7 Cara Ampuh Mendapatkan Kuliah Gratis

Beasiswa dan Kuliah Gratis di Luar Negeri

Berkesempatan untuk kuliah gratis adalah idaman semua orang, apalagi jika sampai ke luar negeri, bukan? Selain menambah ilmu, kalian juga bisa mendapat pengalaman baru hidup di negeri orang.

Meski begitu, mendapatkan peluang kuliah gratis di luar negeri tentu tidak semudah yang dibayangkan. Demi bisa mendapatkan kemewahan menuntut ilmu di negeri seberang, kalian harus sanggup menembus seleksi yang ketat, terutama jika ingin dapat jurusan yang diincar.

Tips Mendapatkan Kuliah Gratis di Luar Negeri

Kuliah Gratis di Luar Negeri

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk memaksimalkan peluang belajar di luar negeri secara gratis, antara lain:

1. Cari beasiswa dari pemerintah

Kalian bisa kuliah gratis di luar negeri dengan cara mencari beasiswa dari pemerintah, baik yang diberikan oleh pemerintah Indonesia maupun pemerintah negara lain. Jika di Indonesia, pemerintah menyediakan beasiswa Dikti yang dilengkapi dengan tiket pulang pergi, biaya kuliah, dan biaya hidup selama kuliah di luar negeri.

Jika menginginkan beasiswa dari pemerintah asing, maka kalian harus rajin mengecek di kantor kedubes atau situs kedutaan negara. Biasanya, informasi di situs turut menjelaskan persyaratan yang diperlukan demi mendapat beasiswa kuliah di luar negeri. Misalnya, beasiswa dari pemerintah harus disertai bukti kelulusan tes atau memiliki sertifikat TOEFL/IELTS.

2. Beasiswa dari universitas

Sebagian universitas turut memberikan fasilitas beasiswa berupa kuliah gratis di luar negeri. Namun untuk mendapatkannya, kalian harus menjadi mahasiswa di universitas tersebut. Tiap mahasiswa berhak mendapatkan beasiswa, namun dengan harus mendaftarkan dirinya sendiri ke dalam program tersebut dan menjalani seleksi tertentu. 

Beasiswa dari kampus biasanya tidak langsung diberikan. Kalian akan berangkat ke kampus yang ditunjuk dengan membeli tiket sendiri dan membiayai hidup dengan uang pribadi paling tidak selama satu semester. 

Selanjutnya beasiswa baru diberikan oleh pihak universitas ketika kalian berhasil memberikan performa akademis yang mengesankan.

3. Beasiswa dari perusahaan swasta 

Sebagian perusahaan swasta maupun BUMN memiliki program pemberian beasiswa untuk siswa berprestasi. Contohnya, PT Djarum rutin membuka lowongan untuk mahasiswa yang ingin kuliah di dalam maupun luar negeri melalui program Djarum Beasiswa Plus.

Namun tidak hanya Djarum, banyak perusahaan swasta besar lain yang memberikan bantuan beasiswa berupa kuliah gratis. Untuk itu, kalian harus rajin-rajin membuka situs perusahaan mereka. 

4. Pinjaman uang kuliah

Banyak pelajar Indonesia yang kuliah di Singapura mengambil program student loan atau pinjaman uang kuliah. Program ini memberikan kesempatan pelajar untuk kuliah di universitas tertentu dengan memanfaatkan bantuan pembiayaan. Uang itu bisa dibayarkan setelah mahasiswa lulus dan mendapat pekerjaan.

Namun sebelum menggunakan program student loan, kalian harus memahami semua kontrak yang dituliskan, seperti berapa persen bunga yang harus dibayarkan, kapan membayar, dan dengan cara apa bisa membayar pinjaman. Jika sekiranya sudah cocok, maka silakan mengambil program student loan tersebut.

5. Beasiswa bakat seni dan olahraga

Bagi kalian yang terbentur dengan nilai akademis yang rendah tidak perlu patah semangat. Kalian masih bisa mencantumkan bakat di bidang seni maupun olahraga. Karena ada beberapa negara di Eropa, Amerika Serikat, dan beberapa di Asia yang mengapreasiasi bakat seni dan olahraga sehingga mereka layak memperoleh beasiswa kuliah gratis. 

6. Kuliah gratis lewat riset

Ketika kalian memiliki sebuah riset penelitian, maka ada potensi untuk memperoleh kuliah gratis di luar negeri. Biasanya jenis beasiswa ini diajukan untuk lulusan Magister atau S2 yang ingin melanjutkan jenjang ke pendidikan S3. 

Ada satu hal yang harus kalian persiapkan dalam mengajukan beasiswa riset, yaitu proposal riset yang sempurna. Pastinya proposal itu dengan bahasa inggris dan telah ada stempel dari universitas tempat kalian menimba ilmu S2. Biasanya, potensi memperoleh beasiswa riset sangat besar karena pelamar dari Indonesia jumlahnya masih sedikit. 

7. Mengikuti seminar akademis

Jangan meremehkan seminar akademis, terutama yang digelar oleh negara lain. Ini adalah kesempatan kalian untuk bisa mendapatkan peluang bersekolah di luar negeri sebagaimana sertifikat dari seminar internasional dapat dijadikan poin plus yang kuat ketika kalian mengikuti tes beasiswa.

Negara Mana Saja yang Memberikan Kuliah Gratis?

Negara Mana Saja yang Memberikan Kuliah Gratis?

Banyak yang berpikir kuliah di luar negeri membutuhkan banyak biaya, padahal tidak selalu demikian. Ada beberapa negara yang memberikan beasiswa berupa kuliah gratis. Umumnya, negara penyedia kuliah gratis mematok pajak penghasilan yang tinggi kepada warga mereka. Pajak tersebut digunakan untuk membiayai beasiswa.

Berikut beberapa negara yang sering menyediakan jasa kuliah gratis.

1. Denmark 

Denmark merupakan negara yang memberikan program kuliah gratis bagi siapa saja yang ingin kuliah di sana. Setidaknya ada beberapa universitas bergengsi di Denmark yang menyediakan program kuliah gratis, salah satunya adalah Universitas Copenhagen Times. Universitas tersebut merupakan salah satu universitas terbaik yang ada di dunia.

2. Brazil 

Brazil juga tidak mau kalah dalam memberikan beasiswa kuliah gratis. Universitas yang bisa kalian pilih di sana adalah Universitas Negeri Campinas dan Universitas Federal Rio de Janeiro. Program studi yang diberikan menggunakan dua bahasa, Inggris dan Portugis. 

3. Swedia

Swedia memang telah terkenal lama dengan sebutan surganya Eropa. Sudah ada puluhan ribu mahasiswa yang berkuliah di sana secara gratis. Tidak hanya perguruan tinggi atau universitasnya yang memberikan kuliah gratis, tapi pemerintahannya juga memberikan tunjangan pendidikan gratis bagi para siswa yang sedang menimba ilmu.

4. Turki

Negara Turki menawarkan beasiswa bagi para mahasiswa di negerinya maupun di luar negeri. Setidaknya ada 178 universitas unggulan di Turki yang bisa kalian pilih untuk kuliah gratis, misalnya Universitas Ankara, Universitas Teknik Istanbul, dan Universitas Istanbul.

5. Jerman 

Belakangan ini, Jerman banyak menawarkan kuliah gratis di sebagian besar universitas negerinya. Hal ini dilakukan pemerintahan Jerman karena mereka kekurangan tenaga profesional. Maka dari itu, kalian memiliki kesempatan yang luas untuk memperoleh kursi gratis di Jerman, antara lain di Universitas Johannes Gutenberg, Universitas Augsburg, dan lainnya.

6. Norwegia

Salah satu universitas populer yang bisa kalian coba di Norwegia adalah Universitas Oslo. Peluangnya tidak seluas di Jerman, tetapi dengan bekerja keras tentu kalian bisa mendapatkan satu kursi kuliah gratis di Norwegia.

7. Finlandia 

Kuliah gratis juga ada di Finlandia, namun tidak disertai dengan tunjangan biaya kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, Finlandia hanya membiayai pendidikan saja. Universitas di Finlandia yang bisa dipilih adalah University of Helsinki, Abo Academy University, University of Tampere, dan University of Turku.

8. Amerika Serikat

Amerika Serikat memberikan beasiswa kuliah gratis bagi pelajar yang ingin bersungguh-sungguh menimba ilmu pendidikan di sana. Beasiswa yang ditawarkan tidak hanya dari universitas saja, tapi juga dari pemerintahan maupun non pemerintah AS.

9. Inggris

Beasiswa di Inggris termasuk yang paling diincar mahasiswa. Bayangkan saja, kalian bisa mendapatkan beasiswa pendidikan mulai dari S1 hingga S3. Bisa kuliah di Inggris juga menjadi menyimpan nilai plus bagi mahasiswa yang menggemari dunia sepak bola Liga Inggris. Pasalnya, mereka bisa menemui pemain bola idola!

Mencari-cari beasiswa yang menawarkan kuliah gratis di luar negeri terasa bagaikan mencari jarum di tumpukan jerami. Maka dari itu, persiapkan diri kalian agar bisa bersaing memburu satu kursi gratis menimba pendidikan di luar negeri.

Saat sudah diterima di sekolah luar negeri nanti, mungkin kita akan hidup sendiri. Jadi, jangan lupa untuk berhemat dan mengatur keuangan dengan baik, ya, agar kita sendiri tidak kerepotan dalam menentukan bujet bulanan.

Semoga berhasil!