Motivasi Kerja Turun, Ini Solusi agar Karier Terus Menanjak

tips investasi ala Lifepal

Setiap orang tentu pernah mengalami yang namanya jenuh atau penat dalam bekerja. Apalagi ketika pekerjaan sedang banyak-banyaknya dan deadline sudah semakin dekat.

Jika hal ini terus terjadi, tentunya semangat jadi menurun dan perlahan-lahan motivasi kerja pun menghilang. Nah, hal ini pastinya tidak baik dan bisa berdampak buruk pada kinerja di kantor sehingga pekerjaan menjadi tidak maksimal dan pengembangan kerier pun melambat.

Teman Andalan Untuk Kebutuhan Asuransimu

  • Bandingkan lebih dari 100 polis
  • Konsultan terbaik di sisimu
  • Bantuan klaim gratis dan mudah
Rp
+62

Biar kita tetap semangat, ada enam cara untuk mengembalikan motivasi kerja yang mulai redup, Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Jangan Melupakan Tujuan Bekerja

motivasi kerja

Ketika motivasi kerja sedang turun-turunnya, coba deh ingat apa tujuan kita bekerja. Setiap orang tentunya memiliki motivasi yang berbeda-beda, seperti ingin menjadi kaya dengan memiliki banyak uang, membantu biaya pendidikan anak atau adik, membiayai kebutuhan sehari-hari keluarga, dan masih banyak lagi.

Jika tujuan tersebut sudah teringat, mulailah menarik napas dalam-dalam dan ucapkan saya bisa di dalam hati. Maka, secara perlahan-lahan tubuh terstimulasi untuk kembali bersemangat dan kita pun bisa bekerja dengan baik lagi.

2. Berpikir Positif

motivasi kerja

Rutinitas pekerjaan yang itu-itu saja terkadang membuat kita bosan sehingga semangat menurun. Jika hal ini terjadi, coba deh berpikir akan hal-hal positif, seperti meyakinkan diri bahwa kita bisa bekerja dengan baik atau ingat senyum keluarga di rumah yang bahagia melihat kita bekerja dengan sungguh-sungguh. 

Selain itu dengan berpikir positif, maka motivasi kerja akan muncul kembali dan kita pun menjadi bersemangat. Selain itu, terus bersyukur pun bisa menjadi cara untuk meningkatkan motivasi kerja, seperti:

  • Bersyukur akan pekerjaan yang dimiliki saat ini.
  • Bersyukur karena memiliki nasib yang lebih baik dari orang-orang yang belum memiliki pekerjaan di luar sana.

3. Mencoba Mencintai Pekerjaan Sendiri

motivasi kerja menyukai pekerjaannya

Pernah tidak merasa sudah totalitas bekerja, namun hasil yang dimiliki tetap saja kurang maksimal. Mungkin, ini salah satu tanda bahwa kita belum mencintai pekerjaan kita. 

Faktanya, mencintai pekerjaan diri sendiri sangat penting sebab dengan begitu kita bisa bekerja dengan senang hati dan memberikan hasil terbaik.

Kalau sudah bekerja dengan senang hati maka pekerjaan apa pun akan terasa mudah dan respons positif dari atasan pun akan cepat kita dapatkan.

4. Beri Penghargaan Diri Setiap Melakukan Hal Baik

motivasi kerja berikan waktu liburan

Terlalu fokus bekerja ternyata juga bisa menyebabkan motivasi kerja menurun, lho. Bayangkan saja jika otak terus dipakai untuk bekerja adanya kita menjadi cepat lelah dan performa pun menurun, akhirnya hasil yang sudah kita harapkan dari jauh-jauh hari menjadi tidak maksimal.

Kalau sudah begitu, bisa-bisa kesempatan kita untuk mendapat promosi pun akan berkurang. Tentu kita tidak mau hal ini terjadi, bukan?

Oleh sebab itu, coba berikan penghargaan kepada diri sendiri setiap telah melakukan pekerjaan dengan baik, seperti:

  • Melakukan hobi.
  • Travelling ke tempat-tempat yang seru.
  • Berkumpul bersama teman-teman.
  • Menonton film atau konser.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, kita pun akan menjadi lebih semangat dan termotivasi dalam bekerja. Namun ingat untuk tidak berlebihan ketika melakukannya sehingga lupa untuk bekerja, ya.

5. Selalu Ingat Masih Banyak Pengangguran di Luar Sana

Motivasi Kerja Turun, Ini Solusi agar Karier Terus Menanjak mengecek kerjaan

Saat rasa penat muncul, sering kali kita menjadi mengulur-ulur waktu dalam bekerja. Alhasil pencapaian yang harus dimiliki pun menjadi tertunda. Jika sudah demikian, cobalah melihat orang-orang di luar sana yang masih berjuang mendapatkan pekerjaan. 

