Menelaah Fungsi serta Manfaat Visi dan Misi

Visi dan misi adalah konsep perencanaan tentang bagaimana menjalani perencanaan tersebut untuk mencapai tujuan yang diharapkan dalam waktu tertentu. Semua jenis organisasi wajib memilikinya loh, sebagai pedoman untuk menjalankan kegiatan organisasi. 

Konsep perencanaan tersebut perlu ditekankan dalam rangkaian tulisan agar masing-masing peserta organisasi dan orang di luarnya dapat memahami tujuan pendirian organisasi. Berikut ini adalah rangkaian informasi tentang pengertian, manfaat, dan serta contoh visi dan misi dalam sebuah organisasi.

Memahami Pengertian Visi dan Misi

Visi dan misi bagaikan pasangan yang sulit dipisahkan dalam merancang masa depan organisasi ke depan. Kendati begitu, masing-masing memiliki makna yang berbeda. Mari kita telaah satu-persatu.

1. Pengertian visi

Visi adalah gambaran akan hal yang ingin dicapai di masa depan dan merupakan tujuan dari pengembangan sebuah organisasi. Visi juga bisa dibilang buah pikiran para pendiri akan masa depan dari organisasi yang didirikannya.

Untuk membuat visi, terdapat syarat-syarat yang perlu dipenuhi. Pertama, harus berorientasi pada masa depan. Kedua, visi harus berupa perwujudan kreativitas. Ketiga, isinya tidak berdasarkan pada kondisi saat ini. Keempat, harus menuangkan prinsip dan nilai yang mengandung penghargaan kepada masyarakat. 

2. Pengertian misi

Meski mirip, misi memiliki definisi yang sedikit berbeda dengan visi. Misi adalah langkah yang harus dilakukan untuk mewujudkan harapan yang terkandung dalam visi. Bisa dibilang, misi merupakan pedoman dan arahan agar organisasi dapat mencapai visinya. 

Perbedaan Visi dan Misi

Sudah dijelaskan tentang masing-masing pengertian visi dan misi. Namun, mungkin perbedaannya masih belum terlihat dengan jelas, ya? Oleh karena itu, Lifepal berusaha merinci secara lebih detail perbedaan visi dan misi. Simak perbedaannya berdasarkan aspek-aspek berikut.

1. Definisi

Visi adalah tujuan dan cita-cita utama dari sebuah organisasi yang ingin dicapai di masa depan. Sementara itu, misi adalah penjabaran dari strategi, tindakan, dan tahapan dalam usaha mencapai sebuah visi. 

2. Tujuan

Visi menyasar tujuan jangka panjang dan orientasi pada masa depan, sedangkan misi lebih menyasar tujuan jangka pendek dan berorientasi pada masa saat ini. 

3. Sifat

Visi bersifat permanen dan berkaitan dengan kredibilitas suatu organisasi. Sementara itu, misi dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi (bila misi yang lama sudah tercapai, bisa diubah menjadi misi yang baru), namun tetap harus mengacu pada visi.

4. Gaya bahasa

Umumnya, visi dibuat dengan gaya singkat, padat, dan jelas, serta mewakili keseluruhan. Sementara itu, misi dibuat dengan kalimat yang lebih panjang dan dijabarkan lebih panjang dan jelas daripada visi. 

5. Konten

Visi mengandung konten pernyataan yang bersifat umum, sedangkan misi berisi pernyataan yang sifatnya khusus dan terperinci. 

Manfaat Menerapkan Suatu Visi dan Misi

Visi dan misi adalah poin penting dalam organisasi. Selain menggambarkan tujuan organisasi, visi dan misi juga merancang langkah-langkah paduan untuk para anggota agar tidak keluar dari jalur. Berikut ini adalah manfaat visi dan misi secara lebih rinci. 

1. Alasan di balik visi

Visi sebagai tujuan akhir sebuah organisasi menjadi media untuk menjembatani kondisi organisasi saat ini dan di masa depan. Selain itu, visi diharapkan bisa meningkatkan standar kerja yang lebih baik dan menumbuhkan rasa memiliki terhadap organisasi. Dengan adanya visi, peserta organisasi diharapkan memiliki  etos kerja dan tanggung jawab yang lebih besar untuk bekerja.

2. Alasan di balik misi

Misi mengandung banyak manfaat, di antaranya:

  • Membantu peserta organisasi dalam mengambil keputusan yang berdasarkan visi organisasi.
  • Membantu untuk mendefinisi tujuan organisasi.
  • Menciptakan kondisi organisasi yang sehat (karena berpatokan pada misi).
  • Menjadi pedoman untuk menyusun rencana bisnis bagi tim manajemen.
  • Menerjemahkan tujuan dasar organisasi, sehingga waktu, biaya, dan kinerja dapat dikontrol dan dievaluasi.

Contoh Penerapan Visi dan Misi Organisasi

Setelah mengetahui definisi dan manfaatnya, perhatikan contoh visi dan misi berbagai organisasi terkemuka berikut.

1. Contoh visi dan misi Universitas Padjadjaran

Visi Misi
Menjadi Universitas Unggul Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Kelas Dunia.
  • Menyelenggarakan pendidikan (pengajaran, penelitian, dan pengembangan ilmu pengetahuan serta pengabdian kepada masyarakat), yang mampu memenuhi tuntutan masyarakat pengguna jasa pendidikan tinggi.
  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berdaya saing internasional dan relevan dengan tuntutan pengguna jasa pendidikan dalam memajukan perkembangan intelektual dan kesejahteraan masyarakat.
  • Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan yang profesional dan akuntabel untuk meningkatkan citra perguruan tinggi.
  • Membentuk insan akademik yang menjunjung tinggi keluhuran budaya lokal, dan budaya nasional dalam keragaman budaya dunia.

2. Contoh visi dan misi Jasa Marga

Visi Misi
Menjadi Perusahaan Jalan Tol Nasional Terbesar, Tepercaya, dan Be​​rkesinambungan.
  • Memimpin usaha jalan tol di seluruh rantai nilai secara profesional.
  • Mengoptimalkan pengembangan kawasan untuk kemajuan masyarakat.
  • Meningkatkan nilai bagi pemegang saham.
  • ​Meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pelayanan prima.
  • Mendorong pengembangan dan peningkatan kinerja karyawan dalam lingkungan yang harmoni.

3. Contoh visi dan misi Kementerian Keuangan

Visi Misi
Menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi Indonesia yang produktif, kompetitif, inklusif, dan berkeadilan di abad ke-21.
  • Mencapai tingkat pendapatan negara yang tinggi melalui pelayanan prima serta pengawasan dan penegakan hukum yang efektif.
  • Menerapkan kebijakan fiskal yang responsif dan berkelanjutan.
  • Mengelola neraca keuangan pusat yang inovatif dengan risiko minimum.
  • Memastikan belanja negara yang berkeadilan, efektif, efisien, dan produktif.
  • Mengembangkan proses bisnis inti berbasis digital dan pengelolaan Sumber Daya Manusia yang adaptif sesuai kemajuan teknologi.

4. Contoh visi dan misi bank BNI

Visi Misi
Menjadi Lembaga Keuangan yang Unggul dalam Layanan dan Kinerja.
  • Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada seluruh nasabah, dan selaku mitra pilihan utama.
  • Meningkatkan nilai investasi yang unggul bagi investor.
  • Menciptakan kondisi terbaik bagi karyawan sebagai tempat kebanggaan untuk berkarya dan berprestasi.
  • Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab kepada lingkungan dan komunitas.
  • Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik.

Begitulah pentingnya menyusun visi misi dalam organisasi. Jangan lupa terapkan di organisasi masing-masing, ya!

Nah, ada kabar baik bagi kita yang masih baru dalam memulai usaha dan membutuhkan bantuan menentukan visi serta visi. Lifepal Bisnis hadir untuk memberikan konsultasi manajemen berbisnis terlepas dari apa pun skala bisnis yang kita miliki.

Yuk, kunjungi Lifepal Bisnis sekarang!