10 Peralatan Rumah Tangga Ini, Ternyata Gak Bisa Dipakai Seumur Hidup

Sandal Jepit Salah Satu Peralatan Rumah Tangga yang Gak Bisa Dipakai Selamanya (Shutterstock).

Sandal Jepit Salah Satu Peralatan Rumah Tangga yang Gak Bisa Dipakai Selamanya (Shutterstock).

Dari sekian banyak barang atau peralatan rumah tangga yang kamu miliki, ternyata gak semuanya bakal tetap bisa dipakai hingga bertahun-tahun lamanya.

Hal itu disebabkan karena barang-barang tersebut punya masa pakainya tersendiri. Ketika sudah lewat masa pakai, ya sama saja seperti makanan, gak akan layak konsumsi lagi dan kamu harus keluar duit untuk membeli barang baru.

Di bawah ini adalah deretan barang atau peralatan rumah tangga yang “pasti” ada di rumahmu dan masa pakainya. Mau tahu apa saja? Yuk simak ulasannya.

1. Sikat gigi

Peralatan Rumah Tangga
Sikat gigi (Shutterstock).

Sikat gigi punya masa pakai dua hingga tiga bulan. Dokter gigi memang menyarankan kita untuk mengganti barang yang satu ini selama tiga bulan sekali.

Kalau dibiarkan saja, pasti sikatnya jadi makin keras dan bentuknya pun berubah. peralatan rumah tangga yang satu ini gak akan bisa membersihkan gigi kamu dengan baik.

Terkadang warna sikatnya juga cenderung berubah jadi kecoklatan. Lebih baik alihkan saja fungsinya untuk membersihkan peralatan lain.

2. Handuk

Peralatan Rumah Tangga
Handuk (Shutterstock).

Handuk juga punya masa pakai lho, yaitu satu hingga tiga tahun, tergantung dari kualitasnya. 

Barang yang satu ini digunakan untuk mengeringkan badan usai kita selesai mandi. Berhubung fungsinya adalah menyerap air dan selalu dipakai setiap hari, maka gak nutup kemungkinan benda yang satu ini bakal dipenuhi kuman serta jamur.

Nah, ngomong-ngomong nih, handukmu sudah kamu pakai berapa lama?

3. Dot bayi

Peralatan Rumah Tangga
Dot bayi (Shutterstock).

Apakah buah hatimu masih ngedot? Dot yang dia pakai harus kamu ganti setidaknya dua bulan sekali untuk menjaga kadar kebersihannya.

Atau, jika memang belum dua bulan tapi sudah retak, maka lebih baik dibuang saja dan ganti yang baru.

4. Baby car seat

Peralatan Rumah Tangga
Car seat bayi (Shutterstock).

Peralatan bayi yang satu ini sifatnya memang bisa diduitin lagi alias dijual kembali seandainya sudah gak terpakai. Tapi jangan salah, baby car seat ini punya masa kadaluarsa yaitu lima sampai enam tahun.

Konon kabarnya, setelah enam lima atau enam tahun usai barang yang satu ini diproduksi, akan ada beberapa komponen yang gak lagi berfungsi normal. Hal ini pun bisa membahayakan sang buah hati sebagai penggunanya.

Buat moms dan dads tolong diperhatikan ya hal ini.

5. Tabung pemadam api

Peralatan Rumah Tangga
Tabung pemadam api (Shutterstock).

Gak semua orang menyimpan peralatan rumah tangga yang ini, tapi sebagian dari kamu mungkin ada yang punya.

Barang yang satu ini mungkin hampir sama sekali gak pernah terpakai setelah kamu beli. Besar kemungkinan, cuma tergeletak saja di dalam lemari.

Nah, buat yang memang punya tabung pemadam api di rumah, maka jangan lupa untuk menggantinya 15 tahun sekali ya. Selain itu, pastikan juga gak ada keretakan atau lubang di bagian pipanya.

6. Sambungan listrik

Peralatan Rumah Tangga
Socket listrik (Shutterstock).

Nah lho, sambungan listrik juga ada masa pakainya. Kabarnya, setiap dua tahun memang harus diganti.

Kenapa? Kan masih bisa dipakai? 

Jawabannya adalah karena, alat listrik ini bisa menyebabkan masalah pada peralatan elektronik di rumah jika kinerjanya sudah gak baik. Belum lagi, kabel di sambungan listrik juga rawan terkelupas, hal itu justru bisa sangat berbahaya lho.

7. Obat nyamuk semprot

Peralatan Rumah Tangga
Semprotan (ilustrasi by Shutterstock).

Semprotan ini juga jadi salah satu peralatan rumah tangga yang ada di rumah dan harus diganti selama dua tahun sekali.

Di atas dua tahun, semprotan ini bakal hilang khasiatnya. Percuma kan kalau tetap dipakai, mendingan diganti saja dengan yang baru.

8. Spons

Peralatan Rumah Tangga
Spons (Shutterstock).

Jangan salah, spons yang digunakan untuk bersih-bersih perabotan ini, cuma bisa dipakai selama dua pekan lho! Tapi itu seandainya, dipakainya terlalu sering.

Jika gak sering dipakai, bisa dipakai bulanan. 

Sama seperti handuk, karena fungsinya adalah menyerap air, maka jamur pun bisa memenuhi barang yang satu ini. Daya serapnya juga bisa berkurang seiring dengan berjalannya waktu. 

9. Bantal

Peralatan Rumah Tangga
Bantal (Shutterstock)

Barang yang selalu dipakai saat tidur ini, masa kadaluarsanya adalah dua sampai tiga tahun. Bantal juga menjadi sarang dari debu dan sel kulit mati, itu sebabnya jika gak rutin diganti, tentu bisa menyebabkan alergi.

Bantal lawas juga akan berubah bentuk dan menyebabkan sakit di bagian sendi leher. Pilih mana, bantal baru apa leher yang sakit. 

10. Sandal jepit

Peralatan Rumah Tangga
Sandal Jepit (Shutterstock).

Berapa lama ya sandal jepit itu bisa dipakai? Biasanya semakin lama akan semakin enak tuh dipakainya.

Sandal itu berbeda dengan kaos kaki yang tiap hari dicuci. Oleh karena itu, jamur yang muncul di sandal tentu lebih banyak ketimbang kaos kaki.

Jika seringkali dipakai, setiap enam bulan barang ini harus diganti. Kamu juga harus sering-sering mencucinya agar gak kotor.

Itulah 10 peralatan rumah tangga dan masa kadaluarsanya. Ingat-ingat ya, biar lebih aman, yuk diingat-ingat lagi kapan kita membeli barang-barang ini. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis