Cara Menarik Dana Unit Link Asuransi Jiwa Prudential

Produk Unggulan Asuransi Avrist

Pada saat ini, Prudential adalah salah satu perusahaan asuransi yang memiliki nasabah terbanyak di Indonesia. Perusahaan ini memiliki produk asuransi jiwa, baik asuransi jiwa biasa dan asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi unit link.

Produk Prudential yang diminati adalah unit link yang mana nasabah bukan hanya mendapatkan jasa asuransi, tapi juga menyimpan nilai tunai investasi. Dengan kata lain, uang yang disetorkan ke Prudential bukan hanya digunakan untuk proteksi asuransi, tapi diinvestasikan juga.

Penerapan Asuransi Investasi Unit Link

tips investasi ala Lifepal

Dana itu diinvestasikan di berbagai instrumen baik di pasar uang dan pasar modal, seperti saham atau obligasi. Hasil atau tingkat pengembalian unit link itu akan sangat bergantung dari kinerja instrumen investasi.

Sebagai contoh, apabila nasabah memilih produk unit link PRUlink Rupiah Value Discovery Equity Fund di mana 98% dana investasi akan diletakkan di saham dan 2% akan ditaruh di kas, deposito, instrumen pasar uang, maka kinerja unit link akan sangat bergantung kepada kinerja saham yang dipilih oleh Prudential.

Pada umumnya, saham memiliki kinerja yang lebih baik dalam jangka panjang atau lebih dari lima tahun. Kinerja yang lebih baik itu yang membuat tidak sedikit orang yang menyarankan supaya membeli unit link untuk keperluan jangka panjang, bukan jangka pendek.

Nasabah Prudential yang menyetor dana atau membayar premi asuransi kepada Prudential secara berkala dalam kurun waktu tertentu berhak menarik dana sebagai hasil investasi. Penarikan dana biasanya dilakukan karena sejumlah alasan, seperti:

  • Kebutuhan dana darurat yang tidak mampu dipenuhi dari tabungan atau dana yang dipegang pada saat itu.
  • Tidak mampu lagi membayar premi secara berkala.
  • Merasa tidak lagi membutuhkan produk asuransi.

Tidak jarang, nasabah unit link menarik dana dari Prudential setelah membayar premi selama bertahun-tahun. Nilai dana yang ditarik itu bervariasi tergantung dari kinerja instrumen investasi yang dipilih oleh nasabah sebelum bulan pertama pembayaran. Penarikan dananya pun bisa dilakukan lebih dari satu kali. 

Prosedur Penarikan Dana Investasi Unit Link Prudential

Dana Darurat

Berikut ini sejumlah cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan informasi resmi mengenai cara penarikan dana unit link yang dikenal dengan nilai tunai (cash value). Cara itu antara lain:

1. Menghubungi customer service atau mengirim via surel

Kita sebagai nasabah bisa menghubungi customer line Prudential di nomor 1500085 atau mengirim surel ke [email protected] Saat mengirim surel, kita bisa menyebutkan nomor polis dan nama pemegang polis. Surel itu biasanya akan dibalas secepatnya pada hari kerja.

2. Menghubungi agen asuransi

Apabila kita membeli asuransi dari agen asuransi, kita bisa menghubunginya untuk membantu menarik dana. 

Agen asuransi yang baik adalah agen yang membantu nasabah untuk mencairkan dana. Seorang agen harus bertanggung jawab atas salah satu hak nasabah, yaitu menarik dana investasi.

3. Datang ke kantor Prudential

Kita bisa mendatangi kantor Prudential untuk mendapatkan informasi cara mencairkan dana asuransi. Asuransi Prudential berkantor pusat di Jakarta dengan persebaran kantor pemasaran di enam kota besar yang meliputi Medan, Batam, Semarang, Bandung, Surabaya dan Bali. Masih ada lagi, 408 kantor pemasaran mandiri di seluruh Indonesia.

Bagaimana Cara Menarik Nilai Tunai?

Penjelasan

Penarikan dana biasanya dilakukan setelah nasabah berkorespondensi melalui telepon, e-mail, pembicaraan dengan agen atau datang langsung ke kantor cabang untuk mendapatkan informasi yang jelas. Sebagai nasabah asuransi Prudential, kita bisa menarik dana asuransi Prudential dengan sejumlah cara berikut ini:

  • Mengisi Formulir Penebusan Polis dan Surat Pernyataan Tambahan.
  • Mengembalikan buku Polis asli.
  • Melampirkan salinan KTP yang berlaku.
  • Pentransferan dana hanya dapat ditujukan ke rekening Pemegang Polis.

Seluruh kelengkapan berkas itu dapat dikirimkan kembali melalui Pos ke alamat Kantor Pusat Prudential Indonesia:

PT Prudential Life Assurance (Bagian Customer Care)

Prudential Tower, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 79, Jakarta 12910

Setelah mengisi sejumlah berkas tersebut, pemegang polis akan mendapatkan pesan singkat (SMS) dari Prudential. SMS itu berisi informasi yang menjelaskan bahwa penebusan polis sedang dilakukan. 

Selain SMS, nasabah unit link juga akan menerima surel yang berisi berisi Surat Penebusan Polis dan Pernyataan Transaksi Polis berupa nilai penebusan unit yang merupakan hasil perkalian dari harga per unit dengan unit yang dibeli. 

Berdasarkan sejumlah pengalaman, nasabah bisa mendapatkan uangnya sekitar kurang dari sebulan setelah pengajuan. Dana itu akan ditransfer ke rekening bank yang nasabah daftarkan ketika menandatangani polis asuransi.

Satu hal yang perlu diketahui adalah peningkatan nilai investasi unit link kita akan bervariasi sesuai dengan pangsa pasar investasi, produk investasi yang dipilih, serta kesepakatan pembagian nilai pertanggungan dan dana yang mau diinvestasikan.

Meski begitu, satu hal yang perlu disikapi adalah keuntungan bagi nasabah bahwa selain mendapatkan proteksi keuangan akibat terjadinya risiko-risiko kecelakaan, kita pun bisa menarik sejumlah uang sebagai hasil investasi juga.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai produk-produk asuransi jiwa dan investasi dari Asuransi Jiwa Prudential Indonesia, jangan lewatkan ulasannya cuma di Lifepal.