku bagi perusahaan asuransi jiwa di Indonesia, termasuk Prudential Indonesia. Prudential adalah salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di Indonesia dengan jumlah nasabah mencapai 2,3 juta orang per akhir 2017.

Pilihan Menutup Polis Asuransi Prudential

Memilih asuransi

Bagaimana cara menutup polis asuransi Prudential? Jawaban dari pertanyaan itu akan dijelaskan melalui tulisan ini. Berikut ini sejumlah tips ampuh menutup polis Prudential:

1. Agen asuransi

Orang pertama yang bisa kita hubungi pertama kali ketika hendak menutup polis asuransi adalah agen. Agen adalah tenaga pemasar asuransi yang memasarkan asuransi secara personal.  Di situs Prudential dijelaskan bahwa jumlah agen Prudential mencapai 277.000 orang.

Tentu saja, kita bisa menghubungi agen asuransi Prudential apabila kita membeli produk asuransi jiwa itu melalui agen.  Agen harus menjelaskan mengenai cara menutup polis asuransi itu karena hal tersebut merupakan bagian dari tanggung jawabnya. Agen harus mudah dihubungi ketika kita hendak menutup asuransi, bukan hanya ketika kita hendak membeli asuransi.

2. Kantor Prudential

Kita bisa juga datang ke kantor Prudential untuk mendapatkan penjelasan mengenai cara penutupan asuransi. Prudential memiliki satu kantor pusat di Jakarta, 6 kantor pemasaran di Medan, Batam, Bandung, Semarang, Surabaya dan Bali serta 408 kantor pemasaran mandiri (KPM) di seluruh Indonesia. Alamat kantor pusat Prudential sebagai berikut.

Kantor pusat

Prudential Tower, Jl. Jend. Sudirman kav. 79, Jakarta 12910, Indonesia

Nomor telepon: 1500085

Faksimile: +6221-29958800

Customer Care Centre: 

Senin-Jumat: 08.15 – 16.00 WIB 

Sabtu: 08.15 – 12.00 WIB

Customer Relations Officer 

Senin-Sabtu: 07.00 – 19.00 WIB

3. Customer line atau surel

Kita juga bisa bisa menghubungi customer line Prudential di nomor 1500085 atau surel di customer.idn@prudential.co.id.

Bagaimana Cara Tutup Polis Prudential?

perempuan bertanya

Sebagai nasabah asuransi Prudential, kita bisa menutup asuransi dengan beberapa cara berikut.

  • Mengisi Formulir Penebusan Polis dan Surat Pernyataan Tambahan terlampir.
  • Mengembalikan buku Polis asli.
  • Melampirkan salinan KTP yang berlaku.
  • Pentransferan dana hanya dapat ditujukan ke rekening Pemegang Polis.

Biasanya, setelah mengirim berbagai berkas itu, pemegang polis akan mendapatkan SMS dari Prudential yang isinya menyatakan proses penebusan polis sedang dilakukan. Kita juga akan menerima surel yang berisi pernyataan transaksi polis dan surat penebusan polis.

Kurang dari sebulan, biasanya pemegang polis sudah mendapatkan dana sebesar saldo akhir kita di Prudential khusus bagi peserta asuransi jiwa unit link.

Nah, demikian penjelasan lengkap mengenai cara menutup polis Prudential. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi kita yang memiliki polis atau yang mau menjadi pemegang polis, ya!
Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai berbagai produk asuransi yang tentunya sesuai dengan kebutuhan kita dan bujet kita, coba kunjungi Lifepal kapan saja!