Fakta tentang Asuransi Jiwa yang Perlu Anda Pahami

asuransi jiwa

Ingin punya asuransi jiwa? Sebelum menentukan produk apa saja yang akan digunakan, sebaiknya kita perlu tahu apa arti jenis asuransi ini.

Asuransi jiwa adalah salah satu produk asuransi yang paling sering ditawarkan oleh para calon pembeli oleh para perusahaan asuransi. Selain menawarkan berbagai macam produk yang menarik, kita juga perlu tahu apa saja kebutuhan kita ketika menggunakan produk tersebut.

Mari kita cari tahu selengkapnya di ulasan berikut.

Perbedaan Asuransi Jiwa vs Asuransi Kesehatan

Jika perlu dibandingkan satu per satu, asuransi jiwa dengan asuransi kesehatan memiliki tujuan yang sama dengan manfaat yang berbeda. Hal yang membedakan dengan dua jenis asuransi tersebut adalah pelaku penerima manfaat asuransi dan tujuan yang digunakan.

Asuransi kesehatan membantu secara finansial terhadap klien yang mengalami jatuh sakit atau kecelakaan dan diharuskan untuk rawat inap di rumah sakit. Biasanya, pemberi manfaat akan mendapatkan tanggungan berupa biaya obat, rawat inap, operasi dan sebagainya.

Sedangkan asuransi jiwa adalah salah satu proteksi dini yang berguna sebagai antisipasi terhadap peristiwa yang tidak terduga. Dalam konteks ini, proteksi yang dimaksud berupa ketika seseorang telah meninggal dunia dan biasanya pemberi manfaat dari asuransi ini adalah salah satu anggota keluarga.

Jadi, tentu Anda harus tahu secara pasti kebutuhan asuransi dalam jangka panjang dan manfaat yang akan didapatkan nanti. Pastikan juga perusahaan asuransi tersebut menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa asuransi ini memiliki jenis-jenis yang beragam?

Macam-macam Asuransi Jiwa yang Wajib Anda Tahu

Berbagai Jenis Asuransi Jiwa

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi di asuransi, kenali dulu jenis-jenis berikut ini:

Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Jika Anda membutuhkan asuransi untuk mendapatkan manfaat perlindungan pada jangka waktu tertentu, jenis asuransi ini tentu sangat cocok untuk Anda. Asuransi jiwa ini memberikan opsi jangka waktu perlindungan yang cukup lama, yaitu antara 15, 20, dan 25 tahun bahkan lebih sesuai kebutuhan penerima manfaat.

Biasanya asuransi ini cocok untuk orang-orang di usia muda atau yang memiliki kondisi sehat dan bugar. Jika memiliki riwayat penyakit tertentu, pastikan Anda sudah melakukan konsultasi pada agen asuransi sebelum memulai bergabung.

Transaksi yang dilakukan pun juga tidak sulit karena Anda dapat menentukan sendiri jumlah premi bulanan sesuai dengan biaya pemasukan.

Meskipun demikian, premi yang sudah dikumpulkan ke dalam asuransi berjangka ini akan hangus pada saat kontrak sudah habis dan akan bertambah pula biaya premi tersebut jika berniat untuk melakukan perpanjangan kontrak asuransi. Itulah sebabnya harga penawaran jenis ini tergolong sangat terjangkau.

Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)

Sesuai dengan namanya, asuransi jiwa seumur hidup dapat memberikan perlindungan hingga pemberi manfaat tersebut meninggal dunia. Arti lain, jenis asuransi jiwa seumur hidup ini tidak memiliki masa kedaluwarsa.

Jenis asuransi ini juga cocok bagi Anda yang ingin melakukan investasi kesehatan jangka panjang. Mengapa? Karena setiap premi (iuran asuransi) yang dibayarkan ke dalam tabungan asuransi akan terus meningkat dan dapat diambil sewaktu-waktu.

Batas umur untuk mendapatkan manfaat dari asuransi tersebut biasanya mencapai usia 100 tahun. Selain itu ketika tertanggung meninggal dunia, seluruh premi yang sudah dibayarkan kepada asuransi akan dikembalikan seutuhnya jika tidak terjadi klaim.

Namun seiring berjalannya waktu, ada kemungkinan bagi penerima manfaat untuk membayar premi dengan jumlah yang cukup besar pada usia tertentu karena kebutuhan perlindungan yang dibutuhkan juga sangat banyak.

Asuransi Jiwa Dwiguna (Universal Life Insurance)

Sesuai dengan namanya, jenis asuransi memberikan dua manfaat sekaligus. Dua manfaat tersebut berupa manfaat dengan jangka waktu tertentu serta manfaat tabungan yang sudah dibayarkan melalui premi.

Jenis asuransi ini tergolong jenis asuransi yang sangat fleksibel karena sebagai pemegang polis, Anda dapat menggunakan tabungan tersebut kapan pun yang Anda mau. Itulah sebabnya banyak yang memanfaatkannya sebagai tabungan pendidikan, jaminan hari tua, dan kebutuhan pribadi seperti berlibur bahkan untuk investasi lainnya.

Asuransi Jiwa Unit Link (Variable Life Insurance)

Bagi Anda yang masih belum cukup awam terhadap investasi namun ingin melakukan proteksi dini terhadap diri sendiri atau keluarga melalui asuransi sekaligus, asuransi jenis ini adalah pilihan yang tepat.

Meskipun tidak jauh berbeda dengan jenis asuransi seumur hidup, keuntungan lainnya yang bisa didapat dari asuransi jiwa unit link adalah Anda juga dapat berinvestasi yang tidak jauh berbeda dengan investasi murni.

Akan tetapi, jumlah premi yang akan diberikan untuk investasi tidak dimasukkan ke dalam pasar saham sekaligus melainkan melalui sub akun dari perusahaan asuransi tersebut.

Selain itu, hasil investasi akan selalu dipengaruhi berdasarkan pergerakan pasar saham dan bisa menghasilkan jumlah yang tidak menentu. Bisa jadi dalam jumlah besar atau sebaliknya.

Seberapa Pentingkah Asuransi Jiwa?

Pentingnya Asuransi Jiwa

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda dan tentunya kita harus menyiapkan diri secara finansial jika terjadi sesuatu di luar dugaan. Jika Anda pernah ditawarkan untuk menabung dari suatu asuransi dari salah satu perusahaan asuransi, pastikan Anda pikir dua kali sebelum menolak.

Tidak ada batas umur yang cukup spesifik untuk memenuhi kriteria dalam mengajukan asuransi jiwa. Biasanya mereka yang menabung di asuransi memiliki persiapan awal untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dalam jangka panjang.

Sejauh ini masih ragu? Jangan harap-harap cemas dulu kalau mungkin Anda belum paham seberapa penting asuransi ini untuk diri sendiri atau keluarga.

Pendidikan dan Rencana Tabungan Masa Depan

Pendidikan selalu menjadi hal yang paling utama bagi masa depan, terutama bagi anak-anak. Setiap tahun Anda akan selalu menghadapi perkembangan teknologi yang tidak menentu dan hal tersebut berpengaruh pada fasilitas pendidikan anak.

Jenis asuransi ini turut memberikan manfaat perlindungan pendidikan bagi anak Anda sehingga tidak perlu memikirkan biaya yang semakin mahal.

Asuransi jiwa = Alat Persiapan Terhadap Segala Risiko

Kita tidak akan pernah tahu kapan kondisi keuangan akan selalu stabil. Jika terjadi sesuatu di luar ekspektasi dan membutuhkan uang darurat yang cukup besar, mungkin kita bisa kelabakan untuk mengurus semuanya.

Secara tidak langsung, Anda telah menabung melalui asuransi jiwa yang dapat berfungsi ganda dan tidak hanya terfokus pada satu tujuan yang dapat menstabilkan keuangan pribadi atau keluarga.

Manajemen Keuangan Sesuai Kebutuhan Melalui Asuransi Jiwa

Ketika memutuskan untuk menjadi nasabah dari asuransi jiwa, Anda juga lah yang harus mengelola keuangan dengan berbagai macam kebutuhan lain. Meskipun premi yang digunakan akan menjadi tabungan jangka panjang, tentu rencana keuangan dalam jangka pendek juga harus diseimbangkan.

Itulah selayang pandang dari asuransi jiwa. Pastikan Anda memilih produk yang ditawarkan oleh setiap perusahaan secara bijak dan mengerti betul akan kebutuhan. Selagi Anda masih punya waktu menyisihkan dana untuk asuransi jiwa, rencanakan dari sekarang!