Ini Keuntungan Pemegang Polis Cigna Family Care Optima

Wanita memberi tahu

Ingin asuransi yang memberi perlindungan untuk seluruh keluarga? Mengapa tidak mencoba asuransi kesehatan Cigna? 

Cigna memiliki dua asuransi kesehatan keluarga, Cigna Family Care dan Cigna Family Care Optima. Meski manfaat proteksi yang ditawarkan agak mirip, namun ada kelebihan tersendiri dari masing-masing produk Cigna Family Care ini.

Tentang Cigna Family Care Optima

Pernah membayangkan memiliki satu polis, namun manfaat perlindungan yang diberikan bisa untuk seluruh keluarga? Nah, Cigna Family Care Optima inilah salah satunya. 

Namun, sebelum bicara manfaat dan jenis perlindungan yang Cigna berikan dan agar tidak salah memilih produk asuransi, bagaimana jika kita pahami terlebih dahulu pengertian asuransi keluarga ini.

Apa itu asuransi keluarga dan apa manfaatnya?

Wanita berpikir

Saat membeli asuransi, kita sering juga ditawari untuk membeli manfaat perlindungan tambahan untuk pasangan, anak, atau bahkan orang tua sekaligus. 

Skema ini sebetulnya tidak salah, toh memilih asuransi memang tergantung kebutuhan, bukan? Namun, kadang kita bingung jenis tambahan seperti apa yang paling tepat untuk keluarga kita. Untuk itulah saat ini ditawarkan model asuransi keluarga sebagai alternatif dari produk-produk asuransi lainnya. 

Dengan membeli asuransi keluarga, kita hanya perlu membayar satu polis, namun manfaat perlindungan dapat dirasakan oleh seluruh keluarga. 

Jumlah penerima manfaat berbeda-beda, antara 1-5 orang dalam satu polis asuransi. Penerima manfaat tersebut, dapat terdiri atas ayah, ibu, anak, atau keluarga inti ditambah dengan orang tua kita. Begitu juga besar manfaat yang diterima, tentu saja kita sebagai ayah dan ibu adalah penerima manfaat yang paling besar. 

Lalu apa kelebihan asuransi keluarga? Selain praktis karena tidak perlu memiliki banyak polis asuransi, premi yang harus dibayarkan pun menjadi lebih murah. 

Manfaat yang diperoleh oleh setiap anggota keluarga pun sama dengan asuransi kesehatan individu lainnya. Tertanggung tetap akan mendapat jaminan rawat inap, perawatan darurat (ICU), dan juga perlindungan pengobatan rawat jalan setelah rawat inap. 

Produk asuransi tambahan (rider)

Beberapa asuransi keluarga juga menawarkan perlindungan tambahan seperti manfaat rawat jalan, perawatan gigi, dan melahirkan. 

Selain itu, asuransi keluarga pun tidak hanya berupa asuransi kesehatan saja, tapi juga ada asuransi keluarga dalam bentuk asuransi jiwa. Hanya saja perlindungan kesehatan pada asuransi jiwa, tidaklah selengkap jika kita membeli asuransi keluarga kesehatan. 

Dengan demikian, kita perlu mencermati perlindungan yang diberikan sebelum memutuskan membelinya. 

Cigna Family Care Optima

Perusahaan asuransi yang berasal dari Amerika ini memiliki beberapa produk asuransi keluarga. Produk asuransi keluarga milik Cigna dapat digunakan untuk melindungi kesehatan hingga lima anggota keluarga. 

Ada empat pilihan premi yang dapat dipilih, tergantung dari total manfaat yang diinginkan. Begitu pula ada empat macam cara pembayaran, yaitu bulanan, kuartal (tiap empat bulan), semesteran (tiap enam bulan), dan tahunan.

Ada dua macam asuransi keluarga milik Cigna, yaitu Cigna Family Care dan Cigna Family Care Optima. 

