Lika-Liku Merry Riana Meraih Sejuta Dolar di Usia Muda

rahasia sukses merry riana

Merry Riana adalah seorang motivator, bintang tamu, dan pembawa acara di salah satu program di stasiun televisi swasta di Indonesia. 

Namanya melambung setelah kemunculan buku biografi berjudul “Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar” karya Alberthiene Endah yang menceritakan keberhasilan Merry dalam meraup sejuta dolar Singapura di usia 26 tahun. 

Penasaran bagaimana wanita cantik ini bisa mendapatkan sejuta dolar di usianya yang masih muda? Mari simak rangkuman kisahnya bersama-sama. 

Berasal dari Keluarga yang Sederhana 

perjalanan hidup merry riana
Sumber gambar: Brilio.net

Berasal dari keluarga sederhana, ayah Merry adalah pegawai biasa dan ibunya berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Perempuan kelahiran 1980 ini menempuh pendidikan Sekolah Dasar Don Bosco Pulomas dan melanjutkan pendidikannya hingga SMA di Santa Ursula, Jakarta Pusat.

Setelah lulus sekolah menengah ke atas, Merry berkeinginan untuk meneruskan pendidikannya di Universitas Trisakti Jakarta. Sayangnya, impian ini harus sirna karena peristiwa krisis moneter yang terjadi di tahun 1998. 

Khawatir akan keadaan Indonesia pada saat itu, orang tua Merry akhirnya mengirimnya kuliah di Universitas Teknologi Nanyang di Singapura. Selama di Singapura, Merry harus berjuang untuk membayar biaya pendidikan dan biaya hidup yang terbilang cukup tinggi. 

Mengatasi permasalahan ekonomi tersebut, Merry lantasan mengikuti program pinjaman pelajar dari pemerintah Singapura. Namun, tantangannya tidak berhenti sampai situ saja karena dia harus membayar tumpukan utang tersebut sebesar 40 ribu dolar Singapura. 

Gagal Berbisnis MLM dan Investasi Saham

pengertian dari mlm

Sadar akan adanya sejumlah utang yang harus dibayarkan, Merry Riana kemudian bekerja paruh waktu sebagai penyebar brosur, menjaga toko bunga, dan pekerjaan lainnya. Namun, uang yang dikumpulkannya tidak juga cukup untuk membiayai seluruh kebutuhan hidupnya. 

Bahkan, sering kali dia harus menahan rasa lapar karena tidak memiliki uang untuk membeli makan. 

Tidak ingin terus berada dalam keterpurukan, perempuan kelahiran Jakarta ini memutuskan untuk terjun ke bisnis Multi Level Marketing (MLM). Namun naasnya, dia malah harus mengalami kerugian hingga 200 dolar Singapura. 

Tidak patah arang, dia mencoba peruntungan di investasi saham dan harus kembali mengalami kerugian senilai 10 ribu dolar Singapura. 

Cerita Di Balik Julukan Wanita Sejuta Dolar

merry riana mimpi sejuta dolar
Sumber gambar: Uprint.id

Merry Riana akhirnya mulai melihat titik terang di tahun 2002 ketika dia memulai kariernya sebagai konsultan keuangan di salah satu perusahaan finansial di Singapura. Sebagai konsultan keuangan, dia harus menjual berbagai macam produk keuangan, seperti asuransi dan kartu kredit.  

Meski sempat kesulitan berkomunikasi menggunakan Bahasa Mandarin, dia tidak menyerah dan terus belajar. Berkat kerja kerasnya, dia berhasil mendapatkan 200 ribu dolar Singapura atau sekitar Rp2 miliar. 

Dari penghasilannya sebagai konsultan keuangan tersebut, Merry kemudian melunasi kredit pendidikannya dan mendirikan perusahaan jasa keuangan bernama Merry Riana Organization (MRO). Selang dua tahun, dirinya berhasil menghasilkan satu juta dolar Singapura atau sekitar Rp10 miliar dari bisnis tersebut. 

Kesuksesan Merry Riana saat Ini 

kesuksesan merry riana saat ini
Sumber gambar: Instagram.com/merryriana

Setelah sukses berkarier di Singapura selama 16 tahun, Merry Riana pulang ke Indonesia dengan mimpi menjadi seorang motivator yang dapat menginspirasi banyak orang dalam meraih kesuksesan. 

Mimpinya tersebut pun akhirnya tercapai. Saat ini, Merry Riana sering disebut sebagai motivator wanita nomor wahid di Indonesia. Bahkan, dia telah memberikan kelas motivasi dan melatih lebih dari 50 ribu orang dari segala kalangan. 

Dia juga dikenal sebagai motivator yang andal, khususnya dalam bidang perencanaan keuangan, teknik pemasaran dan penjualan, keterampilan komunikasi, dan topik lainnya terkait bisnis. 

Kisah inspiratif ini berhasil menginspirasi banyak orang, salah satunya adalah Alberthiene Endah, yang kemudian menuangkan kisah kehidupan Merry Riana dalam sebuah buku yang diterbitkan tahun 2011, berjudul “Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar”. 

Tidak hanya berhasil menjadi buku berstatus best seller, “Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar” juga diangkat ke layar lebar yang diproduksi oleh MD Pictures pada tahun 2014. 

Kisah nyata kehidupan Merry Riana menjadi bukti nyata bahwa tidak ada yang mustahil selama ada usaha dan tekad yang kuat. 

Namun tetap ingat, apa pun bidang usaha yang dijalani, kita tetap harus punya asuransi, ya. Ini dikarenakan asuransi akan memproteksi kita atas risiko pengeluaran finansial, seperti biaya pengobatan akibat sakit keras, kecelakaan berat, dan musibah-musibah lainnya yang bisa terjadi kapan saja tanpa bisa diprediksi. 

Kabar baiknya, Lifepal menawarkan produk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa dengan harga beragam sehingga dapat memberikan perlindungan sesuai kebutuhan. Bahkan, ada beberapa produk asuransi yang bisa dibeli dengan bujet mulai dari Rp5 ribuan per bulan. Agar lebih jelas, jangan segan untuk mengontak tim Lifepal, ya.