Premi Asuransi Kesehatan Allianz, Mana yang Termurah?

Asuransi Allianz

Ibarat pelampung di kapal, rasanya asuransi kesehatan tidak diperlukan sampai tiba saatnya kita terdesak oleh adanya musibah. 

Sama halnya saat membahas peran asuransi kesehatan. Jelas, tidak ada orang yang mau sakit, namun musibah bisa datang secara tidak terduga. Kita tidak bisa mengetahui apakah akan sakit dan kapan.

Yang pasti, risiko terhadap kesehatan itu ada. Karena itulah asuransi kesehatan berperan selayaknya pelampung, yakni menjadi penolong ketika bahaya menerpa.

Saat ini makin mudah dan murah untuk mendapat perlindungan dari asuransi kesehatan. Pilihannya pun kian beragam, mulai dari yang konvensional hingga syariah.

Premi asuransi kesehatan Allianz adalah salah satu yang terjangkau. Jenis produk yang ditawarkan pun bermacam-macam. Selain itu, ada asuransi tambahan (rider) yang bisa dipilih untuk melengkapi perlindungan sesuai dengan kebutuhan.

Produk Asuransi Kesehatan Allianz

produk asuransi kesehatan allianz

Apa saja produk asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh Asuransi Allianz? Mari kita telaah satu-persatu.

1. HS Care Premier X

Hospital & Surgical Care Premier X adalah asuransi kesehatan Allianz yang menawarkan beragam manfaat ekstra, yakni ekstra pilihan, proteksi, dan layanan.

Premi asuransi kesehatan Allianz ini dibedakan menurut plan yang dipilih. Plan tersebut berkaitan dengan wilayah di mana asuransi kesehatan ini bisa digunakan. Berikut ini rinciannya.

PlanWilayah
BasicBasic CClassicIndonesia
EssentialEssential XAsia, kecuali Singapura, Jepang, dan Hong Kong
EliteElite XAsia
PrimeSeluruh dunia, kecuali Amerika Serikat
SignatureSeluruh dunia

Layanan ekstra dari HS Care Premier X mencakup pendaftaran rumah sakit oleh asisten internasional. Jadi ada bantuan sepenuhnya bagi tertanggung ketika harus dirawat di rumah sakit di luar negeri. Layanan itu termasuk fasilitas pembayaran cashless (nontunai) untuk rawat inap di rumah sakit rekanan di mancanegara.

Bagi yang tertarik menikmati layanan HS Care Premier X secara syariah, ada pilihan HS Care Premier Syariah X. Manfaat yang ditawarkan serupa dengan HS Care Premier X, tapi konsep yang dijalankan menganut sistem syariah.

2. SmartMed Premier

SmartMed Premier merupakan asuransi kesehatan Allianz bagi perorangan dan keluarga. Perlindungan yang diberikan mencakup banyak wilayah di dunia.

Ada manfaat spesial yang ditawarkan, yakni penggantian biaya kemoterapi, hemodialisis, dan HIV/AIDS. Juga biaya pemakaman, evakuasi darurat, dan pemulangan jenazah.

Premi asuransi kesehatan Allianz ini berbeda-beda, tergantung plan yang dipilih. Terdapat 10 pilihan plan dengan manfaat masing-masing. Manfaat utamanya adalah fasilitas medis kelas VIP di rumah sakit rekanan Allianz di Indonesia dan banyak negara lain, termasuk Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Adapun total nilai pertanggungan yang diberikan dalam setahun mencapai Rp6 miliar per tertanggung. Ada pula no claim bonus per tertanggung alias bonus yang diberikan jika tidak ada klaim dalam satu tahun polis, yaitu senilai 20 persen.

3. SmartHealth Maxi Violet

Asuransi kesehatan Allianz ini terutama ditujukan untuk perlindungan terhadap risiko kesehatan di Indonesia. Terdapat delapan variasi plan yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan.

Selain manfaat dasar berupa rawat inap, ada manfaat tambahan yang dapat dipilih, yakni rawat jalan, rawat gigi, dan persalinan. Tidak ada masa tunggu untuk berlakunya polis SmartHealth Maxi Violet, kecuali untuk persalinan.

Nasabah dapat membayar premi asuransi kesehatan Allianz ini sesuai dengan plan yang dikehendaki. Kalau mengikutsertakan anggota keluarga, ada diskon sebesar 5 persen premi.

Allisya Care

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk asuransi kesehatan syariah, Allianz menyediakan Allisya Care. Produk ini menggunakan prinsip tolong-menolong sesuai dengan poin syariah.

