Banyak cara mengambil hati atasan yang bisa kamu lakukan. Tujuannya adalah tentu untuk membuat mereka senang dan kamu dapat promosi kenaikan pangkat atau gaji.
Cara-cara yang bisa kamu lakukan gak perlu harus memukau semua orang kok. Cukup lakukan hal-hal sederhana saja misal mengucapkan terimakasih atau bekerja secara detail.
Langsung saja, berikut ini 10 cara mengambil hati atasan di kantor dengan sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan, dilansir dari Business Insider. Dijamin deh, bosmu bakal senang sama kamu dan kariermu bakal moncer!
1. Pintar mengelola segala urusan
Cara mengambil hati atasan yang pertama adalah kamu harus jadi karyawan yang pintar mengelola segala urusan dengan rapi.
Banyak karyawan yang tidak rapi dalam mengelola setiap urusannya. Misalnya pekerjaan ini tidak selesai tepat waktu, atau banyak berkas-berkas penting yang belum dikumpulkan, dan masih banyak lagi.
Nah seorang atasan itu paling senang kalau bawahannya bisa mengelola semuanya dengan baik. Jadi saat dimintai laporan, laporan datang dengan struktur yang bagus, jelas dan tepat waktu.
2. Cobalah menyelesaikan masalah sendiri
Atasan sangat menyukai karyawan yang memiliki kemampuan di dalam menyelesaikan masalahnya sendiri. Oleh sebabnya, kalau kamu ingin atasan kamu senang, cobalah untuk bersikap lebih kreatif dalam menghadapi setiap masalah kerjaan.
Tapi, seandainya gak bisa diselesaikan, mintalah bantuan timmu dan informasikan di setiap meeting.
3. Memiliki tujuan
Contoh karyawan yang menonjol dan mudah disukai oleh atasan adalah karyawan yang memiliki tujuan, bukan sekadar mengikuti tujuan atasan. Artinya, selain membantu mencapai tujuan atasan, mereka juga bersungguh-sungguh untuk memenuhi target sasarannya sendiri.
4. Tunjukkan kelebihanmu ke perusahaan
Gak perlu cari muka dengan berlaku sok-sok baik di depan atasan jika mau mendapatkan promosi kenaikan jabatan. Cukup tunjukkan saja kemampuanmu dengan menyelesaikan setiap tugas yang diberikan.
Berikan kelebihan yang ada di diri kamu ke perusahaan, seperti contohnya, mampu menyelesaikan masalah, mampu beradaptasi dengan semua jenis masalah, dan memiliki kerja tim yang apik.
5. Memperhatikan setiap detail pekerjaan
Dalam dunia kerja setiap kesalahan teknis kecil saja bisa mempengaruhi seluruh kegiatan bisnis lainnya. Oleh sebabnya, atasan sangat senang apabila karyawannya memiliki perhatian yang khusus bahkan sampai ke hal-hal terkecilnya.
6. Sesuaikan gaya berkomunikasi kamu dengan atasan
Selanjutnya adalah, menyesuaikan gaya berkomunikasi kamu dengan atasan. Dalam sebuah artikel di Harvard Business Review menyebutkan untuk memuluskan segala pekerjaan kamu harus ketahui dulu atasan kamu lebih suka berkomunikasi dengan apa dan media apa.
Misalnya dia lebih senang berkomunikasi tatap muka, maka kamu harus sering-sering berdiskusi langsung dengan dia. Atau dia lebih senang dengan aplikasi WA, ya gak ada salahnya untuk berkomunikasi lewat ponsel pintar.
Atasan kamu bakalan senang kalau kamu mengerti gaya komunikasi mereka.
7. Selalu ucapkan terimakasih
Selalu mengucapkan terima kasih setiap kali berbicara dengan atasan, dapat membuat hubungan kamu dengan atasan semakin akrab dan hangat. Ucapkan terima kasihmu di setiap kesempatan, termasuk saat mendapatkan penilaian negatif.
8. Minta nasihat
Penelitian dari Harvard Business School menyebutkan kalau meminta nasihat ke atasan gak bakal membuat kamu terlihat bodoh kok. Justru sebaliknya, kamu jadi lebih terlihat berkompeten dan terlihat bekerja sungguh-sungguh di mata atasan.
Sering-sering meminta saran juga mampu meningkatkan kedekatan kamu dengan atasan secara psikologis lho!
9. Rajin mengemukakan ide
Jangan sembunyikan ide-ide kamu, bagikan ide tersebut ke atasan dan bicarakan di meeting-meeting penting perusahaan. Dengan cara mengambil hati atasan ini, gak cuma bosmu aja yang kepincut, tapi juga rekan kerjamu bakal kagum sama kamu.
Jangan takut terlihat bodoh bila idemu sulit dimengerti orang lain, justru ajak mereka berdiskusi agar ide bisa berkembang lebih besar lagi.
10. Masuk kerja lebih awal
Sudah pasti, atasan lebih senang melihat anak buahnya datang lebih pagi daripada mereka yang datang telat. Jadi usahakan kamu selalu datang lebih pagi jika mau menyenangkan atasan.
Kamu bakal dilihat sebagai karyawan yang disiplin dan berpotensi mendapat penilaian kinerja lebih tinggi daripada yang lainnya.
Itulah 10 hal sederhana cara mengambil hati atasan yang bisa kamu lakukan. Kalau kamu konsisten menerapkannya, dijamin si bos bakal senang sama kinerja kamu. Harapan untuk naik pangkat atau gaji pun semakin nyata! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).