Mau Ikutan Jualan di Shopee Harus Paham Tips-Tips Ini Dahulu

Semakin canggih teknologi, semakin banyak pekerjaan manusia yang terbantu. Dalam hal berjualan misalnya, kini sangat mudah dilakukan. 

Banyak online platform yang bisa dipakai untuk menjajakan produk yang kita jual. Shopee adalah salah satu tempat yang bisa kita pilih sebagai ladang mencari rezeki.

Dengan memanfaatkan teknologi terkini, Shopee mampu menyerap banyak penjual dan pembeli. Dari banyaknya penjual yang memilih Shopee, tentu dibutuhkan strategi agar untung tetap mengalir dan produk yang dijual laku di pasaran. Apalagi, berjualan pun kini makin asyik, bisa dilakukan di mana saja  dan kapan pun juga.

Untuk bisa merasakan keuntungannya, kita harus mengetahui terlebih dahulu cara berjualan di Shopee.

Cara Membuka Toko di Shopee

Jika ingin merasakan sensasi meraup untung di Shopee, tentu kita harus membuka toko terlebih dahulu. Dengan begitu, produk yang kita jual bisa dilihat dan dibeli konsumen melalui Shopee. Inilah cara memulai berjualan di Shopee!

1. Unduh dan daftar

Langkah ini bisa kita lakukan dengan membuka laman web resmi Shopee atau gunakan aplikasinya yang bisa diunduh di ponsel melalui Google Play Store dan Apple App Store. Selanjutnya kita bisa klik Daftar yang ada di pojok kanan atas tampilan.

2. Atur toko

Jika kita sudah daftar, kita bisa langsung klik menu Jual yang berada di sisi kiri atas. Khusus untuk ponsel, kita bisa pilih tab Saya. Setelahnya kita akan masuk ke pengaturan toko dari mengisi formulir, nama toko, hingga deskripsi. Selanjutnya, pilih menu Alamat Saya dengan klik tambah alamat baru untuk mengisi alamat detail toko kita dan menyimpannya.

3. Tentukan rekening bank

Menu Kartu/Rekening Bank bisa kita pakai untuk mengisi detail rekening bank agar pembeli bisa bertransaksi membayar barang pembelian. Kita akan diminta input kata sandi akun Shopee untuk verifikasi. Kita bisa menambahkan lebih dari satu rekening dengan memanfaatkan menu Tambah Rekening Bank.

4. Tambahkan foto produk

Sebelum mengunggah foto produk, pastikan bahwa produk yang dijual bukan termasuk dalam daftar barang yang tidak dijual. Kita bisa melihatnya di https://shopee.co.id/docs/3000.

Denga pilih icon “+” yang ada di bagian kanan bawah menu utama, kita bisa mengunggah foto produk yang akan kita tampilkan. Ingat jika setiap produk, kita bisa mengunggah fotonya maksimal sembilan foto. Pilih foto yang bagus, menarik, dan terutama jika memungkinkan berikan hasil jepretan orisinal barang stok kita sendiri, ya..

5. Deskripsikan produk

Agar memudahkan pembeli dalam memahami produk yang kita jual, deskripsi produk sangat dibutuhkan. Maka dari itu, setelah foto diunggah, kita bisa memberi kategori, merek, tanggal kedaluwarsa (makanan/minuman), harga, berat, estimasi pengiriman, nomor telepon penjual dan informasi lainnya secara rinci. 

Nah, itulah cara memulai berjualan di Shopee. Selamat mencoba! Selanjutnya, mari kita cari tahu cara tips meraup untung di Shopee!

Raup Untung Berjualan di Shopee dengan Tips Ini

Shopee telah menjaring banyak penjual untuk menjajakan produknya. Jika kita ingin memiliki keuntungan lebih, strategi dan tips jitu bisa dilakukan. Inilah tips meraup untung jualan di Shopee.

1. Manfaatkan fitur live chat

Komunikasi penjual dan pembeli adalah salah satu penentu sebuah barang bisa terbeli. Komunikasi sangat memungkinkan adanya akad antara penjual dan pembeli, apalagi dijadikan wadah oleh pembeli untuk menanyakan berbagai macam informasi terkait produk. 

Shopee memiliki fitur live chat yang sangat membantu kita untuk berjualan dan berinteraksi dengan calon pembeli. Sebagai penjual yang baik, kita harus sebisa mungkin melayani dan menjawab pertanyaan pembeli. Fitur ini menguntungkan kedua belah pihak. Pembeli akan terlayani secara maksimal, sedangkan penjual bisa saja mendapat rating yang tinggi atas pelayanan yang diberikan. Semakin tinggi rating, semakin banyak pula pembeli yang mampir.

2. Naikkan iklan produk

Dengan langkah ini, produk kita bisa terpampang pada jajaran teratas di pencarian sehingga pembeli lebih mudah menemukannya ketika mengetik kata kunci produk. Di Shopee, maksimal adalah lima produk yang bisa diiklankan sesuai dengan kategori yang ada selama empat jam sekali. Ayo, manfaatkan fitur ini!

3. Pahami panduan penjual

Untuk mendapatkan panduan dan bantuan, kunjungi https://help.shopee.co.id. Di sini, penjual bisa akses juga untuk mencari tahu hal terkait informasi pembelian dan pembayaran, pengiriman produk, pengembalian barang dan dana, penjualan dan pelepasan dana, keamanan akun dan lainnya. 

Laman itu bisa kita manfaatkan manakala ada kendala tertentu terkait proses penjualan, jadi kendala akan teratasi secepat mungkin demi kenyaman berbelanja pembeli.

4. Manfaatkan momen Harbolnas

Harbolnas adalah momen spesial penjual karena lebih banyak produk yang berpeluang laku. Momen ini bisa dimanfaatkan untuk meninjau jenis produk apa saja yang sedang naik ke permukaan dan laris manis di pasaran. Karena akses beli sedang besar-besarnya, kita bisa berinisiatif memperbanyak stok produk.

Banyak cara untuk mengais rezeki, salah satunya dengan menjadi penjual produk tertentu di Shopee. Marketplace ini memberikan kemudahan bagi kita untuk menjajakan produk andalan dengan cara yang mudah. Guna meningkatkan untung, tentu kita harus punya strategi dalam menjual produk.  

Tips di atas bisa kita gunakan untuk mendongkrak keuntungan berjualan di Shopee. Untuk mendapatkan cara berjualan di Shopee lainnya dan tips-tips memulai bisnis online lebih lengkap, kita bisa kunjungi Lifepal. Yuk, datang ke Lifepal sekarang!