Syarat Buka Rekening Mandiri dan Pilihan Tabungannya

Asuransi Pendidikan Terbaik Mandiri

Saat ingin memiliki tabungan Mandiri, maka kita harus tahu dulu syarat buka rekening Mandiri. Termasuk pula, jangan lupa memilih produk tabungan dari Mandiri yang cukup beragam.

Secara umum, bank Mandiri telah dikenal masyarakat luas. Sebab, bank yang berstatus badan usaha milik negara (BUMN) tersebut sudah tersebar luas di seluruh Indonesia dengan total seribuan cabang. Selain itu, jaringan ATM-nya pun cukup banyak, yaitu mencapai belasan ribu.

Bila kita ingin punya tabungan Mandiri maka simak dulu pilihan produk tabungannya. Kemudian, baca syarat buka rekening Mandiri di bawah ini.

Jenis-jenis dan Pilihan Tabungan Mandiri

Daftar dan Aktivasi Layanan M-Banking Mandiri

Produk tabungan rekening Mandiri yang variatif tentu bikin kita leluasa untuk memilih yang cocok dan sesuai tujuan finansial. Ada yang ditujukan sebagai tabungan biasa, ada pula yang dikhususkan untuk ibadah haji, dan bahkan tersedia pula tabungan untuk tenaga kerja Indonesia (TKI).

Masing-masing produk tabungan berikut memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Baik dari segi setoran minimal awal hingga biaya-biaya terkait. Jadi, simak baik-baik, ya.

1. Tabungan Mandiri

Tabungan Mandiri adalah produk tabungan paling basic dari bank Mandiri. Bahkan, kita mesti membuka rekening tabungan ini terlebih dahulu, baru bisa membuka rekening lain dari Mandiri.

Adapun setoran awal minimal dan biaya-biaya terkait sebagai berikut.

  • Setoran awal minimal Rp500 ribu. 
  • Saldo minimal per bulan tidak kurang dari Rp100 ribu.
  • Biaya administrasi per bulan Rp12.500.
  • Biaya penalti apabila saldo di bawah ketentuan saldo minimal Rp5.000 per bulan; rekening pasif (di bawah Rp50 ribu selama 3 bulan berturut-turut) adalah Rp5.000 per bulan.
  • Biaya penutupan rekening Rp50 ribu.

2. Tabungan Haji Mandiri

Tabungan Haji Mandiri ditujukan bagi kita yang sedang mempersiapkan ibadah haji. Jadi, kita memiliki uang pegangan selain memang sudah menyiapkan dana untuk naik haji ya. Karena pada dasarnya, tabungan ini menjadi sarana penunjang.

Berikut beberapa ketentuan mengenai setoran awal minimal serta biaya-biaya lain yang bisa dikenakan kepada nasabah.

  • Setoran awal minimal Rp100 ribu.
  • Setoran selanjutnya minimal Rp100 ribu.
  • Biaya administrasi per bulan gratis.
  • Biaya penutupan rekening gratis.

3. Tabungan Rencana Mandiri

Tabungan Rencana Mandiri adalah produk tabungan berjangka yang mana konsepnya mirip dengan Deposito Mandiri, yaitu terdapat ketentuan jangka waktu yang harus dipatuhi. Hanya saja, untuk tabungan berjangka, kita harus menyetorkan sejumlah dana setiap bulan.

Jika kita menarik dana tersebut sebelum jatuh tempo, maka akan dikenakan biaya penalti. Sementara kalau sesuai dengan waktu yang disepakati, biasanya bunga yang diterapkan lebih tinggi daripada bunga tabungan biasa. Asumsi bunga Tabungan Rencana Mandiri ini adalah sekitar 3 persen per tahun.

Berikut beberapa ketentuan dan biaya produk Tabungan Rencana Mandiri.

  • Setoran awal dan selanjutnya minimal Rp100 ribu.
  • Biaya administrasi per bulan gratis.
  • Biaya gagal transfer otomatis apabila dana di rekening sumber kurang, Rp5.000 per transaksi.
  • Biaya penalti penutupan rekening sebelum jatuh tempo Rp150 ribu.
  • Biaya administrasi penutupan rekening sebelum jatuh tempo Rp150 ribu.

4. Tabungan TKI

Ada pula tabungan dari bank Mandiri yang ditujukan bagi tenaga kerja Indonesia (TKI) yang berada di luar negeri. Dalam hal ini, biaya administrasi per bulan gratis, namun pada tahun kedua akan dikenakan Rp2.500 per bulan.

5. Tabungan Karyawan & Pelajar (KAPEL)

Sesuai dengan namanya, tabungan ini ditujukan bagi perusahaan maupun instansi pendidikan yang ingin mendaftarkan karyawan maupun pelajarnya.

Berikut biaya layanannya:

  • Biaya administrasi per bulan Rp3.000 sampai Rp12.500 (tergantung negosiasi).
  • Biaya penutupan rekening Rp50 ribu.

6. Tabungan Bisnis Mandiri

Jika ingin membangun usaha atau perusahaan maka kita bisa memilih Tabungan Bisnis Mandiri. Tabungan ini ditujukan bagi perorangan maupun instansi bisnis.

Perbedaan tabungan bisnis Mandiri dibandingkan tabungan biasa adalah kita bisa melihat deskripsi dan keterangan transaksi. Berikut beberapa ketentuan pembukaan rekening bisnis Mandiri serta biaya-biaya yang dikenakan.

  • Setoran awal minimal Rp1 juta.
  • Saldo minimal akhir bulan Rp10 juta.
  • Saldo ditahan Rp10 ribu.
  • Biaya administrasi per bulan Rp12.500.
  • Biaya rekening pasif Rp25 ribu.
  • Biaya penutupan rekening Rp50 ribu.

7. Tabungan Valas Mandiri

Tabungan Valas Mandiri pada dasarnya mirip dengan Tabungan Mandiri. Hanya saja, mata uang yang digunakan adalah mata uang asing (valuta asing). Tersedia mata uang dolar, Hong Kong, Jepang, Singapura, dan lain-lain.

Adapun syarat saldo awal minimal adalah US$ 100 dengan biaya administrasi per bulan tergantung mata uang yang kita pilih. Tapi, untuk tabungan dolar dikenakan biaya administrasi sebesar satu dolar.

Supaya lebih gampang melihat informasi masing-masing tabungan Mandiri di atas, berikut ringkasan dalam bentuk tabel.

Produk Tabungan Setoran awal Biaya administrasi per bulan
Tabungan Mandiri Rp500.000 Rp12.500
Tabungan Haji Mandiri Rp100.000 Gratis
Tabungan Rencana Mandiri Rp100.000 Gratis
Tabungan TKI Rp2.500
Tabungan Karyawan & Pelajar (KAPEL) Rp3.000 – Rp12.500
Tabungan Bisnis Mandiri Rp1.000.000 Rp12.500
Tabungan Valas Mandiri US$100 US$1

Suku Bunga Rekening Tabungan Mandiri

Asuransi Pendidikan Terbaik Mandiri

Selain memenuhi syarat buka rekening Mandiri, sebaiknya pertimbangkan suku bunga yang ditawarkan oleh bank Mandiri untuk produk tabungannya. Suku bunganya bergantung pada mata uang yang kita gunakan.

Untuk tabungan rupiah, berikut bunganya berdasarkan saldo tabungan kita.

Saldo Suku bunga
0 – < Rp 1 Juta 0%
Rp 1 Juta – < Rp 50 Juta 0,7%
Rp 50 Juta – < Rp500 Juta 0,85%
Rp 500 Juta – < Rp1 miliar 1,1%
Lebih dari Rp1 miliar 1,9%

Sementara itu, tabungan valas atau dalam mata uang asing memiliki suku bunga yang berbeda. Berikut tabelnya.