Selain itu, ada pembagian surplus underwriting, yakni dana yang dibagikan kepada nasabah jika tidak ada klaim dan mengajukan perpanjangan polis asuransi. Dana ini diambil dari dana tabarru para nasabah asuransi.

Mirip dengan ketentuan premi asuransi kesehatan Allianz lain, ada diskon sebesar 5 persen jika nasabah mengajukan anggota keluarga sebagai nasabah. Terdapat delapan pilihan plan yang tersedia dengan manfaat dana tidak terbatas dalam setahun.

Nasabah dapat menikmati manfaat dasar berupa rawat inap dan manfaat tambahan, antara lain rawat jalan, rawat gigi, dan persalinan. Selain itu, ada manfaat santunan harian untuk rawat inap mencapai Rp 1 juta per hari.

Flexi CI

Flexi CI merupakan produk komprehensif yang memberikan perlindungan atas hingga 168 risiko penyakit kritis. Terdapat tiga pilihan plan yang disesuaikan dengan kebutuhan, yakni:

  • Silver: proteksi hingga 88 kondisi penyakit kritis.
  • Gold: proteksi hingga 128 kondisi penyakit kritis.
  • Platinum: proteksi hingga 168 kondisi penyakit kritis.

Besaran premi asuransi kesehatan Allianz ini mengikuti manfaat yang diberikan. Flexi CI cocok digunakan khusus untuk berjaga-jaga terhadap risiko penyakit kritis.

Misalnya, kanker. Biaya pengobatan kanker bisa tembus Rp100 juta per bulan. Risiko keuangan ini bisa diminimalkan dengan memiliki asuransi kesehatan Flexi CI.

Bagi yang hendak menikmati manfaat asuransi Flexi CI dengan prinsip syariah, disediakan pula Flexi CI Syariah. Ini menjadi langkah konkret bahwa Allianz serius terjun dalam dunia asuransi syariah.

Premi Asuransi Kesehatan Allianz

premi asuransi kesehatan allianz

Dalam situs ataupun brosur digital, tidak diterangkan soal berapa premi asuransi kesehatan Allianz. Secara umum, ada beberapa faktor yang mempengaruhi jumlah premi asuransi. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Jenis asuransi

Premi asuransi kesehatan dasar lebih murah ketimbang yang mendapat manfaat tambahan (rider). Asuransi kesehatan Allianz sendiri menawarkan sederet rider. Bila nasabah mengambil opsi itu, besaran premi per bulan akan lebih tinggi tapi dengan proteksi yang lebih komplet.

2. Periode pertanggungan

Asuransi dengan periode pertanggungan lebih lama memiliki premi yang lebih tinggi juga sebagaimana perlindungan yang didapatkan nasabah pun lebih lama. Misalnya, mengambil asuransi kesehatan dengan periode pertanggungan lima tahun. Preminya lebih mahal dibanding premi asuransi kesehatan Allianz dengan periode setahun saja.

3. Usia tertanggung

Makin muda usia tertanggung, premi asuransi kesehatan makin terjangkau. Sebab, ada asumsi bahwa orang yang usianya muda punya kondisi kesehatan lebih prima. Sebaliknya, mereka yang berusia tua lebih rentan terkena penyakit. Karena itu, risiko pihak asuransi mengeluarkan ganti rugi untuk klaim asuransi nasabah berusia lebih tua lebih besar, maka dari itu preminya pun mengikuti.

4. Jumlah pertanggungan

Nasabah asuransi kesehatan individu membayar premi lebih murah ketimbang yang sekeluarga. Sebab, perlindungan hanya diberikan kepada satu orang. Tapi beberapa produk asuransi kesehatan Allianz memberikan diskon premi jika mengikutsertakan seluruh keluarga inti.

5. Tingkat kesehatan

Umumnya, calon nasabah kesehatan harus berterus terang menginformasikan riwayat kesehatan untuk mendapatkan polis. Ada juga yang mesti melewati pemeriksaan medis. Bila kondisi kesehatan nasabah baik, premi asuransi bakal lebih terjangkau karena risikonya lebih minim.

Itulah penjelasan tentang produk asuransi kesehatan Allianz dan preminya. Setiap produk menawarkan manfaat berbeda. Premi asuransi kesehatan Allianz yang pasti bisa diketahui setelah mengajukan permohonan polis.

Pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. Besarnya premi tidak menjamin produk itu paling bagus dan pas dengan apa yang dibutuhkan. 

Untuk mendapatkan ulasan yang lebih lengkap mengenai keunggulan produk asuransi kesehatan Allianz, jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal.