Rekomendasi Souvenir Murah tapi Kece untuk Hajatan

souvenir

Souvenir murah menjadi incaran bagi pelaksana hajatan, baik pernikahan maupun acara lain. Bisa dibilang, kenang-kenangan ini menjadi hal wajib untuk tamu sebagai simbol ucapan terima kasih.

Meski umumnya berwujud kecil, namun ternyata tetap menghabiskan cost, lho, karena bujet yang harus dialokasikan bergantung kepada harga satuannya dan tentu saja bergantung kepada jumlah tamu yang diundang.

Hukumnya, semakin mahal harga souvenir tersebut, maka kita harus menekan jumlah tamu yang diundang. Namun, apabila tamu kita terbilang banyak maka kita harus temukan souvenir harga murah. Atau, kita bisa berkreasi!

Yuk, simak beberapa poin berikut saat kita ingin menemukan souvenir murah.

Pilih yang Murah atau Dibikin Kreatif

Cara pertama untuk mendapatkan souvenir murah adalah memikirkan konsep pesta yang akan diadakan dan jumlah tamu yang akan datang. Dengan begitu, kita bisa sesuaikan souvenir yang akan diberikan dan menentukan bujet yang tepat.

Sebenarnya ada cara untuk mendapatkan souvenir murah, namun tetap kece. Pertama, pilih souvenir yang memang dibutuhkan dan berguna bagi tamu meskipun murah. Kedua, pemberian tersebut dikemas dalam packaging yang kreatif. Nah, packaging tersebutlah yang bisa membuat nilai souvenir tersebut menjadi terlihat mahal.

Rekomendasi Souvenir Murah

Rekomendasi Souvenir Murah

Apa pun acara kita, berikut beberapa rekomendasi souvenir dengan harga murah yang bisa dipertimbangkan.

1. Permen mint

Seperti yang sudah disinggung tadi, sebenarnya yang bikin souvenir permen mint terlihat mahal adalah bungkusnya. Harga permen mint sendiri biasanya berkisar Rp5.000 saja. Kemudian, kita bisa bungkus menggunakan kertas tertentu atau diikat pita.

Selain terlihat cute, permen mint juga cukup bermanfaat, kok. Tamu undangan bisa sembari mengunyah permen mint tersebut selama berada di acara. Lumayan, ‘kan, bisa bikin napas segar!

2. Biji kopi atau cokelat

Biji kopi atau cokelat mungkin terlihat sepele. Namun, lagi-lagi dengan pengemasan yang ciamik, maka souvenir tersebut akan terlihat mahal.

Sebagai contoh, kita bisa pilih tabung reaksi yang dijual sekitar Rp1.000 atau Rp2.000 per piece. Dikalikan sebanyak 100 tamu. maka kita cukup mengeluarkan dana Rp100 ribu saja, lho.

Nah, yang menjadi PR adalah memilih biji kopi atau cokelat yang bagus. Rata-rata sih, harga biji kopi dengan takaran 250 gram adalah Rp100 ribu. Itu sudah yang bagus, ya. Tinggal bagi-bagi sesuai takaran wadah yang dipilih, deh!

3. Centongan kayu

Kalau tidak mau ribet, langsung saja pilih souvenir yang memang bakal dipakai oleh tamu. Contoh, centongan kayu yang akan berguna untuk menanak nasi. Nilai plus souvenir ini adalah bahan kayu yang bikin terlihat lebih unik.

Kemudian, kita bisa bungkus menggunakan plastik dan sematkan pita. Sebagai informasi, harga centongan kayu biasanya sekitar Rp6.000 saja, kok. Jika tamu kita ada 400 orang, maka cukup keluarkan uang Rp2,4 juta saja.

4. Tas ransel murah

Untuk kita yang berencana menggelar hajatan pesta ulang tahun anak, maka souvenir seperti tas ransel bisa menjadi opsi terbaik. Karena tamunya kebanyakan anak-anak dan memang ditujukan kepada mereka, tas ransel dengan gambar-gambar lucu tentu menarik.

Jangan bayangkan tas ransel dengan harga ratusan ribu, ya. Di berbagai marketplace terdapat tas ransel murah yang biasanya dibanderol sekitar Rp10 ribuan saja, lho! Biasanya malah sudah dikemas sedemikian rupa agar cocok dijadikan sebagai souvenir.

5. Snack

Masih dalam tema yang sama. Jika memang hajatan yang digelar adalah pesta ulang tahun atau sunatan, maka snack bisa menjadi rekomendasi terbaik buat anak-anak.

Perlu diperhatikan, ada baiknya pilih snack dengan merek bereputasi bagus dan cukup populer, ya. Salah-salah pilih snack, kita bisa bikin anak orang jadi sakit perut dan reputasi pun dipertaruhkan.

Oya, jangan lupa untuk kemas sedemikian rupa hingga menarik, ya!

Di Mana Beli Souvenir yang Terjangkau?

Nah, untuk pembelian souvenir murah sendiri bisa kita temukan di beberapa daerah terkenal di Jakarta, misalnya di Pasar Asemka, Thamrin City, dan di seputaran Jatinegara. Untuk beberapa daerah lain juga demikian, kita bisa temukan beberapa pasar yang memang terkenal dengan produk souvenir mereka.

Yang terpenting adalah menyediakan cukup waktu untuk mencari souvenir dengan harga yang sesuai bujet. Dengan begitu, kita bisa memikirkan yang dibutuhkan oleh tamu kita dan menawar di berbagai toko. Atau, malah mencari di marketplace atau belanja online.

Tags:
Helda Sihombing

Berpengalaman di industri FinTech dan jurnalis media finansial selama 5 tahun. Bercita-cita meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia lewat digital.