Saldo Suku bunga
< USD 100 0%
>= USD 100 – < USD 10.000 0,1%
>= USD 10.000 – < USD 200.000 0,5%
>= USD 200.000  0,5%

Cara dan Syarat Buka Rekening Mandiri

surat pernyataan

Sebagai bagian dari syarat buka rekening Mandiri, pastikanlah bahwa kita sudah memenuhi kriteria calon nasabah bank Mandiri. Secara singkat, berikut kriteria calon nasabah rekening Mandiri.

  • Usia minimal 17 tahun karena sudah memiliki KTP.
  • Menyiapkan dokumen berupa identitas diri KTP dan NPWP.
  • Membawa uang sejumlah saldo minimal yang ditentukan oleh produk tabungan yang dipilih.

Sementara itu, bagi nasabah perusahaan biasanya akan diminta untuk melampirkan surat izin usaha berupa SIUP ataupun TDP.

Selanjutnya, ikuti panduan pembukaan rekening Mandiri berikut ini:

1. Isi formulir buka rekening Mandiri

Datang ke kantor cabang bank Mandiri dan hampiri petugas atau langsung ke bagian formulir pembukaan rekening Mandiri. Isi data diri dengan benar. Selanjutnya, ambil antrian ke meja customer service bank Mandiri.

2. Serahkan dokumen lengkap ke petugas bank Mandiri

Serahkan dokumen lengkap yang sudah kita bawa, mulai dari KTP/Paspor dan NPWP. Jangan lupa untuk fotokopi terlebih dahulu agar proses menjadi lebih cepat.

3. Serahkan setoran awal kepada teller

Petugas bank dalam hal ini akan mengurus pembukaan rekening. Selanjutnya, kita akan diberikan buku tabungan dan kartu debit. Selanjutnya, setorkan dana awal untuk tabungan kita tersebut di bagian teller.

4. Tanda tangan di buku tabungan dan kartu debit

Setelah menerima buku tabungan dan kartu debit, jangan lupa untuk tanda tangan. Petugas bank akan membantu kita menandatangani bukti kepemilikan rekening tersebut.

5. Lanjutkan dengan fasilitas perbankan lain dari bank Mandiri

Pada dasarnya proses pembuatan rekening sudah selesai. Biasanya kita diminta beberapa jam sebelum bisa menggunakan kartu debit di mesin ATM

Meski begitu masih ada fasilitas-fasilitas tambahan untuk mempermudah kita dalam memanfaatkan rekening tabungan pribadi, misalnya fitur e-banking yang meliputi sms banking, mobile banking, internet banking, dan lain-lain.

Keunggulan utama dari memiliki akun e-banking adalah kita bisa melakukan transaksi perbankan menggunakan rekening pribadi secara online. Dengan begitu kita cuma perlu menggunakan ponsel saja dan tidak perlu datang ke gerai ATM.

Kelebihan dan Kekurangan Rekening Mandiri

Dari penjelasan di atas, kita bisa melihat bahwa syarat buka rekening Mandiri cukup mudah. Hanya saja untuk beberapa produk rekening tabungan butuh persyaratan yang lebih banyak. Plus, dana yang harus disetorkan di awal pun cukup besar untuk beberapa tabungan, seperti misalnya tabungan Mandiri maupun tabungan bisnis.

Oya, bagi kita yang mengutamakan produk perbankan syariah, bank Mandiri turut menyediakan produk Tabungan Syariah. Tabungan berbasis konsep islami ini akan menunjang kita yang ingin menyimpan dana, bukan hanya untuk beribadah tetapi berinvestasi juga.

Jadi, jika kita masih bingung memilih-milih jenis tabungan yang cocok, baik untuk kebutuhan personal atau bisnis, coba perhatikan lagi detail mengenai rekening Mandiri di atas.

Tags: ,
Helda Sihombing

Berpengalaman di industri FinTech dan jurnalis media finansial selama 5 tahun. Bercita-cita meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia lewat digital.