Mari Susun Bujet dari 10 Perlengkapan Rumah Tangga Ini

Berbagai Perlengkapan Rumah yang Harus Dimiliki

Berbagai Perlengkapan Rumah yang Harus Dimiliki

Pemilihan perlengkapan rumah akan menentukan kenyamanan penghuninya. Utamakanlah barang-barang yang berguna dan hindari memilih yang berharga mahal. Zaman sekarang, bukan soal harga, melainkan apakah bisa memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitarnya.

Sebelum Anda tentukan, ada baiknya untuk dipikirkan dengan saksama terlebih dahulu perihal apakah barang tersebut memang Anda butuhkan saat ini dan apakah keberadaannya bisa membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Berikut adalah daftar perlengkapan rumah yang bisa memberikan manfaat dan kebaikan kepada seluruh anggota keluarga di rumah.

Kompor

Perlengkapan Rumah Kompor

Kompor merupakan perlengkapan wajib untuk memasak. Untuk pemilihan kompor pun tidak boleh sembarang memilih karena setiap jenisnya memiliki keunggulan yang berbeda-beda, mulai dari kompor minyak tanah yang berbeda dengan kompor gas dan kompor listrik. Berikut ini adalah perbedaan dari ketiga jenis kompor tersebut.

Kompor minyak tanah

Kompor jenis ini pernah menjadi primadona yang cukup lama pada tahun 90-an. Komponennya yang terdiri atas satu tungku dan berbahan bakar minyak tanah dengan sumbu disekelilingnya ini bekerja dengan cara menyulut api ke tiap ujung sumbu pada kompor.

Meskipun kini sudah banyak orang yang beralih ke kompor gas, namun faktanya masih banyak pula pengguna kompor minyak tanah. Alasan utamanya adalah karena masih banyak orang yang khawatir akan adanya ledakan akibat gas elpiji.

Untuk harga kompor ini sangatlah bervariasi, mulai dari Rp50.000 hingga Rp620.000.

Kompor gas

Sejak kemunculannya pertama kali, kompor gas begitu diminati oleh berbagai orang. Selain terlihat lebih modern dibandingkan kompor minyak tanah, kompor jenis ini juga memberikan kemudahan dan kecepatan.

Cara kerja kompor gas sangatlah mudah dan bisa diatur untuk besar dan kecilnya volume api yang diinginkan. Selain itu, beberapa kompor jenis ini juga memiliki timer, oven, sampai pemanggang.

Sayangnya, kompor ini memiliki risiko yang lebih besar dibandingkan kompor minyak tanah, yaitu terjadinya ledakan apabila pemakaian kurang hati-hati.

Harga kompor ini dimulai dari kisaran Rp80 ribu hingga Rp20 juta untuk yang termahal.

Kompor listrik

Berbeda dengan kompor gas dan minyak tanah, kompor ini berfungsi dengan daya listrik. Kompor jenis ini membuat Anda tidak perlu lagi membeli tabung gas atau rutin membersihkan selang maupun regulator kompor. Kompor jenis ini pun dapat menghindarkan Anda dari risiko kebakaran atau ledakan gas.

Harga kompor ini berada pada kisaran  Rp118 ribu hingga Rp18 juta.

Peralatan Memasak

Peralatan masak tidak kalah penting untuk Anda hadirkan di rumah. Dengan peralatan masak, penyiapan makanan pun akan jauh lebih mudah dan lebih cepat. Namun, apa saja peralatan masak yang harus dimiliki di rumah?

Wajan atau teflon

Benda yang ini merupakan salah satu elemen penting dalam memasak. Wajan pun memiliki berbagai macam jenis, mulai dari wajan antilengket, wajan berlapis, sampai wajan besi.

Harga yang ditawarkan sangatlah bervariatif, mulai dari Rp70 ribu hingga Rp300 ribu.

Spatula

Memiliki wajan tanpa spatula bagaikan makan tanpa minum. Keduanya saling melengkapi. Spatula terbagi menjadi beragam jenis dengan fungsi berbeda-beda.

Pertama adalah spatula kayu yang tidak mudah patah sehingga kuat mengaduk makanan dalam jumlah besar. Kedua, spatula stainles steel yang memiliki daya tahan lama. Kemudian spatula karet untuk digunakan pada wajan antilengket.

Harga spatula berkisar antara Rp20.000 hingga Rp150.000.

Rice cooker

Siapa yang tidak mengenal alat perlengkapan rumah yang satu ini. Rice cooker merupakan alat penanak nasi berdaya listrik. Meskipun awalnya rice cooker hanya berfungsi sebagai penanak nasi, kini fungsinya lebih kompleks, seperti untuk menghangatkan nasi, mengukus, menghangatkan lauk, membuat sup, dan lainnya.

Harga yang ditawarkan untuk satu unit rice cooker berkisar antara Rp125.000 hingga Rp450.000.

Kasur

Perlengkapan Rumah Kasur

Kasur memiliki jenis yang bermacam-macam dengan keunggulan masing-masing, di antaranya sebagai berikut.

Spring bed

Spring Bed atau kasur pegas umumnya menjadi favorit banyak orang. Kasur ini dinamakan demikian karena pada bagian dalam kasur terdapat sebuah spiral atau pegas yang dapat memantulkan tekanan tubuh, jadi terasa empuk. Tidak jarang anak-anak senang berloncatan di atasnya.

Terdapat dua jenis spring bed, yaitu innerspring dan hybrid. Innerspring adalah jenis spring bed yang paling umum karena harganya yang terjangkau. Meskipun memberikan kenyamanan, spring bed jenis ini sering memunculkan suara ketika ada pergerakan dari pengguna.

Sedangkan hybrid adalah tipe spring bed yang paling nyaman dan mahal. Pasalnya, kasur jenis ini dilengkapi lapisan memory foam, jadi ketika Anda melakukan pergerakan tidak akan ada suara yang muncul.

Harga dari sebuah spring bed berkisar antara Rp1 juta hingga Rp10 juta.

Kasur busa

Harganya terbilang murah karena hanya terdiri atas busa yang dibungkus dengan kain dan tidak ada penopang pegas sehingga ketika ada tekanan, kasur ini cenderung mengikuti tekanan tersebut. Semakin tebal kasur busa yang digunakan, maka semakin nyaman pula ketika Anda tidur di atasnya.

Harga dari kasur jenis ini berkisar antara Rp65.000 hingga Rp9 juta.

Kasur angin

Kasur angin adalah kasur yang diisi oleh udara. Untuk bisa memakainya, Anda harus memompa bagian dalamnya agar angin memenuhi isi kasur. Kasur jenis ini juga memiliki tekstur yang empuk, namun juga keras, karena tidak ada busa di dalamnya.

Harganya relatif murah, yaitu berkisar antara Rp147.000 hingga Rp1,6 juta.

Bantal dan Seprai

Tidur menggunakan bantal membuat tidur Anda terasa lebih nyaman dan berkualitas karena Anda akan terhindar dari masalah sakit leher. Sedangkan seprai sangatlah penting untuk digunakan karena dapat memperindah kasur yang dipakai dan membuat tidur menjadi lebih nyaman. Apa saja jenis-jenisnya?

Bantal kapuk

Bantal kapuk merupakan bantal yang paling umum di Indonesia. Teksturnya yang lembut dan licin ketika dipegang dapat memberikan rasa nyaman bagi penggunanya. Sayangnya, bantal jenis ini mudah sekali lembap, memadat, dan berdebu.

Untuk bantal jenis ini biasa dijual dengan harga Rp45.000 hingga Rp300.000.

Bantal busa

Selain kapuk, jenis bantal lainnya adalah bantal busa. Bantal busa memiliki tekstur yang lebih lentur dan mudah mengikuti bentuk kepala. Bila Anda mengangkat kepala, maka bentuknya akan kembali seperti sedia kala. Bantal jenis ini cenderung lebih baik dibandingkan bantal kapuk karena lebih higienis dan tidak mudah memadat.

Harga bantal jenis ini berkisar antara Rp25.000 hingga Rp300.000.

Seprai katun

Seprai berjenis ini merupakan yang paling umum dipakai karena memiliki tekstur yang tidak kaku dan cukup lembut di kulit dan memiliki warna yang tidak mudah pudar meski dicuci berkali-kali.

Harga seprai jenis ini dimulai dari Rp150 ribu.

Seprai sutra

Berbeda dengan yang berbahan katun, jenis yang ini memiliki tekstur lemas, licin, namun juga kuat saat dipakai. Seprai sutra juga dapat memberikan kesan mewah dan elegan sehingga pas untuk menghiasi kamar tidur Anda yang berkelas.

Harga seprai sutra sendiri dimulai dari Rp100 ribu.

Lemari Pakaian

Perlengkapan Rumah Lemari Baju

Lemari ini akan membantu Anda menyimpan dengan rapi semua pakaian dan barang berharga lainnya. Jenis dan harga lemari ditentukan dari bahan dasar dan daya tahannya.

Lemari kayu jati

kokoh dan antik, itulah penggambaran yang tepat akan jenis lemari ini. Jika kamar Anda bernuansa etnik dengan dominasi ornamen kayu, maka lemari jati inilah pilihan terbaik Anda. Lemari jenis ini juga dapat memberikan pemiliknya kesan gagah dan berwibawa, lho.

Untuk harga lemari jenis ini berkisar antara Rp3,5 juta hingga Rp12 juta.

Lemari plastik

Umumnya diidentikkan dengan harga yang lebih murah serta desainnya amat sederhana, ringan, dan mudah dipindah-pindahkan. Lemari jenis ini sangatlah cocok untuk dipakai bagi Anda yang tinggal di daerah rawan banjir  karena lemari ini tidak akan mudah rusak akibat terkena air.

Harga lemari jenis ini berkisar antara Rp125.000 hingga Rp900.000.

Lemari untuk Piring / Rak untuk Piring

Benda yang satu ini dianggap sebagai bagian krusial di rumah. Umumnya dipakai untuk menyusun gelas, piring dan peralatan dapur lainnya agar tampak rapi dan bersih. Umumnya terbagi menjadi beberapa jenis seperti di bawah ini.

Rak piring dengan penampung air

Setelah mencuci piring tentu piring air di piring perlu ditiriskan terlebih dahulu sebelum ditaruh di lemari. Nah, untuk mempermudah Anda dalam meniriskan air yang ada pada piring, Anda dapat menggunakan rak piring jenis ini. Meskipun terlihat klasik dan sederhana, rak piring ini memiliki nampan khusus yang berfungsi menampung air.

Harga rak jenis ini dimulai dari Rp299.000.

Rak Piring stainless steel

Khusus yang berbahan ini digemari oleh sebagian besar konsumen karena dapat membentuk citra yang terkesan lebih elegan dan profesional selayaknya koki-koki terkenal. Sangat pas bagi Anda yang suka memasak sebagaimana rak ini tidak rentan terhadap kelembapan atau temperatur yang naik drastis akibat memasak.

Mengenai harganya, rak ini dimulai dari harga Rp85.000.

Piring dan Gelas

Saat Anda makan ataupun minum, tentu gelas dan pring amat dibutuhkan, tanpa kedua perlengkapan ini tentu aktivitas makan Anda akan sangat sulit dilakukan. Perlengkapan rumah ini umumnya terbagi menjadi tiga jenis, yaitu berjenis keramik, kaca, dan juga plastik.

  • Plastik: Rp10 ribu hingga Rp75 ribu.
  • Kaca: Rp4.000 hingga Rp150 ribu.
  • Keramik: Rp45 ribu hingga Rp150ribu.

Pisau

Dalam memilih pisau, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu mulai dari kenali jenis pisau dapur yang dibutuhkan, pastikan pegangan pisau tidak mudah lepas, pisau dalam kondisi lurus, dan ketahui cara merawat pisau yang benar.

Harga pisau dapur berkisar antara Rp5.000 hingga Rp1,2 juta (untuk satu set pisau).

Televisi

Perlengkapan Rumah Televisi

Televisi (TV) sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting Banyak informasi baru yang bisa Anda dapat dari televisi. Sampai saat ini televisi memiliki beberapa jenis, seperti TV tabung, TV plasma, dan TV LED.

TV tabung

TV Tabung merupakan jenis televisi yang amat terkenal pada tahun 90an. Jenis televisi ini cenderung lebih murah dibandingkan jenis lainnya dan memiliki daya tahan yang cukup lama.

Sayangnya, bentuknya yang besar, berat, dan memerlukan daya listrik yang lebih besar membuat jenis televisi ini turun peminat.

Harga televisi ini berkisar antara Rp500.000 hingga Rp1,2 juta.

TV plasma

TV plasma merupakan televisi yang terdiri atas dua lembar kaca campuran gas yang terdapat di antara lapisan, yang mana gas ini diinjeksi dan ditutup dalam wujud plasma saat proses manufaktur.

Harga televisi ini cenderung lebih mahal dibandingkan TV tabung, namun lebih murah dibanding TV LCD dan LED. Harga televisi ini berkisar antara Rp800 ribu hingga Rp2 juta.

TV LED

TV LED merupakan jenis televisi terbaru dan paling banyak diincar karena ukurannya yang tipis dan ringan. Kualitas gambar dan warna yang dihasilkan oleh televisi jenis ini sangatlah tajam dan daya listrik yang dipakai pun sangatlah kecil.

Sayangnya, harga televisi ini cukup mahal, yaitu berkisar di antara R2 juta hingga Rp10 juta.

Gayung

Perlengkapan rumah yang tidak kalah penting lainnya adalah gayung. Jika kamar mandi Anda merupakan kamar mandi dengan kolam yang menampung air, maka gayung sangatlah penting untuk Anda miliki.

Harga gayung terhitung sangat murah dengan kisaran dimulai dari Rp5.000.

Itulah 10 jenis perlengkapan rumah yang harus Anda miliki. Pilihlah perlengkapan rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan bukan hanya karena tren semata. Susunlah budget belanja dan tentukan batas kisaran total untuk mencegah pengeluaran uang berlebihan.

Tags:
Ruri Sari

Mantan peracik tulisan di media sosial yang mencoba berbagi informasi seputar mengelola keuangan pribadi dan sharing trik-trik jitu yang bisa kita semua nikmati.