Syarat Buka Rekening BNI dengan Cara-Cara Mudah Ini

smartphone bni

Syarat buka rekening BNI tidak sulit, kok. Sebab bank milik negara ini cukup mudah ditemukan di berbagai kota di Indonesia.

Bahkan tidak hanya di Indonesia, BNI kini telah memiliki cabang di beberapa negara lain. Sehingga, bagi siapa saja yang menginginkan rekening di bank yang gampang dijangkau maka BNI bisa menjadi opsi terbaik.

Tidak hanya unggul soal wilayah pelayanan, tersedia berbagai jenis tabungan BNI yang bisa dipilih sesuai tujuan finansial. Dengan, keuntungan berupa biaya administrasi terjangkau dan bunga yang kompetitif. Pasalnya, biaya administrasi tabungan BNI sekitar belasan ribu dengan suku bunga hingga 2 persen.

Tertarik untuk tahu syarat buka rekening BNI? Yuk, simak syarat dan caranya berikut ini.

Syarat Buka Rekening BNI

surat niaga

Syarat buka rekening BNI hampir mirip dengan beberapa bank lain. Adapun beberapa dokumen yang perlu kita siapkan, antara lain:

  • Kartu identitas berupa KTP/Paspor bagi warga negara Indonesia. Atau, bagi warga negara asing perlu membawa KITAS.
  • NPWP atau nomor pokok wajib pajak bagi perorangan maupun perusahaan.
  • Bila nasabah buka rekening atas nama perusahaan, maka akan diminta dokumen SIUP (Surat Izin Pendirian Usaha).
  • Tentu saja setoran awal pembukaan rekening. Jumlahnya bergantung jenis tabungan BNI yang akan diajukan.

Meski mirip dengan beberapa bank lain, namun ada sedikit perbedaan syarat buka rekening BNI. Hal ini perlu diperhatikan oleh pemegang KTP non-DKI. Berikut beberapa syarat yang perlu kita perhatikan.

  • Pemegang KTP DKI Jakarta dapat membuka rekening tabungan BNI di seluruh cabang wilayah DKI Jakarta.
  • Pemegang KTP non-DKI dapat membuka rekening tabungan di wilayah Pemerintah Daerah penerbit KTP.
  • Jika kita membuka rekening di luar alamat yang tercantum di KTP maka wajib melampirkan dokumen berupa: Surat Keterangan Domisili atau Surat Keterangan Bekerja.

Nah, kalau sudah melengkapi dokumen tadi, kini perhatikan prosedur pembukaan rekening BNI.

Cara Pembukaan Rekening BNI

Yang pasti, bawa dokumen yang telah disiapkan tadi. Sebisa mungkin fotokopi terlebih dahulu untuk jaga-jaga bila petugas meminta salinannya. Selanjutnya, ikuti prosedur berikut.

  • Datangi kantor cabang bank BNI terdekat atau sesuai dengan wilayah KTP. Bila di luar wilayah KTP maka jangan lupa untuk bawa surat keterangan domisili atau surat keterangan bekerja.
  • Sampaikan kepada petugas atau satpam bank bahwa kita mau membuka rekening. Biasanya petugas akan mengarahkan kita untuk mengambil nomor antrean.
  • Ambil nomor antrean dan tunggu hingga petugas customer service memanggil kita.
  • Setelah dipanggil, petugas akan memberikan formulir pembukaan rekening dan meminta dokumen identitas diri dan pendukung lainnya.
  • Pilih jenis rekening BNI yang ingin dibuka dan ikuti instruksi petugas bank. Setelah selesai, petugas bank akan memberikan buku tabungan dan kartu debit. Selesai!
  • Kita pun bisa sekalian membuat akun di fasilitas e-banking seperti internet banking BNI, SMS banking, dan mobile banking saat membuka rekening BNI ya.

Pilihan Jenis Tabungan BNI dan Saldo Minimal Awal

produk tabungan bni

Untuk jenis-jenis tabungan BNI sendiri, sebenarnya Lifepal sudah pernah memberikan detailnya. Namun, ringkasan berikut akan membantu kita untuk memilih tabungan BNI yang paling tepat beserta biayanya. Sehingga, kita bisa segera langsung membuka rekening BNI hari ini juga!

1. BNI Taplus

BNI Taplus adalah tabungan paling basic dari bank BNI. Biasanya, kita malah harus punya tabungan BNI Taplus terlebih dahulu supaya bisa membuka tabungan jenis lain dari BNI. 

Adapun saldo awal minimal untuk pembukaan rekening BNI Taplus terbagi dua. Buka rekening di wilayah DKI Jakarta ditetapkan saldo minimal awal Rp500 ribu, sementara untuk wilayah luar DKI Jakarta adalah Rp250 ribu.

2. BNI Taplus Bisnis

Sesuai dengan namanya, BNI Taplus Bisnis ditujukan untuk kegiatan usaha atau bisnis. Akan tetapi, pembukaan rekening dapat dilakukan oleh perorangan maupun instansi.

Adapun saldo awal minimal untuk pembukaan rekening BNI Taplus Bisnis adalah Rp1 juta.

3. BNI Taplus Muda

BNI Taplus Muda ditujukan sebagai tabungan anak muda. Oleh karena itu, ada ketentuan umur yang diberlakukan, yaitu tersedia bagi nasabah usia 17 tahun hingga 35 tahun saja. Biaya administrasinya cukup ringan dibandingkan jenis tabungan BNI lainnya, yaitu Rp5.000 per bulan.

Adapun saldo awal minimal pembukaan rekening BNI Taplus Muda adalah Rp100 ribu.

4. BNI Taplus Anak

BNI Taplus Anak merupakan jenis tabungan BNI yang ditujukan bagi nasabah anak-anak. Cocok sebagai pelatihan menabung bagi anak. Adapun saldo awal minimal pembukaan rekening tabungan ini adalah Rp100 ribu saja.

5. BNI Pandai

Tabungan BNI satu ini merupakan program khusus dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kita tidak perlu datang ke bank BNI tetapi cukup melalui agen BNI46 untuk melakukan pembukaan rekening.

Saldo awal minimal untuk pembukaan rekening BNI Pandai tidak ditentukan.

6. BNI Tapenas

Sedikit berbeda dengan tabungan BNI yang telah disebutkan sebelumnya, BNI Tapenas merupakan jenis tabungan berjangka. Untuk pembukaan rekening, kita perlu menyetorkan dana minimal Rp500 ribu dan maksimal Rp5 juta. Selanjutnya, kita perlu melakukan setoran rutin bulanan selama waktu yang sudah disepakati.

7. BNI Dollar

Jika tabungan BNI lainnya menggunakan mata uang rupiah maka BNI Dollar menggunakan dolar Amerika Serikat, Singapura, atau Australia. Setoran awal pembukaan rekening BNI Dollar adalah US$100.

8. BNI Haji

Produk tabungan ini mirip tabungan berjangka namun ditujukan khusus untuk persiapan ibadah haji. Syarat saldo awal minimal untuk buka rekening BNI Haji adalah Rp500 ribu.

Itu tadi informasi mengenai syarat buka rekening BNI dan prosedurnya. Jika rekening BNI cocok untuk rencana finansial kita, yuk, sediakan waktu untuk datang ke bank BNI terdekat! Yang pasti, jangan sampai lupa membawa dokumen persyaratannya, ya!

Tags: ,
Helda Sihombing

Berpengalaman di industri FinTech dan jurnalis media finansial selama 5 tahun. Bercita-cita meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia lewat digital.