Berapa Premi Asuransi Kesehatan Keluarga, Cek di Sini!

Random sampling

Asuransi kesehatan seharusnya tidak hanya dimiliki oleh kepala keluarga atau orang tua saja karena seluruh anggota keluarga seharusnya terlindungi oleh asuransi kesehatan.

Produk asuransi ini terdiri atas beragam pilihan dengan lingkup proteksi risiko yang berbeda-beda.

Asuransi kesehatan tidak selalu hanya memberikan perlindungan untuk satu individu saja, ada produk asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan untuk kelompok, termasuk asuransi untuk seluruh anggota keluarga. 

Urgensi Memiliki Asuransi Kesehatan Keluarga

Keluarga makan siang

Secara umum, alasan diperlukannya asuransi kesehatan keluarga sama saja dengan asuransi kesehatan personal, yaitu sebagai perlindungan finansial atas biaya perawatan di rumah sakit akibat serangan penyakit atau kecelakaan yang membutuhkan biaya perawatan dan pengobatan. 

Dalam hal ini, nasabah asuransi kesehatan tidak perlu pusing lagi memikirkan tagihan karena perusahaan asuransi akan menanggung pengeluaran sesuai dengan yang disetujui dalam polis asuransi.

Memproteksi diri sendiri dan keluarga dengan asuransi kesehatan semakin penting lagi jika mengingat biaya perawatan kesehatan yang setiap tahunnya meningkat sekitar 10-15 persen. Apalagi jika kita terpaksa menjalani rawat inap di rumah sakit ataupun terkena penyakit kritis yang membutuhkan perawatan yang lama dan biaya yang tidak kecil. 

Faktor Penentu Jumlah Premi Asuransi Kesehatan Keluarga

Faktor oligopoli market

Untuk mendapatkan perlindungan dari asuransi kesehatan, calon nasabah harus membayar premi asuransi secara berkala. Premi asuransi dapat dibayar per bulan atau per tahun, sebagaimana yang disepakati. Besarnya premi asuransi kesehatan disesuaikan dengan penilaian yang dari perusahaan asuransi selaku penanggung, misalnya:

  • Usia calon nasabah. Semakin tua akan semakin mahal karena risiko terserang penyakit lebih tinggi.
  • Tingkat risiko terserang penyakit dilihat dari kondisi kesehatan tertanggung secara umum melalui hasil medical check-up.
  • Manfaat yang akan diperoleh dari produk asuransi yang dipilih, termasuk di dalamnya manfaat utama dan manfaat tambahan (rider).

Asuransi kesehatan keluarga berarti nilai pertanggungan asuransi mencakup diri nasabah dan beberapa anggota keluarga. Premi yang dibayarkan pun sudah mencakup semua tertanggung tersebut. Sebagian perusahaan asuransi menawarkan potongan harga atas pembayaran premi asuransi kesehatan keluarga jika dibayarkan sekaligus untuk satu tahun.

Rekomendasi Produk Asuransi Kesehatan Keluarga dengan Premi yang Terjangkau

Andalkan Rekomendasi dari Teman

Bagi kita yang ingin memproteksi kesehatan diri dan keluarga secara sekaligus, ada tiga rekomendasi terbaik sebagai pertimbangan utama. 

1. Asuransi Cigna

Asuransi Kesehatan Cigna adalah salah satu perusahaan asuransi yang secara khusus meluncurkan asuransi kesehatan keluarga, yaitu Family Care Optima. Produk ini diluncurkan dengan pertimbangan hasil riset perusahaan yang menyatakan bahwa keluarga memegang peranan penting bagi masyarakat Indonesia dan bahwa kepala keluarga menaruh perhatian khusus kepada biaya perawatan kesehatan yang terus meningkat.

Family Care Optima dari Asuransi Cigna menawarkan perlindungan atas seluruh anggota keluarga, maksimal terdiri atas suami, istri, dan tiga orang anak dalam satu premi. 

Biaya premi asuransi keluarga dari Asuransi Cigna ini juga cukup terjangkau, yaitu Rp16 ribu per hari atau Rp480 ribu per bulan. Total manfaat yang didapatkan per tahun maksimal sebesar Rp100 juta. Selain itu, ada pula fasilitas pengembalian premi sebesar 30 persen setiap lima tahun, baik terjadi klaim asuransi ataupun tidak.

2. Lippo General Insurance

HealthPlus Family dari Lippo General Insurance menjadi pilihan kedua yang patut dipertimbangkan. Dengan berbagai keunggulan yang mencakup manfaat rawat inap dan rawat jalan sesuai kebutuhan, HealthPlus Family juga memberikan bantuan santunan tunai harian rawat inap di rumah sakit jika nasabah menggunakan layanan BPJS Kesehatan terlebih dahulu. 

Ada beberapa pilihan plan asuransi kesehatan yang dapat dipilih oleh nasabah sesuai kebutuhan. Untuk asuransi kesehatan keluarga, HealthPlus Family memiliki pilihan cakupan perlindungan untuk 3-7 anggota keluarga sesuai plan yang dipilih dengan pembayaran satu premi asuransi kesehatan yang dibayarkan per tahun, meski ada syarat usia 0-55 tahun.

Biaya premi asuransi kesehatan keluarga dari HealthPlus Family cukup terjangkau, yaitu Plan A dengan premi asuransi per tahun Rp 10.230.000 juta untuk tiga anggota keluarga, Rp13.630.000 untuk empat anggota keluarga, Rp17.030.000 untuk lima anggota keluarga, Rp20.420.000 untuk enam anggota keluarga, dan Rp23.820.000 untuk tujuh anggota keluarga.  

Nasabah dapat memilih Plan B hingga Plan G dengan biaya premi dan proteksi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita.

3. Asuransi AXA Indonesia

Pilihan ketiga adalah AXA SmartCare Executive dari Asuransi AXA Indonesia yang dapat memberikan perlindungan untuk individu dan keluarga. Produk ini akan menjamin biaya sesuai tagihan rumah sakit serta sistem reimbursement untuk rawat jalan. Biaya premi asuransi kesehatan keluarga dengan produk AXA SmartCare Executive bisa lebih ringan karena terdapat diskon biaya premi asuransi hingga 50 persen untuk anak kedua dan seterusnya.

4. Allianz Syariah

Jika asuransi syariah yang menjadi pilihan utama kita untuk melindungi keluarga dibandingkan asuransi konvensional, maka kita dapat memilih Allisya Care dari Asuransi Allianz Life Indonesia

Allisya Care dikelola secara syariah dengan prinsip nasabah asuransi saling tolong-menolong dalam menghadapi risiko yang tidak diharapkan melalui pembayaran sejumlah kontribusi. Allisya Care dapat memberikan perlindungan perorangan atau keluarga sesuai dengan kebutuhan nasabah. 

Melindungi diri kita sendiri dan keluarga di rumah sekaligus dari risiko tagihan perawatan kesehatan di rumah sakit seharusnya menjadi prioritas baru yang bersifat utama. Jangan sampai tabungan dan investasi kita selama ini, yang padahal bisa digunakan untuk biaya pendidikan anak di masa depan, harus ludes karena dipakai untuk biaya berobat di rumah sakit.

Namun berkat asuransi kesehatan keluarga yang tepat dan dengan pembayaran premi asuransi yang terbilang jauh lebih hemat, semua tagihan rumah sakit akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Masih belum yakin dan butuh penjelasan lebih lengkap lagi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan Lifepal secara gratis dan langsung dapatkan referensi produk asuransi kesehatan keluarga yang tepat dan sesuai dengan kemampuan keuangan kita.

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis