Kiat Sukses Kerja Part Time Sambil Menjadi Karyawan Tetap!

kerja part time untuk karyawan

Kerja part time atau paruh waktu adalah salah satu cara efektif untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Namun, nyatanya sulit membagi waktu jika kita sudah jadi karyawan kantoran. 

Selain masalah waktu, mencari pekerjaan part time juga tidaklah mudah. Hal ini dikarenakan angka pencari kerja di Indonesia cukup tinggi sehingga Anda akan dihadapkan dengan banyak pesaing. 

Tips Menemukan Kerja Part Time 

kerja part time menguntungkan

Namun jangan khawatir karena ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk bisa menyambi dengan cepat dan mudah sesuai dengan ketertarikan Anda. 

  • Memanfaatkan job search engine

Di era yang serba digital ini, ada begitu banyak job search engine atau situs lowongan pekerjaan yang dapat diakses secara online. Di antaranya adalah LinkedIn, JobsDB, Jobstreet, Karir.com, CareerBuilder, dan masih banyak lagi. 

Dalam situs tersebut Anda akan menemukan ratusan lowongan kerja terbaru dan sejumlah tips menarik seputar karier. 

Tidak hanya di situs lowongan kerja saja, informasi pekerjaan part time juga bisa Anda dapat dari sumber lain, seperti akun media sosial, situs forum seperti Kaskus, dan yang sejenisnya.  

Namun, pastikan Anda memilih sumber-sumber informasi dari akun atau situs lowongan kerja yang tepercaya, ya. 

  • Memanfaatkan relasi yang ada 

Selain melalui situs online, Anda juga bisa memanfaatkan relasi rekan kerja, sahabat, atau bahkan keluarga. Coba perlihatkan ketertarikan terhadap bidang yang dikerjakan oleh relasi Anda. Jangan gengsi untuk menanyakan kesempatan kerja part time.

  • Terbuka terhadap segala kesempatan 

Ketika mencari lowongan kerja part time, sebaiknya jangan hanya fokus pada satu bidang saja. Hal ini dikarenakan lowongan kerja paruh waktu yang tersedia lebih terbatas jika dibandingkan dengan lowongan kerja full time atau tetap.

Selain memudahkan Anda mendapat pekerjaan part time lebih cepat, cara ini juga bisa mengasah bakat baru dan membuka peluang karier yang lebih luas. 

  • Tinjau kembali lamaran kerja 

Setelah melamar kerja di suatu perusahaan, follow-up atau tinjau ulang status lamaran Anda. Hal ini dapat dilakukan dalam kurun waktu seminggu setelah mengirimkan lamaran kerja, ya. 

Ide Kerja Part Time untuk Karyawan Tetap 

kerja part time penulis lepas

Di tengah kesibukan sebagai karyawan tetap, Anda masih bisa kok mengatur waktu untuk kerja part time. Meski demikian, jenis pekerjaan menyambi yang dijalani pun tetap menentukan tingkat kesibukan. 

Berikut ide kerja part time yang bisa dipertimbangkan untuk dipilih karena umumnya tidak terlalu menyita waktu luang Anda. 

  • Penulis lepas

Penulis lepas tergolong sebagai salah satu jenis kerja part time yang paling diminati banyak orang saat ini. Hal ini dikarenakan, ada cukup banyak perusahaan-perusahaan dan media besar yang membutuhkan jasa penulis lepas. 

Penghasilan seorang penulis lepas pun tidak sedikit. Selama dijalani dengan tekun dan didukung relasi yang kuat, Anda bisa menikmati penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah. 

  • Berjualan online

Jika Anda memiliki jadwal kerja yang cukup padat, berjualan di toko online dapat menjadi salah satu cara efektif untuk menghasilkan uang tambahan. 

Nah, berbeda dengan penulis lepas, Anda tidak perlu berpatokan pada deadline yang telah ditetapkan klien atau perusahaan sehingga pekerjaan menyambi ini terbilang lebih fleksibel.

Meski begitu, sebaiknya tetap luangkan waktu setidaknya satu hari dalam seminggu untuk fokus meningkatkan peluang sukses toko online Anda. 

Sebenarnya masih banyak pilihan cari uang lewat internet yang bisa Anda ambil. Yang terpenting jangan sampai realisasinya mempersulit diri sendiri.

  • Menjadi SPG

Sales Promotion Girl/Guy (SPG) memiliki tugas menawarkan produk dan menarik pengunjung agar datang ke booth penjual dan membeli. Ada begitu banyak lowongan kerja SPG yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi waktu dan mendapatkan penghasilan tambahan di akhir pekan.

Namun, sebelum mendaftarkan diri menjadi SPG suatu brand, sebaiknya baca dengan teliti cakupan tugas Anda selama mengisi acara dan produk apa yang menjadi target penjualan. 

  • Katering kantor

Jika memiliki bakat memasak, membuka jasa katering kantor adalah pilihan yang tepat untuk menambah penghasilan bulanan Anda. 

Bayangkan jika satu kotak katering Anda dihargai Rp25 ribu, maka dengan pemasukan dari lima pelanggan saja Anda bisa mendapatkan penghasilan kotor hingga Rp125 ribu/hari. Jika dikali 22 hari efektif kerja kantoran dalam sebulan, maka Anda bisa mendapatkan uang tambahan kotor senilai Rp2,750 juta/bulan. Sangat menggiurkan, bukan? 

Sebagian orang menganggap kerja part time sebagai kegiatan menyenangkan yang kadang-kadang seiring waktu bisa berkembang dan justru memberikan hasil yang lebih besar dibandingkan kerja utama.

Pada akhirnya Anda sendiri yang menentukan apakah ingin terus mengejar karier utama sebagai pekerja kantoran atau fokus di pekerjaan paruh waktu yang lebih fleksibel. Bukan mustahil jika usaha rumahan sampingan yang digeluti membawa Anda menjadi pengusaha wiraswasta yang sukses, bukan?

Terakhir jangan lupa, berdasarkan UU PPh Pasal 17 terkait kerja part time, meski tidak terikat pada perusahaan atau institusi tertentu, seorang pekerja lepas yang berpenghasilan di atas Rp50 juta setahun dianggap sebagai wajib pajak dan harus menaati pembayaran tarif pajak yang ditentukan.