Bahkan mereka siap dengan senang hati menerima pekerjaan yang kita sedang sia-siakan. Oleh karena itu, hargai pekerjaan yang dimiliki sehingga kita akan kembali termotivasi untuk bekerja kembali.

6. Seimbangkan Pekerjaan dengan Kehidupan Pribadi

motivasi kerja kerja senang bersama teman

Bekerja maksimal tentu bagus untuk pengembangan karier, namun belum tentu baik untuk kehidupan pribadi. Terlalu fokus bekerja adanya kita kehilangan peluang-peluang menggembirakan untuk kehidupan pribadi, seperti berkumpul dengan keluarga di rumah.

Maka cobalah membuat  peraturan untuk dipatuhi diri sendiri, seperti:

  • Membuat daftar pekerjaan harian atau mingguan.
  • Tentukan prioritas pekerjaan.
  • Manfaatkan waktu akhir pekan seefisien mungkin.

Dengan demikian kita bisa menjadi lebih fokus dan motivasi kerja pun tidak akan menurun.

Kata-Kata Motivasi Kerja dari Tokoh Populer

motivasi kerja kata-kata bijak

Agar kita semakin termotivasi dalam bekerja, berikut ini adalah kata-kata motivasi kerja yang pastinya bisa bikin kita semangat lagi. Mari simak bersama-sama

1. Jangan menyerah dan terus mencoba

Thomas Alva Edison berkata:

“Kelemahan terbesar kita adalah menyerah. Cara pasti untuk sukses adalah mencoba sekali lagi.”

Rasa ingin menyerah tentu memang bisa datang kapan saja, namun jangan biarkan rasa tersebut menguasai diri pribadi, ya. Sebab jika hal tersebut terjadi yang ada pekerjaan kita menjadi tidak maksimal dan motivasi kerja pun menurun.

2. Tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras

Ridwan Kamil berkata:

“Tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras. Tidak ada keberhasilan tanpa kebersamaan. Tidak ada kemudahan tanpa doa.”

Dari kata-kata tersebut, kita bisa mengetahui bahwa kunci dari sebuah kesuksesan adalah kerja keras, kebersamaan, dan doa. Maka dari itu penting bagi kita menyeimbangkan waktu kerja agar kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Hari ini akan menentukan masa depan kita

Mahatma Gandhi berkata:

“Masa depan tergantung pada apa yang kita lakukan hari ini.”

Apa yang kita lakukan hari ini tentunya akan menentukan seperti apa masa depan kita nantinya. Jadi lakukanlah pekerjaan sebaik mungkin karena kerja keras kita hari ini pastinya akan memberikan hasil yang baik di masa depan.

4. Gigih dalam meraih kesuksesan

Susi Pudjiastuti berkata:

“Orang yang meraih kesuksesan tidak selalu orang pintar, tapi orang yang meraih kesuksesan adalah orang yang gigih dan pantang menyerah.” 

Tidak selalu orang pintar yang bisa mengecam bangku kesuksesan, tapi selama kita gigih, pantang menyerah, dan terus termotivasi, maka kesuksesan pun bisa kita raih.

5. Cintai pekerjaan yang dijalani

Steve Jobs berkata:

“Satu-satunya cara melakukan pekerjaan yang hebat adalah dengan mencintai apa yang kita lakukan. Jika belum menemukannya, teruslah mencari. Jangan berdiam diri.”

Menyenangi bahkan mencintai setiap pekerjaan yang dijalani bisa menjadi cara sukses kita dalam mewujudkan mimpi. Nah, bagi kita yang ingin terus termotivasi saat bekerja, yuk mulai cintai pekerjaan yang dijalani.

Motivasi kerja memang penting untuk terus dihadirkan agar kita bisa bekerja dengan maksimal. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membangun motivasi tersebut, seperti mengikuti tips dan menerapkan kata-kata motivasi yang telah dijelaskan di atas. 

Namun, cara terbaik mendapatkan motivasi kerja adalah dengan percaya akan diri sendiri dan yakin akan setiap hal yang dilakukan. Sehingga tujuan-tujuan yang diharapkan pun cepat tercapai. TIngkatkan terus semangat bekerja, Sobat Lifepal!

Ruri Sari

Mantan peracik tulisan di media sosial yang mencoba berbagi informasi seputar mengelola keuangan pribadi dan sharing trik-trik jitu yang bisa kita semua nikmati.