Digital Marketing, Salah Satu dari 11 Profesi yang Dicari di Sepanjang Tahun 2020!

Digital Marketing, Salah Satu dari 11 Profesi yang Dicari di Sepanjang Tahun 2020! (Shutterstock).

Digital Marketing, Salah Satu dari 11 Profesi yang Dicari di Sepanjang Tahun 2020! (Shutterstock).

Setelah kita membahas deretan profesi yang diklaim bakal punah 25 tahun lagi, rasanya gak afdol jika kita gak ngebahas yang sebaliknya.

Masih dalam sumber yang sama yaitu, Reader’s Digest, media ini juga telah merangkum deretan pekerjaan-pekerjaan yang kabarnya bakal dibutuhkan tahun 2020. Akan tetapi, “dibutuhkan” di sini maksudnya gak cuma di Indonesia lho ya, melainkan di penjuru dunia.

Sebagian besar memang sangat berhubungan dengan teknologi, namun beberapa di antaranya tidak.

Ingin tahu lebih lanjut? Simak ulasannya yuk.

1. Developer blockchain

Profesi
Bitcoin (Pixabay)

Gak dipungkiri bahwa cryptocurrency atau mata uang digital memang telah mengubah dunia. Salah satu yang membuat mata uang ini populer adalah teknologi yang bernama blockchain.

Seorang yang membangun blockchain atau developer blockchain kabarnya bakal ketiban rezeki banyak di tahun 2020. Hal itu disampaikan oleh pakar personalia, Jordan Bishop dari Yore Oyster.

“Tepat pada Mei 2020, Bitcoin akan tercipta dari proses mining selama 10 menit. Tentunya, fluktuasi harga mereka bakal makin terasa ketimbang di tahun 2016. Oleh karena itu profesi seperti developer blockchain akan sangat dibutuhkan,” ujar Jordan.   

2. Fisioterapis

Profesi
Fisioterapis (Pixabay)

CEO dan Co Founder dari situs pencari kerja Cleverism, Martin Luenen Donk, mengklaim bahwa di tahun 2019, permintaan akan layanan fisioterapi cenderung meningkat dan jumlah ini bakal terus meroket di tahun 2020.

“Saat ini, tidak sedikit orang yang membutuhkan jasa fisioterapi dan terapi lain yang fungsinya untuk rehabilitasi tubuh. Pekerjaan para Fisioterapis, kini menduduki ranking ke 20 dari 100 pekerjaan terbaik (di dunia). Di tahun 2020, jasa mereka akan sangat dibutuhkan,” ujar Luenen Donk.

3. Digital marketing

Profesi
Digital Marketing (Pixabay).

Bukan rahasia lagi, gak sedikit perusahaan yang mau membayar mahal karyawan di bidang digital marketing. 

“Permintaan atas jasa ini memang sangatlah tinggi, seiring dengan berjalannya waktu digital marketing khusus video pun juga bakal dibutuhkan,” ujar CEO Checklate, Steve Prichard.

Maksudnya digital marketing video bisa jadi karena Youtube ini sudah makin populer. Semua orang sekarang mulai mencari hal baru lewat Youtube lho.

4. Pilot drone komersial

Profesi
Pilot drone (Pixabay).

Drone memang sangat efektif dan multifungsi. Belakangan ini, mereka yang bisa main drone tentunya bisa cari penghasilan tambahan layaknya fotografer atau videografer.

Skyop telah menyediakan jasa kursus hingga menjadi direktori pencarian projek untuk para pilot drone tersebut. Bisa jadi lambat laun Indonesia juga punya platform seperti Skyop nih!

5. Manajer proyek cybersecurity

Profesi
Cybersecurity (Pixabay).

Keamanan siber juga harus menjadi perhatian lantaran teknologi juga berkembang dengan sangat cepat. Tony Varco, pimpinan dari salah satu perusahaan layanan keamanan siber, Covergint, mengklaim bahwa profesi ini memang menjadi salah satu yang bakal diminati di tahun 2020. Sementara itu, di tahun 2021 nanti akan ada 3,5 juta lowongan kerja di bidang ini lho.

6. Teknisi instalasi produk keamanan

Profesi
Proteksi keamanan (Pixabay).

Kalau yang di atas adalah keamanan siber, nah ini adalah teknisinya alias yang turun langsung ke lapangan. 

Mereka bertugas untuk melakukan instalasi perangkat-perangkat penunjang keamanan siber. Gak cuma sebatas kamera cctv lho, termasuk juga instalasi alarm maling, kebakaran, dan lainnya.

7. Segala profesi yang menunjang industri fintech

Profesi
Fintech (Shutterstock).

Nah, fintech di Indonesia juga berkembang kan. Ada P2P lending seperti Amartha, Modalku, Koinworks, Investree dan lainnya. Sementara itu di bidang e-wallet ada Gopay, Ovo, Dana, dan bidang POS System juga ada Moka, Pawoon, dan kawan-kawan.

Industri yang satu ini memang cukup unik namun juga kompleks. Gak heran kalau segala macam pekerjaan yang tujuannya untuk mensupport industri ini bakal sangat dibutuhkan.

8. Pengacara dan praktisi hukum

Profesi
Praktisi hukum (pixabay)

Nah, kabar baik nih buat para sarjana hukum. Profesi semacam Bang Hotman Paris, atau legal executive, legal counsel, dan yang berkaitan dengan litigasi masih sangat dibutuhkan tahun 2020.

Wajar saja, gak sedikit skema bisnis yang lahir berkat munculnya teknologi baru. Kalau semuanya gak diatur secara hukum, maka persaingannya bakal kompleks, begitu juga dengan metode perlindungan konsumennya.

9. Perawat manula

Profesi
Perawat manula (Pixabay).

Baiklah, untuk yang satu ini, Reader’s Digest memang mengambil contoh kasus di Amerika Serikat. Menurut Kementerian Kesehatan Negeri Paman Sam, sebentar lagi populasi warga AS bakal didominasi oleh warga berusia 65 tahun.

Apakah hal ini bakal terjadi di Indonesia? Belum tentu sih.

10. Marketing media sosial

Profesi
Manfaatkan media sosial dengan baik (Pexels).

Sepaket dengan digital marketing, profesi ini juga kian dicari karena setiap brand tentu sering mengandalkan sosial media untuk kebutuhan pemasaran dan lain sebagainya. 

Gak heran kan kalau social media specialist, social media strategist, dan profesi lain dengan embel-embel media sosial memang dibutuhkan. Apakah kamu bekerja di divisi ini?

11. Developer

Yang ini juga udah gak jadi rahasia lagi ya. Teknologi berkembang, maka developer IT juga makin dibutuhkan. 

Perusahaan startup di Indonesia juga gak sedikit lho. Mereka tentunya butuh orang-orang yang handal di bidang ini.

Itulah 11 jenis profesi yang diramalkan bakal dicari di tahun 2020 menurut Reader’s Digest. Apakah kamu setuju dengan ramalan mereka? Apakah kamu bekerja  dan mengemban salah satu profesi ini?

Intinya, apapun profesinya, kinerja kita harus tetap maksimal. Soft skill maupun hard skill tetap harus dikembangkan demi masa depan. (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis