Harga Promo dan Cara Perhitungannya

Harga Promo

Harga promo adalah harga yang diberikan untuk menawarkan produk atau jasa dengan harapan bisa meningkatkan penjualan. Harga promo yang diberikan biasanya lebih murah daripada harga normal, hal ini bertujuan menarik minat pembeli terhadap barang atau jasa yang ditawarkan.

Perusahaan biasanya menerapkan harga promosi dengan berbagai tujuan, di antaranya:

  • Mengenalkan produk baru
  • Meningkatkan penjualan
  • Menarget pelanggan baru
  • Menjaga kestabilan penjualan
  • Menunjukkan keunggulan produk dibandingkan dengan produk kompetitor
  • Menjaga loyalitas pelanggan

Cara Mendapatkan Harga Promo

harga promo

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan harga promo dari perusahaan atau produk yang Anda inginkan. Berikut ini adalah beberapa cara serta kanal yang bisa memberikan informasi promosi baik secara online maupun secara offline.

Memantau media sosial

Cara ini adalah cara yang paling mudah, karena promosi bisa Anda dapatkan langsung dari linimasa di media sosial. Anda bisa mengikuti beberapa brand atau perusahaan yang memang Anda butuhkan produk dan jasanya.

Misalnya, jika Anda memang gemar bepergian atau traveling, tidak ada salahnya untuk langsung mengikuti beberapa maskapai penerbangan atau agen travel online yang memberikan banyak promo, termasuk potongan harga pada hari-hari tertentu.

Berlangganan newsletter perusahaan

Jika Anda tidak mau terganggu dengan linimasa yang dipenuhi dengan promosi-promosi dari beberapa user atau akun perusahaan, Anda bisa mencoba cara lain, yaitu dengan berlangganan newsletter dari perusahaan.

Pengiriman promosi lewat surat elektronik ini relatif lebih lengkap, karena Anda bisa mendapatkan informasi harga promosi dengan utuh. Anda juga bisa leluasa untuk berhenti berlangganan saat tidak membutuhkan.

Melalui media digital dan media cetak

Promosi secara tradisional pun masih dilakukan melalui media televisi, media cetak, hingga media online. Melalui media, Anda bisa mendapatkan beberapa harga promosi yang menguntungkan.

Hanya saja, informasi promosi lewat media seperti ini dibatasi dengan durasi dan ukurannya. Sehingga, informasi yang Anda dapatkan tidak utuh atau kurang lengkap. Oleh karena itu, Anda bisa mengecek lagi informasi lengkapnya melalui situs resmi mereka.

Mendatangi langsung tempat penjualan produk

Beberapa orang, terutama ibu rumah tangga, umumnya masih mencari informasi secara langsung dengan mendatangi tempat penjualan produk. Contohnya dengan mendatangi toko ritel secara langsung untuk mendapatkan katalog promo terbaru.

Cara ini memang sedikit melelahkan. Di samping itu, Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk melihat-lihat dan merencanakan untuk membeli barang atau produk yang Anda butuhkan sesuai dengan promo yang sedang berlangsung.

Cara Perhitungan Harga Promo

Cara perhitungan harga promo sebetulnya tidak berbeda jauh dengan cara perhitungan diskon. Anda tinggal mengetahui terlebih dahulu berapa persen promo yang diberikan. Potongan harga inilah yang bisa Anda perhitungkan dengan harga normal.

Sebagai contoh, sebuah toko kopi baru saja membuka gerainya dengan memberikan harga promo Rp10.000. Sementara untuk harga normalnya, segelas kopi tersebut dijual dengan harga Rp15.000. Berapa kira-kira potongan harga promo yang diberikan?

Rp15.000 – Rp10.000 = Rp5.000

Rp5.000 : Rp15.000 x 100 = 33,33

Dari perhitungan tersebut bisa disimpulkan bahwa harga promo sebesar Rp10.000 yang diberikan ternyata mendapatkan potongan diskon sekitar 33 %

Kelebihan dan Kekurangan Harga Promo

Conflict resolution

Salah satu kelebihan harga promo adalah memberikan dampak yang signifikan terhadap penjualan barang. Volume penjualan rata-rata meningkat setelah diberikan harga promo. Hal ini sangat menguntungkan, karena dengan selisih harga yang diberikan akan membuat pelanggan dari kompetitor lain beralih, sehingga meningkatkan brand awareness produk serta perusahaan.

Kekurangan harga promo adalah pengaruhnya terhadap harga normal cukup besar, karenanya Anda perlu menyiapkan subsidi. Semakin murah harga promo yang diberikan, semakin besar juga subsidi yang harus dikeluarkan.

Namun secara finansial, harga promo sangat menguntungkan konsumen. Terutama jika terjadi perang promo antara dua perusahaan yang menawarkan produk atau jasa yang sama. Misalnya seperti perang promo antara ojek online. Dengan begitu, Anda bisa menghemat pengeluaran transportasi.

Oleh karena itu, sebagai konsumen Anda juga dituntut untuk lebih bijaksana dalam memilih ketika disodorkan dengan sebuah promosi. Pastikan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan memang benar-benar Anda butuhkan dan tidak mengganggu cash flow (aliran urang) Anda di akhir bulan.

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis