8 Usaha Jasa yang Menguntungkan dan Menjanjikan di Indonesia

sukses bisnis ritel

Membuka sebuah usaha memang bisa menjadi solusi efektif ketika kita jenuh akan pekerjaan sebagai pegawai atau cuma sekadar ingin menambah penghasilan.

Namun usaha seperti apa yang cocok untuk kita lakukan dan bisa memberikan banyak keuntungan tanpa harus pusing memikirkan pengelolaannya? Nah, coba saja pertimbangkan memulai usaha jasa.

Usaha jasa adalah sebuah usaha yang menjual maupun menawarkan produk dalam bentuk pelayanan jasa. Karena hanya menjual jasa, tentu kita tidak perlu menyediakan produk dalam bentuk fisik ataupun barang sehingga modal yang dibutuhkan menjadi lebih sedikit.

Jika masih bingung usaha jasa seperti apa yang cocok untuk kita, mungkin salah satu dari sepuluh usaha yang telah Lifepal siapkan ini bisa dijadikan pertimbangan. Mari simak apa saja usaha-usaha jasa tersebut di bawah ini.

1. Jasa Jahit

Tidak Perlu Perancang, Tetapi Langsung ke Tukang Jahit

Usaha jasa pertama yang bisa dilakukan adalah jasa jahit. Jenis usaha ini bisa kita buka di mana saja, namun jika ingin meminimalisasi modal, maka kita bisa membuka usaha ini di rumah.Sehingga modal bisa dialihkan untuk membeli peralatan jahit.

Modal untuk usaha ini tidak hanya peralatan jahit yang lengkap namun juga keahlian dalam menjahit baju dengan model apa pun.

Apabila kita sudah punya keahlian yang mumpuni dan memiliki hasil jahitan yang bagus, maka pelanggan akan datang begitu saja tanpa perlu promosi besar-besaran.

Estimasi modal

Urusan modal tentu menjadi hal yang krusial, berikut adalah estimasi modal yang kita butuhkan untuk membuka usaha jasa jahit.

Peralatan yang Dibutuhkan Biaya
Mesin jahit Rp2,5 juta
Mesin obras Rp900 ribu
Perlengkapan pendukung Rp1,5 juta
Promosi Rp250 ribu
Total Rp5,150 juta

Dengan modal Rp5,150 juta saja, kita sudah bisa membuka usaha jahit yang akan menguntungkan nantinya.

2. Cuci Motor

Daftar Asuransi Motor

Usaha jasa berikutnya yang bisa kita coba adalah jasa cuci motor. Dewasa ini banyak orang yang tidak sempat mencuci motor, dikarenakan pekerjaan yang padat sehingga ketika tiba di rumah, tubuh hanya ingin beristirahat tanpa harus diganggu dengan aktivitas mencuci motor.

Peluang ini tentu tidak boleh kita sia-siakan sebab bisa menjadi usaha dengan lahan yang menguntungkan.

Estimasi modal

Urusan modal tentu menjadi hal yang penting untuk dibahas ketika membangun sebuah usaha, yuk simak estimasi biaya yang dibutuhkan.

Peralatan yang Dibutuhkan Biaya
Mesin Jet Cleaner Steam Motor Rp1 juta
Kompresor angin Rp1,4 ribu
Perlengkapan pendukung Rp2 juta
Promosi Rp300 ribu
Total Rp4,7 juta

Nah, khusus yang ini kita bisa memulai usaha cuci motor hanya dengan modal Rp4,7 juta. Namun, estimasi ini belum termasuk biaya operasional, misalnya upah pekerja, ya.

3. Penatu

usaha jasa

Memiliki tempat tinggal di lingkungan kos-kosan tentu menjadi peluang tersendiri bagi para calon pengusaha. Sebab kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha penatu atau laundry rumahan.Apalagi kalau musim hujan tiba, pastinya pesanan akan lebih melimpah akibat banyak orang yang malas mencuci bajunya sendiri.

Estimasi modal

Meskipun memiliki peluang yang sangat menguntungkan, namun berapa modal utama yang dibutuhkan? Untuk itu, mari simak tabel berikut ini.

Peralatan yang Dibutuhkan Biaya
2 unit mesin cuci dengan pengering Rp5 juta
1 rak baju kayu Rp500 ribu
Perlengkapan pendukung Rp2 juta
Promosi Rp300 ribu
Total Rp7,8 juta

Meskipun modal awal yang dibutuhkan cukup besar, yaitu Rp7.8 juta, namun kita dijanjikan keuntungan yang besar setelah dua hingga tiga bulan usaha beroperasi.

4. Les Privat

Les Privat
zigmaprivate.com

Selain usaha jasa seperti di atas, usaha yang tidak kalah menguntungkan lainnya adalah jasa les privat. Usaha ini tentunya akan memberikan keuntungan yang cukup besar, sebab tuntutan pendidikan yang semakin tinggi sehingga banyak orang tua siswa yang berlomba-lomba memberikan les privat kepada anaknya.

Apalagi jika kita unggul dalam beberapa mata pelajaran, tentu hal ini akan menjadi nilai lebih di mata orang tua untuk menggunakan jasa les privat yang kita miliki.

Estimasi modal

Membuka usaha ini tidak perlu mengkhawatirkan modal, sebab biaya yang dikeluarkan tidak akan sebesar usaha jasa lainnya. Yuk, simak penjelasannya.

Peralatan yang dibutuhkan Biaya
Buku dan alat tulis Rp200 ribu
Perlengkapan pendukung Rp1 juta
Total Rp1,2 juta

Dengan modal yang tidak terlalu besar, yaitu Rp1,2 juta saja kita sudah bisa membuka jasa les privat, lho.

5. Fotokopi

usaha fotokopi

Jika masih bingung mau membuka usaha jasa apa. MUngkin jasa fotokopi adalah jawaban dari segala harapan kita. Jasa fotokopi memang selalu menjadi jasa yang dicari orang-orang terutama mereka yang masih menempuh pendidikan sekolah maupun kuliah.

Apalagi jika tahun ajaran baru tiba, dijamin usaha fotokopi pasti laris.

Estimasi modal

Modal membuka usaha ini memang akan sedikit lebih besar, namun jika dijalankan secara serius dan konsisten tentu keuntungan akan segera didapat. Untuk lebih jelasnya, yuk simak estimasi biaya berikut.

Peralatan yang Dibutuhkan Biaya
Sewa 2 mesin fotokopi Rp3 juta
Perlengkapan pendukung Rp3 juta
Total Rp6 juta

Dengan modal awal Rp6 juta kita sudah bisa membuka usaha fotokopi. Agar keuntungan membuka usaha fotokopi cepat datang, kita juga bisa menjual berbagai macam ATK sebagai produk dagangan tambahan.

6. Servis Ponsel

usaha servis ponsel

Tidak semua orang mampu memiliki kemampuan memperbaiki perangkat ponsel yang rusak, sebab diperlukan pengetahuan yang cukup bisa melakukannya.

Nah, karena itu jika kita memiliki kemampuan tersebut maka janganlah disia-siakan. Mulailah dengan tidak memberikan bantuan membenarkan ponsel secara cuma-cuma ke kerabat maupun teman. Bebankan sedikit biaya agar mereka tahu bahwa usaha tersebut merupakan bisnis yang sedang kita jalani.

Dengan begitu, perlahan-lahan usaha tersebut akan memiliki banyak pelanggan dan pesanan untuk membenarkan ponsel pun akan sering berdatangan.

Estimasi biaya

Sayangnya membuka usaha jasa satu ini tidak membutuhkan modal yang sedikit, berikut adalah estimasi biayanya.

Peralatan yang Dibutuhkan Biaya
Peralatan reparasi Rp3 juta
Bahan baku dan aksesoris Rp2 juta
Meja display Rp2 juta
Total Rp7 juta

Dengan modal awal Rp7 juta kita sudah bisa membuka usaha servis ponsel. Pastikan untuk selalu konsisten dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan yang melakukan servis ponsel, ya.

7. Fotografer

usaha fotografer

Jago membidik gambar, pastinya jangan cuma dijadikan hobi saja namun mulailah jadikan sebagai peluang usaha. Jika berminat membuka usaha jasa fotografer, maka ada beberapa bentuk bisnis yang bisa diajukan, yaitu:

  • Membuka studio dan cetak foto.
  • Mendirikan usaha foto box.
  • Menjalin kerja sama dengan wedding/event organizer.

Estimasi modal

Selain memiliki kemampuan dalam fotografi, membentuk tim, maka modal adalah hal yang krusial untuk ditentukan. Berikut ini adalah estimasi modal yang akan kita keluarkan untuk membuka usaha ini.

Peralatan yang Dibutuhkan Biaya
Kamera DSLR dan lensa tambahan Rp8 juta
Lampu Blitz, Tripod, dan payung Rp3 juta
Promosi Rp1 juta
Total Rp12 juta

Maka modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha fotografi adalah Rp12 juta. Meskipun modal yang dibutuhkan cukup besar, namun keuntungan yang akan diraih pun berpotensi besar juga.

8. Pangkas Rambut

usaha pangkas rambut

Usaha jasa pangkas rambut merupakan usaha yang memiliki prospek menjanjikan. Jika kita punya keahlian memangkas rambut, tidak ada salahnya untuk membuka usaha jenis ini. Meskipun terkesan sebagai usaha kecil-kecilan, namun jika serius dan didukung oleh manajemen yang baik, maka usaha ini pun akan berkembang dan maju.

Estimasi modal

Urusan modal tentu menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, berikut adalah estimasi modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha pangkas rambut.

Peralatan yang Dibutuhkan Biaya
Alat potong rambut Rp1,5 juta
Kursi pangkas dan kaca Rp3 ribu
Perlengkapan pendukung Rp1,5 juta
Promosi Rp250 ribu
Total Rp6,250 juta

Maka, dengan modal Rp6,250 juta, kita sudah bisa membuka usaha pangkas rambut yang akan memberikan kita banyak keuntungan nantinya.

Nah, itulah beberapa usaha jasa beserta estimasi modal yang bisa kita pertimbangkan. Di awal masa perintisan, mungkin kita  tidak akan mendapatkan keuntungan yang besar, namun jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka keuntungan pun akan datang seiring waktu. 

Namun, alangkah lebih baik jika kita didukung oleh informasi kiat-kiat merintis usaha sampingan yang ideal sebagai modal tambahan, bukan?

Untuk mendapatkan inspirasi dari skala usaha yang berbeda, kita bisa mencoba usaha rumahan atau peluang bisnis lainnya yang bisa ditemukan di Lifepal. Semoga berhasil, ya!