Keunggulan Sistem Siakad UM dan Kemudahan yang Ditawarkan

Di era teknologi informasi pada saat ini, penggunaan internet oleh mahasiswa atau dosen adalah hal umum. Perguruan tinggi juga diharuskan mengikuti perkembangan zaman dengan menyediakan fasilitas layanan internet untuk berbagai keperluan.

Pada saat ini, tidak sedikit perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan fasilitas teknologi informasi untuk memudahkan mahasiswa atau dosen mengurus administrasi yang terkait dengan kuliahnya. Di samping itu, perguruan tinggi yang tidak menyediakan fasilitas teknologi informasi justru akan dianggap ketinggalan.

Salah satu kampus yang telah memiliki fasilitas teknologi informasi itu adalah Universitas Negeri Malang (UM). Perguruan tinggi yang berlokasi di Malang, Jawa Timur itu memiliki sistem yang hebat bernama Sistem Informasi Akademik UM (Siakad UM). Sistem ini bisa diakses melalui komputer atau laptop yang terhubung dengan internet. 

Yuk, kita simak manfaat dan cara mengisi Siakad UM ini!

Berbagai Manfaat dari Siakad UM

Bagi mahasiswa UM, sistem ini bisa digunakan mengisi Kartu Rencana Studi (KRS). KRS adalah syarat administratif yang harus dipenuhi oleh mahasiswa untuk bisa mengikuti perkuliahan pada semester yang akan diprogram. 

KRS hanya berupa satu lembar yang terdiri dari biodata singkat mahasiswa,  dosen Penasehat Akademik (PA), Indeks Prestasi (IP) semester lalu, satuan kredit semester (SKS) semester lalu, tabel matakuliah, offering, jam kuliah, ruang kuliah dan sebagainya.

Selain bagi mahasiswa, Siakad UM ini juga dapat digunakan oleh dosen untuk memasukkan nilai para mahasiswa. Di samping itu, dosen dapat mencetak presensi kuliah maupun form nilai dalam format Excel.

Cara Mengisi Siakad UM

Penasaran dengan cara cara mengisi Siakad UM? Berikut adalah langkah-langkah yang kita bisa ikuti.

  1. Klik situs web resmi Siakad UM.
  2. Mahasiswa UM tentu saja sudah paham dengan mesin pencari seperti Google. Nah, mahasiswa UM bisa memulai menggunakan Siakad UM dengan mencari situs itu terlebih dulu di Google. Mahasiswa UM bisa mengetik kata kunci Siakad UM di Google, lalu klik hasil paling atas. 
  3. Masukkan NIM dan kata sandi.
  4. Setelah masuk ke situs Siakad UM, hal yang harus mahasiswa UM lakukan adalah memasukkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan kata sandi. Setelah itu, jangan kaget kalau sistemnya agak berjalan lambat. Kesalahan bukan di laptop, tapi situs itu barangkali sedang dikunjungi oleh banyak mahasiswa yang lain pada waktu yang sama. Setelah berhasil masuk, mahasiswa UM akan bertemu dengan dashboard Siakad.
  5. Setelah bertemu dengan dashboard, pastikan terlebih dulu status aktif dan sudah membayar.
  6. Setelah itu, klik Rencana Studi di sisi sebelah kiri dashboard.
  7. Tidak lama kemudian akan muncul jenderal KRS. Lalu klik Tambah Mata Kuliah.
  8. Langkah pertama setelah itu adalah mengubah baris per halaman dari 25 menjadi 200 agar lebih memudahkan.
  9. Setelah itu, mahasiswa UM bisa mengetik kata sandi/kode/nama mata kuliah atau geser ke halaman bawah hingga bertemu dengan mata kuliah yang diambil.
  10. Dalam satu mata kuliah, mahasiswa akan diberikan sejumlah pilihan.
  11. Cek mata kuliah yang kapasitasnya masih tersedia.
  12. Lihat kelas-offering, dosen, dan jadwal yang diinginkan.
  13. Klik tombol Ambil pada kolom kanan
  14. Lalu isilah sampai semua mata kuliah semester terisi.
  15. Terakhir, klik Simpan KRS dan selesai! Mudah, bukan?

Sistem Milik Universitas Negeri Malang Lainnya

Selain Siakad, UM memiliki beberapa sistem teknologi informasi lainnya. Sistem itu adalah pendaftaran mahasiswa baru secara online dan pendaftaran Program Pengalaman Lapangan (PPL) secara online

Menurut Rektor UM Prof. Dr. AH. Rofi’uddin M.Pd, UM juga akan mengembangkan sistem beasiswa online dan sebagainya. Menurutnya, situs UM telah masuk ke peringkat 20 ribu dunia berdasarkan situs pemeringkat Alexa. Hal itu menurutnya menunjukkan situs UM yang semakin banyak dikunjungi oleh masyarakat.

Rektor juga berharap jurusan atau fakultas membuat pengumuman melalui situs UM dan mendukung sistem online. Yuk, selain Siakad UM, kita lihat beberapa sistem lain yang dimiliki oleh UM!

Pendaftaran PPL Online

Selain Siakad UM, mahasiswa UM juga bisa mendaftar Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) secara online. Mahasiswa UM bisa mengetik alamat http://sippl.um.ac.id di browser. Tentu saja, pendaftaran online ini akan memudahkan mahasiswa yang akan ikut program PPL.

Pendaftaran mahasiswa baru

Bagi kita yang berminat mendaftar di UM bisa mengetik alamat http://seleksi.um.ac.id di browser. Setelah itu, kita bisa terhubung dengan situs pendaftaran mahasiswa baru UM secara online

Sistem itu menyediakan banyak informasi seperti info Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi Mandiri Pascasarjana, jadwal penerimaan mahasiswa baru seleksi mandiri S1 dan D-III dan tentu saja registrasi mahasiswa baru.

Di samping itu, kita juga bisa mengetahui biaya pendidikan, beasiswa, dan hasil seleksi masuk kampus ini juga, lho! Mantap, ya?

Dengan memahami cara mengisi Siakad UM, mahasiswa UM akan lebih mudah dalam mengurus administrasi yang diperlukan dalam perkuliahan. Namun, jika kita membutuhkan tips-tips tambahan yang bermanfaat seputar pendidikan dan manajemen keuangan pribadi, jangan ragu untuk mencari tahu di Lifepal!