Pahami Penerapan Zakat Mal dan Persyaratannya

Pengertian Zakat Mal

Zakat mal atau dikenal juga dengan zakat harta adalah zakat atas harta seorang muslim saat mencapai jumlah dan waktu tertentu.

Besarannya adalah 2,5% dari harta yang sudah mencapai atau melebihi nisab. Zakat mal terdiri atas zakat harta simpanan, zakat hasil pertambangan, zakat hasil pertanian, zakat hasil perniagaan atau perdagangan, zakat atas penghasilan atau profesi yang dijalani, zakat hasil ternak. dan bentuk harta lainnya.

Syarat dan Ketentuan Zakat Mal

Syarat dan Ketentuan Zakat Mal

Terdapat beberapa syarat atas seseorang untuk mengeluarkan zakat dan atas harta untuk dikeluarkan sebagai zakat mal. 

    1. Beragama Islam.
    2. Merdeka.
    3. Baligh dan berakal.
    4. Harta yang dimiliki sudah mencapai nisab. 
    5. Masa kepemilikan harta tersebut telah melampaui satu tahun (haul) atas ternak, simpanan, dan perniagaan. Terkecuali adalah harta pertanian, perkebunan, dan harta temuan (rikaz).
    6. Harta bersangkutan bukan untuk memenuhi kebutuhan dasar (sandang, pangan, dan papan).

Nisab

Nisab
dinamikajambi.com

Secara sederhana, pengertian nisab adalah jumlah atau batas terendah kepemilikan harta seseorang selama satu tahun yang menjadi rujukan bahwa harta tersebut wajib atau terkena kewajiban untuk dikeluarkan zakatnya.

Nisab harta berbeda-beda tergantung harta benda yang dimiliki. Sebagai penjelasan lebih lanjut, Anda bisa memperhatikan tabel nisab di bawah ini.

No Harta Benda Nisab Zakat
1 Emas 85 gram  2.5%
2 Perak 595 gram 2.5%
3 Perdagangan Setara 85 gram emas 2.5%
4 Pertanian
Irigasi sendiri 653 kilogram beras 5%
Tadah hujan 653 kilogram beras 10%
5 Binatang Ternak
Kambing/Domba 40 ekor 1 ekor kambing
120 ekor 2 ekor kambing
200-300 ekor 3 ekor kambing
>300 ekor Setiap kelipatan 100 ekor, zakatnya 1 ekor kambing
Sapi 30 ekor 1 ekor sapi usia 1 tahun (jantan/betina)
40-59 ekor 1 ekor sapi betina usia 2 tahun
60 ekor 2 ekor sapi usia 1 tahun
70 ekor 1 ekor sapi jantan usia 1 tahun dan 1 ekor sapi betina usia 2 tahun
80 ekor 2 ekor sapi betina usia 2 tahun
90 ekor 3 ekor sapi jantan usia 1 tahun
10 ekor 2 ekor sapi jantan usia 1 tahun dan 1 ekor betina usia 2 tahun
Unta 5 ekor 1 ekor unta

Cara Perhitungan Zakat Mal

Cara Perhitungan Zakat Mal

Perhitungan zakat mal bisa dicontohkan dalam kasus berikut ini. Jika Anda memiliki emas seberat 90 gram dan kepemilikannya sudah selama satu tahun lebih, maka perhitungan zakatnya adalah memperhitungkan harga emas saat ini.

Harga emas 1 gram saat ini sekitar Rp630.000 per gram. Nilai uang atas emas yang dimiliki berarti 90 gram x Rp630 ribu = Rp56,7 juta. Maka, besaran zakat mal yang sebaiknya dikeluarkan sebesar 2.5% x Rp56.700.000 = Rp1.417.500.

Maka, estimasi zakat yang harus dibayarkan atas emas 90 gram adalah sebesar Rp1.417.500 per tahun.

Perhitungan zakat saat ini menjadi lebih mudah karena sudah cukup banyak lembaga yang memberikan layanan kalkulator zakat sehingga masyarakat bisa menghitung kisaran zakat yang harus dikeluarkan dari harta yang dimilikinya.

Setiap harta yang dimiliki terdapat hak orang lain, maka hak tersebut perlu dikeluarkan dalam bentuk zakat, sedekah, infaq dan sebagainya. Zakat juga merupakan salah satu sarana atau jalan untuk mensucikan harta. Secara sosial, zakat digunakan untuk kesejahteraan masyarakat yang tidak mampu agar bisa hidup mandiri.

Zakat dapat membantu fakir miskin untuk bisa hidup lebih produktif. Diharapkan melalui penerimaan zakat, mereka bisa gunakan untuk berusaha dan membantu sesamanya dan terus-menerus memberi kebaikan bagi orang-orang di sekitarnya. 

Pengenaan zakat mal atau zakat harta diprioritaskan kepada jenis harta/aset yang mengendap dan nilai ekonominya berpotensi berkembang. Terdapat macam-macam zakat lainnya yang seorang muslim perlu ketahui agar tidak terlewat dalam mengeluarkan zakatnya. Semoga bermanfaat.