Keunggulan Cigna Family Care Optima dan Cigna Family Care

Pria senang

Kedua produk asuransi kesehatan keluarga Cigna sepintas memang memiliki manfaat yang sama, namun sebetulnya keduanya menyimpan beberapa perbedaan manfaat. Agar lebih mudah, cobalah simak tabel persyaratan dan manfaat Cigna Family Care dan Cigna Family Care Optima berikut.


ManfaatCigna Family CareCigna Family Care Optima
1Usia masuk tertanggung Utama 21 – 60 tahun
Catatan: dapat diperpanjang hingga 70 tahun
21 – 60 tahun
Catatan: dapat diperpanjang hingga 70 tahun
2.Usia masuk tertanggung pasangan18 – 60 tahun
Catatan: dapat diperpanjang hingga 70 tahun
18 – 60 tahun
Catatan: dapat diperpanjang hingga 70 tahun
3.Usia masuk Anak0,5 – 17 tahun
Catatan: dapat diperpanjang hingga 23 tahun
6 bulan – 17 tahun
Catatan: dapat diperpanjang hingga 23 tahun
4.Tipe Produk Hospital Income PlanAsuransi kesehatan 
5.Frekuensi pembayaran premiBulanan, Kuartalan, Semesteran, dan TahunanBulanan, Kuartalan, Semesteran, dan Tahunan
6.Uang pertanggunganSesuai dengan nominal uang pertanggunan gabungan yang dipilih (Rp 100 – Rp 400 juta)Sesuai dengan nominal uang pertanggunan gabungan yang dipilih (Rp 100 – Rp 400 juta)
7. Manfaat/ PerlindunganManfaat rawat inap harian mulai dari Rp 300.000 – Rp 1.200.000,-Manfaat ICU mulai dari Rp 600.000 – Rp 2.400.000,-Dapat diklaim secara cashless atau reimbursement (termasuk pembedahan)Manfaat pembedahan dapat digunakan baik tertanggung menjalani pembedahan karena sakit ataupun kecelakaanTersedia layanan pendampinganTidak ada medical check up (Guaranteed Acceptance)Manfaat rawat inap harian mulai dari Rp 300.000 – Rp 1.200.000,-Dapat diklaim secara cashless atau reimbursement (termasuk pembedahan) Manfaat ICU mulai dari Rp 600.000 – Rp 2.400.000,-Tersedia layanan pendampinganAda layanan konsultasi terkait pola asuh anak, pendidikan, dan usia lanjutTidak ada medical check up (Guaranteed Acceptance)
8.Besar premi Mulai dari Rp 16.000 per hariMulai dari Rp 12.000 per hari
9.Fasilitas Cashless dan pengembalian uang premi sebesar 30% setelah 5 tahun, baik ada klaim atau tidak.Ada fasilitas cashless.

Sepintas dengan melihat tabel persyaratan dan manfaat dari Cigna Family Care dan Cigna Family Care Optima, kita sudah dapat melihat kelebihan dari Cigna Family Care Optima. Salah satu kelebihannya adalah bentuk perlindungan dari Cigna Family Care Optima, yaitu Hospital Income Plan. 

Jenis proteksi ini, selain memberikan perlindungan harian, juga melindungi atas biaya pembedahan baik karena sakit atau pun kecelakaan. Berbeda dengan asuransi kesehatan biasa yang biasanya hanya melindungi tertanggung atas biaya rawat inap saja. 

Kelebihan lainnya yang terlihat jelas adalah adanya pengembalian premi atau dana sebesar 30 persen setelah 5 tahun, baik pemegang polis melakukan klaim asuransi atau tidak. 

Tentu saja, hal ini cukup menguntungkan jika mengingat jumlah yang digunakan untuk membeli polis pun tidak sedikit. 

Itulah kelebihan utama dari asuransi Cigna Family Care Optima. Apakah perlindungan produk ini sesuai dengan kebutuhan kita? Yuk, cek lagi informasi yang lebih lengkap mengenai Asuransi Kesehatan Cigna dan produk-produk asuransi lainnya melalui Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis