10 Buah Eksotis Indonesia dan Manfaatnya bagi Kesehatan dan Kecantikan

buah eksotis Indonesia

Pasti kita-kita enggak ada yang meragukan manfaat buah untuk kesehatan. Banyak ahli nutrisi ingatkan mengkonsumsi buah menjadi cara memenuhi kebutuhan akan serat dan vitamin. Bahkan buah juga berkhasiat mencegah penyakit yang merongrong tubuh.

 

Terus, buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang mudah diserap dalam sistem pencernaan manusia, sehingga bermanfaat sebagai penangkal terhadap timbulnya penyakit akibat kekurangan vitamin atau mineral.

 

Sebut saja, misalnya:

– penyakit radang sendi yang disebabkan kekurangan magnesium (Mg),

– sebagian penyakit radang disebabkan oleh kekurangan unsur tembaga (Cu),

– rambut rontok akibat kekurangan unsur seng (Zn)

– atau anemia akibat ketidakseimbangan antara unsur besi (Fe), tembaga (Cu) dan seng (Zn).

 

Di samping itu, aneka buah juga mengandung unsur warna yang dapat mencegah oksidasi (antioksidan) dan timbulnya kanker, membangkitkan sistem kekebalan tubuh, serta membunuh bakteri dan sejumlah virus.

 

Alhasil, mengonsumsi buah secara alami menjadi cara paling tepat untuk menghasilkan keseimbangan tubuh dan menghindari kekurangan vitamin dan mineral. Selain itu, dipandang sebagai pelindung paling efektif dari hal yang membahayakan kesehatan.

 

Dan beruntunglah kita yang tinggal di Indonesia di mana aneka buah tersedia sepanjang tahun. Meski banyak buah-buahan impor yang membanjiri pasar, sebenarnya negeri kita punya banyak buah yang khas.

 

Berikut ini 10 buah eksotis Indonesia yang perlu kita banggakan

 

1.Manggis

Sudah banyak produk olahan manggis
Sudah banyak produk olahan manggis

 

Hmm, mommies pasti tahu dong nikmatnya daging buah manggis yang berwarna putih? Buah yang juga punya sebutan manggu (Jawa Barat), Manggus (Lampung), Manggusto (Sulawesi Utara), Manggista (Sumatera Barat) ini berasal dari pohon yang tumbuh di belantara hutan tropis Indonesia.

 

Manggis adalah buah yang kaya akan manfaat kesehatan. Ini detail kandungan tiap gram manggis.

 

-Air 79,2 gram

-Protein 0,5 gram

-Karbohidrat 19,8 gram

-Serat 0,3 gram

-Kalsium 11 gram

-Vitamin A 14 IU

-Vitamin C 66 miligram

 

Manggis juga dipercaya memelihara kesehatan ginjal mengingat buah ini mengandung cukup banyak zat yang menghasilkan cryptoxanthin sebagai antioksidan bagi tubuh. Zat itulah yang bermanfaat bagi ginjal karena membantu tubuh terlindung dari radikal bebas.

 

Mantap kan khasiat manggis, mommies? Tapi ingat, jangan sampai buahnya kena baju ya, karena pasti akan susah sekali untuk dibersihkan.

 

2.Salak

Buah yang suka disebut kulit ular. Hayo kenapa
Buah yang suka disebut kulit ular. Hayo kenapa

 

Orang bule menyebutnya snake fruit karena kulitnya yang bersisik. Kalau tak percaya coba saja buka YouTube di mana banyak orang asing yang terkagum-kagum dengan salak.

 

Buah eksotis ini asli dari Indonesia. Bahkan salah satu variannya, salak condet, jadi identitas Kota Jakarta. Saat mencapai kematangan, rasanya salak condet manis dan dagingnya empuk.

 

Selain dagingnya, biji salak ternyata bisa diolah menjadi kopi lho! Lihat saja petani di Kota Pagaralam yang mengembangkan biji salak menjadi kopi.

 

Selain nikmat, kopi dari biji salak ini dipercaya berkhasiat bagi kesehatan. Sebut saja darah tinggi, asam lambung, jantung, kolesterol dan lain sebagainya.

 

Lalu bagaimana dengan dagingnya sendiri? Ya pasti mengandung banyak vitamin dan zat gizi. Rinciannya:

 

– Vitamin C 19,63 mg per 100 gr

– Kadar gula reduksi sebesar 21,72 persen

– Kadar asam adalah 4,93 mg per 100 gr, dengan rasio gula asam adalah 3,93 mg.

 

3. Rambutan

 

Ini buah musiman cuma setahun sekali berbuahnya.
Ini buah musiman cuma setahun sekali berbuahnya.

 

Satu lagi buah yang eksotis di mata orang bule! Eksotisnya dilihat dari bentuknya di mana di sekujur kulit ditumbuhi rambutan.

 

Jadi jangan heran kalau dinamai rambutan. Variannya pun banyak, yaitu Rambutan Rapiah, Rambutan Aceh Lebak Bulus, Rambutan Cimacan, Rambutan Binjai, and Rambutan Sinyonya.

 

Rasa buahnya lezat, manis, segar dan rendah lemak. Terus kandungan serat pada rambutan juga cukup baik bagi yang mau menyusutkan berat badan. Sebagian besar kalori rambutan berasal dari karbohidrat.

 

Dari studi yang dilakukan menunjukkan rambutan memiliki manfaat kesehatan serta gizi yang serupa dengan jeruk dan apel. Mau tahu senyawa apa saja di rambutan?

-Vitamin C

-Zat besi

-Fosfor

-Protein

-Karbohirat

 

Institute of Medicine merekomendasikan 130 gram rambutan untuk konsumsi harian.

 

Lantaran kaya akan zat besi, maka rambutan bermanfaat dalam mengontrol kadar oksigen dalam tubuh. Zat besi di rambutan turut mencegah kelelahan dan pusing yang disebabkan oleh anemia.

 

Lagi pula daging rambutan memenuhi 4,3 persen dari kebutuhan fosfor harian untuk tubuh. Fosfor berguna untuk membantu menyaring limbah dari dalam ginjal, serta diperlukan untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan jaringan sel tubuh.

 

Oh ya, Studi University of Chiang Mai di Thailand menemukan buah, biji dan kulit rambutan mengandung antioksidan kuat yang disebut flavonoid. Senyawa ini diyakini mampu mengurangi kolesterol, bersifat anti kanker dan anti inflamasi.

 

4. Belimbing

Bentuknya khas banget dan kaya akan air.
Bentuknya khas banget dan kaya akan air.

 

Belimbing adalah buah yang banyak mengandung air. Buah ini banyak disukai karena rasanya yang segar dan manis. Orang sering menyebut rasa belimbing sebagai penggabungan pepaya, jeruk, dan anggur.

 

Terus buah ini juga punya julukan Starfruit karena bentuknya mirip bintang jika dibelah.

 

Jangan sepelekan khasiat Belimbing. Buah ini sumber vitamin A dan C yang berperan sebagai antioksidan yang tangguh dalam memerangi radikal bebas. Di samping itu juga sumber kalori, protein, lemak, karbohidrat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1, serat, dan air.

 

Lagi pula belimbing mengandung serat yang baik sehingga dapat membantu melancarkan proses pencernaan, mengandung kadar kalium tinggi, serta natrium yang rendah sebagai obat hipertensi.

 

Bagi yang bermasalah dengan kolesterolnya, belimbing jadi solusinya. Buah ini terkenal sanggup menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.Tambahan lagi, belimbing juga berguna mencegah timbulnya penyakit hepatitis.

 

Manfaat lainnya membantu mencegah penyebaran sel-sel kanker, meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindari sariawan. Kandungan pektin di dinding belimbing berperan  dalam mengikat kolesterol dan asam empedu yang terdapat dalam usus serta membantu pengeluarannya.

 

5. Cempedak

Mirip banget sama nangka tapi lebih imut
Mirip banget sama nangka tapi lebih imut

 

Aroma cempedak hampir menyerupai nangka atau durian yang begitu menyengat dan wangi. Terus buah dan bijinya cukup banyak getah.

 

Buah yang punya nama latin artocarpus champeden ini tumbuh dari pohon yang tingginya bisa mencapai 20 meter.

 

Buah ini bisa dimakan dalam keadaan segar atau diolah dengan menggorengnya dengan tepung. Bahkan bisa dijadikan kolak dengan menambahkan santan dan gula, dibuat menjadi manisan yang dikeringkan (daging buahnya) dan lain sebagainya.

 

Cempedak yang punya sebutan nongko cino (Jawa) atau tiwadak (banjar) ini bermanfaat untuk saluran pencernaan karena tingginya kadar serat.

 

Selain itu kandungan vitaminnya A tinggi sehingga bisa membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin C-nya juga banyak yang membantu tubuh sebagai kekebalan alami dari segala penyakit.

 

Terakhir, mengkonsumsi cempedak memberikan rasa kenyang. Cocok nih yang lagi berniat melangsingkan tubuh. Kandungan nutrisinya cukup memberi rasa kenyang sekaligus tubuh jadi singset.

 

6. Jambu air

Kalau ngerujak hukumnya wajib ada ini buah.
Kalau ngerujak hukumnya wajib ada ini buah.

 

Jambu air banyak dihasilkan pohonan tropis yang tumbuh di Indonesia. Buahnya mirip bel yang warnanya tergantung dari jenis buahnya. Ada yang hijau, merah, dan keputihan. Biasanya jambu air merah paling manis dibanding saudara-saudaranya.

 

Kebanyakan buah ini dimakan dengan bumbu rujak biar berasa lebih segar karena banyak kandungan air. Apalagi pas cuaca terik bikin makin asyik menyantapnya.

 

Jambu ini memiliki banyak khasiat bagi tubuh juga lho, khususnya berhubungan dengan kecantikan kulit. Cukup konsumsi jambu air membantu banget kulit terlihat segar dan tak kering.

 

Kesehatan kulit makin terjaga karena jambu air juga mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan.

 

Buat kaum hawa, biasanya paling takut sama kerutan di kulit kan? Nah, buah ini dapat memperlambat pertumbuhan keriput loh! Soalnya, buah ini punya vitamin C yang mengandung banyak kolagen.

 

Gak tahu kolagen itu apa? Kolagen ini adalah zat yang bertanggung jawab dalam proses regenerasi kulit. Sifatnya mengikat jaringan kulit antara satu dengan lainnya. Alhasil, kulit nampak elastis dan kencang

 

7. Durian

Ini buah terkenal banget sampai ada festivalnya segala.
Ini buah terkenal banget sampai ada festivalnya segala.

 

Buah khas Indonesia ini kaya akan potasium yang menyehatkan tulang. Kandungan zat seng menyeimbangkan kadar gula darah. Sedangkan vitamin C-nya membantu memproduksi zat kalogen yang berguna bagi kulit, tulang, jaringan sendi, dan pembuluh darah.

 

Berbahagialah yang suka makan durian, khususnya perempuan. Buah yang disebut King of Fruit ini berkhasiat cegah penuaan dini. Terus ikutan memperlambat kerutan di kelopak mata.

 

Yang tak kalah penting, durian bisa perangi jerawat dan membuat kulit mulus. Gampang kok mengolah durian buat kecantikan. Jadikan saja buahnya sebagai masker wajah dengan campurkan dua sendok madu. Lalu oleskan deh secara merata ke wajah. Cuma jangan sampai bikin suami emoh cium gara-gara baunya ya.

 

8. Duku

Enak dagingnya, pahit bijinya
Enak dagingnya, pahit bijinya

 

Secara umum, duku oke banget untuk sistem pencernaan tubuh. So, makan duku bisa bilang bye-bye sama sembelit.

 

Camkan juga ya, duku mengandung fosfor yang menguatkan tulang dan gigi yang pada akhirnya terhindar dari osteoporosis saat memasuki usia lanjut.

 

Lagian kandungan vitamin C yang tinggi dapat mengontrol kadar kolesterol. Sel darah merah pun bisa ikut disegarkan mengingat buah ini ada zat besinya. Sel darah merah yang banyak bisa jauhkan diri dari anemia. Itu tuh yang bikin bodi jadi lesu dan lemah tak berdaya.

Duku juga oke banget manfaatnya terhadap kecantikan. Buah ini mengaktifkan senyawa carnitine yang perannya itu dalam pembakaran lemak di tubuh. Jadi, efektif banget yang lagi program susutkan bodi.

 

Terakhir, bagi yang ingin kelihatan muda, perbanyak makan duku. Buah yang disebut khas Palembang ini punya peran vital dalam memperlambat penuaan dini dan melindungi kesehatan kulit.

 

9. Matoa

Jangan lupa jadikan matoa buah tangan ketika ke Papua.
Jangan lupa jadikan matoa buah tangan ketika ke Papua.

 

Matoa adalah buah yang tumbuh di daratan Papua. Rasanya segar dan layaknya mengkonsumsi campuran buah rambutan dan lengkeng. Buah yang punya nama Latin Pometia pinnata biasanya jadi buah tangan berkunjung ke Papua.

 

Buah matoa berkulit buah relatif tebal dan keras sehingga dapat tahan lama disimpan sampai sepekan tanpa pengawetan selama suhunya di bawah 10 derajat celcius.

 

Buah ini kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas. Inilah kenapa matoa bermanfaat untuk kekebalan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

 

Nilai plusnya lagi, makan buah ini juga berguna meningkatkan kesuburan. Nah, ingat-ingat deh yang ingin buru-buru punya momongan, makan matoa jadi cara berusaha biar hamil.

 

Matoa juga jadi cara berikhtiar dapat pujian suami lho. Kandungan vitamin E yang tinggi bisa bikin kulit sehat, kelembabannya seimbang, plus elastisitas kulit terjaga. Sel-sel tubuh juga cepat regenerasinya berkat vitamin E.

 

10. Pisang

 

Andalan yang lagi diet nih karena mengenyangkan.
Andalan yang lagi diet nih karena mengenyangkan.

 

Buah yang banyak varian dan jenisnya ini kerap diolah menjadi berbagai panganan. Bisa digoreng, rebus, sampai dimakan dalam kondisi segar.

 

Pisang diakui mengandung gizi yang baik. Bahkan dibanding buah yang lain, pisang menyediakan energi yang cukup tinggi. Sebut saja vitamin C, Vitamin B Kompleks, dan serotin. Pisang juga kaya akan mineral seperti:

– Kalium

– Magnesium

– Fosfor

– Besi

– Kalsium

 

Bagi kaum hawa, pisang juga dikenal sebagai formula penting bagi kecantikan. Pasalnya, kandungan mineral dalam pisang sangat baik digunakan dalam perawatan wajah. Banyak yang menggunakan pisang sebagai masker wajah. Lagi pula cara ini juga dinilai efektif mengusir jerawat.

 

Pisang juga bisa menghilangkan bekas luka hanya dengan menggosokan pisang di bagian bermasalah. selain itu kulit pisang juga bermanfaat melenyapkan kutil di kulit.

 

 

Itulah manfaat buah terhadap kesehatan tubuh dan kecantikan. Maka itu banyak pakar nutrisi yang menganjurkan agar mengkonsumsi buah secara rutin.

 

Meski begitu tetap diperhatikan tak semua orang cocok dengan buah. Ada buah-buah tertentu yang harus dihindari.

 

Bisa karena sedang masa pengobatan maupun penyembuhan. Bahkan ada yang perlu menjaga jarak dengan buah tertentu seperti durian karena berisiko terhadap tekanan darah tinggi.

 

 

 

Image credit:

  • http://www.facetofeet.com/files/Skincare/Obat-Herbal-Untuk-Kanker-Yang-Ampuh.jpg
  • http://www.almrsal.com/wp-content/uploads/2015/01/Salak.jpg
  • http://toucanfruit.com/boutique/wp-content/uploads/2013/03/rambutan1.jpg
  • http://cdn.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2012/07/16/67958/540×270/5-fakta-penting-di-balik-khasiat-belimbing-rev-1.jpg
  • http://www.harianlampung.co.id/wp-content/uploads/2014/12/7-Khasiat-dan-Manfaat-Buah-Cempedak-Bagi-Kesehatan1.jpg
  • http://tokobibitonline.com/wp-content/uploads/2014/06/Jambu_Air_Citra_4f3b885493b9e.jpg
  • http://organicsfs.com/wp-content/uploads/2014/09/durianpix1.png
  • http://static.ciputraentrepreneurship.com/thumbs/stories/thumbs/matoa_fruit.jpg
  • http://www.idzsn.com/wp-content/uploads/2014/11/Buah-Pisang.jpg
  •  http://panera.cdn.ansideng.com/dynamic/article/2014/06/04/1941/RWr70bsQsX.jpg?w=630