Reksadana Manulife Saham Andalan Bisa Jadi Investasi Pilihan

Wanita memberi tips

Ingin mendapatkan keuntungan dari investasi, tetapi tidak punya banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko? Kita bisa memilih jenis investasi reksadana. 

Salah satu yang bisa jadi pilihan adalah Manulife Saham Andalan (MSA). Yakni produk reksadana saham dari Manulife dengan fokus lebih pada saham-saham unggulan.

Reksadana adalah dana terkumpul yang diinvestasikan dalam bentuk saham, obligasi, atau instrumen pasar uang, serta dikelola oleh manajer investasi independen profesional untuk memaksimalkan tingkat pengembalian modal dan memperkecil risiko bagi kita. 

Sedangkan MSA adalah reksadana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif (KIK) berdasarkan Undang-Undang No.8 tahun 1995 tentang Pasar Modal (Undang-Undang Pasar Modal) beserta peraturan pelaksanaannya.

MSA bertujuan menghasilkan peningkatan modal dengan berinvestasi pada saham dari perusahaan yang bergerak dalam sektor-sektor yang memiliki posisi yang baik di bursa. Investasi dilakukan dengan memanfaatkan peluang yang ada pada perekonomian Indonesia dan global, serta memberikan kinerja investasi jangka panjang yang optimal.

 Informasi Umum Manulife Saham Andalan

Tabel berikut akan menjelaskan latar belakang produk Manulife Saham Andalan.

Tanggal Peluncuran : 1 November 2007
Bank Kustodian : HSBC
Denominasi : Rupiah
Valuasi : Harian
Tolok Ukur : Index Harga Saham Gabungan (IHSG)
Minimum Pembelian Pertama : Rp 100.000,-
Minimum Pembelian Berikutnya : Rp 100.000,-

Kebijakan investasi Manulife Saham Andalan

 Manulife Saham Andalan memiliki komposisi portofolio sebagai berikut. 

  •  Minimum 80% dan maksimum 100% pada efek bersifat ekuitas yang diterbitkan melalui penawaran umum dan/atau dicatatkan di Bursa Efek baik di dalam maupun di luar negeri.
  • Minimum 0% dan maksimum 20% pada efek bersifat utang yang diterbitkan melalui penawaran umum dan/atau dicatatkan di bursa efek baik di dalam maupun di luar negeri.
  • Minimum 0% dan maksimum 20% pada instrumen pasar uang yang mempunyai jatuh tempo kurang dari satu tahun dan diterbitkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
  • Dalam hal berinvestasi pada efek luar negeri, MSA akan mengacu pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan hukum negara yang mendasari penerbitan efek luar negeri tersebut.
BIAYA-BIAYA
Jenis Biaya Besar Biaya
Biaya Pengelolaan Maksimal 2.50% per tahun
Biaya Kustodian Maksimal 0.25% per tahun
Biaya Pembelian Yang Ditangguhkan

dihitung dari harga unit saat pembelian, dan dikenakan saat penjualan kembali pada :

 
Tahun Pertama

Tahun Kedua dst

1,25%

Biaya Pengalihan
Skema biaya di atas berlaku jika investor membeli Unit Penyertaan Reksadana Manulife secara langsung melalui PT Manulife Aset Manajemen Indonesia.

Keunggulan Manulife Saham Andalan

Ada beberapa manfaat yang akan kita dapatkan jika berinvestasi pada Manulife Saham Andalan. Ini dia manfaatnya.

1. Pengelolaan portofolio secara profesional 

Investasi dikelola oleh manajer investasi yang profesional dan memiliki keahlian khusus serta pengalaman di bidang pengelolaan dana. Portofolio dimonitor secara terus-menerus dan didukung oleh akses informasi pasar yang lengkap agar dapat diambil keputusan yang cepat dan tepat.

2. Pertumbuhan nilai investasi

Reksadana adalah kumpulan dana dari pemegang unit penyertaan yang dikelola secara terarah dan dapat dipertanggungjawabkan. Dengan akumulasi dana yang terkumpul MSA dapat melakukan transaksi secara kolektif dengan biaya transaksi yang efisien, serta dapat dengan mudah mendapat akses berbagai instrumen investasi yang sulit apabila dilakukan individu. Dengan demikian Pemegang Unit Penyertaan memiliki kesempatan untuk mendapatkan hasil investasi yang relatif lebih baik sesuai dengan tingkat risiko.

3. Diversifikasi investasi

Diversifikasi adalah salah satu langkah untuk mengurangi risiko. Dalam melakukan diversifikasi manajer investasi melakukan pemilihan secara selektif.

4. Likuiditas atau Unit Penyertaan mudah dijual kembali

Pemegang unit penyertaan MSA dapat menjual kembali unit penyertaannya. Hal ini karena manajer investasi wajib membeli kembali unit penyertaan yang dijual oleh pemegang unit penyertaan kepadanya berdasarkan nilai aktiva bersih pada hari bursa yang bersangkutan. 

Penerimaan pembayaran akan dilakukan selambat-lambatnya tujuh hari bursa sejak adanya permintaan penjualan kembali.

5. Transparansi informasi

MSA wajib memberikan informasi atas perkembangan portofolio investasi dan pembiayaannya secara berkesinambungan sehingga pemegang unit penyertaan dapat memantau perkembangan hasil investasi, biaya, dan tingkat risiko investasi setiap saat. 

Manajer investasi wajib mengumumkan nilai aktiva bersih setiap hari di surat kabar serta menerbitkan laporan keuangan tahunan melalui pembaharuan prospektus setiap satu tahun sekali.

Faktor Risiko Manulife Saham Andalan

Semua investasi, termasuk investasi pada reksadana MSA, mengandung risiko. Ini dia beberapa risiko utama produk dari Manulife ini.

1. Risiko berkurangnya nilai unit

Penyertaan MSA memiliki risiko fluktuasi nilai aktiva bersih, tidak ada jaminan nilai akan selalu meningkat selama jangka waktu reksadana. Hal-hal yang dapat memengaruhinya antara lain Pemerintah Indonesia sebagai penerbit efek bersifat utang, bank, atau penerbit surat berharga yang mana MSA berinvestasi dan pihak lainnya yang berhubungan melakukan wanprestasi (default) dalam memenuhi kewajibannya

2. Risiko likuiditas

Kemampuan manajer investasi untuk membeli kembali unit penyertaan dari pemodal tergantung pada likuiditas dari portofolio reksadana. Jika pada saat yang bersamaan, sebagian besar atau seluruh pemegang unit penyertaan melakukan penjualan kembali (redemption), maka manajer investasi bisa tidak memiliki cadangan dana kas yang cukup untuk membayar. Hal ini dapat mengakibatkan turunnya nilai aktiva bersih MSA.

3. Risiko perubahan alokasi efek dalam kebijakan investasi

Ketika terjadi penjualan kembali unit penyertaan (redemption) dan manajer investasi tidak memiliki cadangan dana kas yang cukup untuk membayar seketika, maka ia dapat terpaksa menjual sebagian dari porsi efek guna menjaga tingkat likuiditas. Ini dapat mengakibatkan berubahnya alokasi efek sebagaimana ditetapkan dalam kebijakan investasi.

4. Risiko perubahan kondisi ekonomi dan politik

MSA menginvestasikan sebagian besar dananya pada Efek Bersifat Utang yang dikeluarkan oleh Indonesia dan instrumen pasar uang. Perubahan ataupun memburuknya kondisi politik dan perekonomian baik di dalam maupun di luar negeri, termasuk terjadinya perubahan peraturan yang mempengaruhi perspektif pendapatan, dapat berpengaruh terhadap harga dari Efek Bersifat Utang. Sehingga dapat memengaruhi Nilai Aktiva Bersih.

5. Risiko nilai investasi

Nilai investasi MSA sangat bergantung kepada risiko penerbit efek dan perubahan peraturan perpajakan. Ini dia hal-hal berikut yang akan berpengaruh.

  • Pembayaran kupon obligasi oleh Pemerintah Indonesia sesuai dengan jadwal.
  • Pembelian kembali obligasi Negara secara wajib oleh Pemerintah Indonesia dalam rangka re-profiling.
  • Pembayaran pokok obligasi oleh Pemerintah Indonesia pada tanggal jatuh tempo.
  • Perubahan peraturan perpajakan.

6. Risiko perubahan peraturan perpajakan

Jika terjadi perubahan dalam hal peraturan perpajakan, maka tujuan investasi yang telah ditetapkan dapat menjadi tidak terpenuhi karena kondisi, perkiraan, dan informasi yang digunakan manajer investasi saat menyusunnya. 

7. Risiko tingkat suku bunga

Perubahan tingkat suku bunga di pasar keuangan dapat menyebabkan kenaikan atau penurunan harga instrumen investasi dalam portofolio reksadana yang dapat berpengaruh terhadap Nilai Aktiva Bersih dari MSA.

Untuk berbagai tujuan jangka panjang, saham-saham papan atas bisa jadi pilihan kita untuk berinvestasi. Selain Manulife Saham Andalan, kita juga bisa berinvestasi pada Manulife Dana Saham (MDS) yang berinvestasi di saham-saham paling likuid di bursa saham Indonesia. Keduanya bisa jadi alternatif bagi kita yang menginginkan investasi saham dengan kinerja relatif stabil.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai produk-produk asuransi unggulan Manulife Indonesia, jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal, ya!

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis