12 Pertanyaan Aneh bin Ajaib Kalau Kamu Dipanggil Interview di Google

Jadi karyawan Google bisa jadi impian buat oleh sebagian besar orang. Gak heran sih karena kerja di Google pasti seru banget. Soalnya, gak cuma pengalaman aja yang didapat, melainkan juga gaji yang pastinya amat layak.

Asal tahu aja, rata-rata gaji di kantor pusat Google adalah Rp 3,36 miliar per tahun. Jadi, karyawan bisa dapat sekitar Rp 280 juta per bulan! Contoh, salah satu posisi di sana yaitu Senior Software Engineer bisa terima pendapatan Rp 4,1 miliar per bulan. Ajib ya?

Pengin jadi karyawan Google setelah tahu gaji rata-rata di sana? Tapi bisa dibilang buat masuk di sana gak semudah masuk perusahaan lain. Secara perusahaan raksasa ini salah satu perusahaan teknologi paling tenar, gak heran kalau mau masuk jadi karyawannya pun cukup sulit.

Apalagi HRD di Google terkenal senang mengajukan pertanyaan yang menguji kecerdasan otak para pelamar. Gak cuma sulit, gak jarang pertanyaannya itu aneh. Penasaran pertanyaan aneh apa aja yang diajukan oleh pihak Google ke pelamar mereka? Simak sama-sama yuk!

1. Posisi Product Manager

Pertanyaan buat posisi Product Manager cukup banyak lho. Bahkan, sebagian besar rasa-rasanya sulit buat dijawab.

  • “Berapa banyak bola golf yang bisa masuk ke dalam bis sekolah?”
  • “Berapa ongkos yang kamu minta kalau ditugaskan mencuci semua jendela di Seattle?”
  • “Di negara yang yang cuma menginginkan anak laki-laki, keluarga bakal berusaha buat dapat anak laki-laki. Kalau mereka belum dapat maka mereka bakal terus mencoba. Jika udah dapat anak laki-laki barulah mereka berhenti bereproduksi. Dengan gitu, bagaimana perhitungan proporsi antara anak laki-laki dan perempuan di negara tersebut?”
  • “Coba rancang rencana evakuasi di San Fransisco.”
  • “Ada berapa banyak pemain piano di seluruh dunia?”
  • “Berapa kali  jarum jam saling bertemu dalam satu hari?”
  • “Kamu punya delapan bola dengan ukuran sama. Tujuh dari bola-bola tersebut punya berat yang sama namun satunya lebih berat. Gimana caranya kamu bisa temukan bola yang lebih berat dengan menimbang sendiri dengan keseimbangan?”

2. Posisi Software Engineer

gaji terendah karyawan googleSoftware Engineer biasanya bertugas buat aktivitas engineering yaitu  menganalisis, rekayasa, spesifikasi, dan implementasi serta validasi. Tugas mereka adalah menghasilkan perangkat lunak. Nah, pertanyaan berikut biasanya diajukan buat mereka yang pengin jadi Software Engineer di Google.

  • “Kenapa penutup got berbentuk bulat?”
  • “Jelaskan betapa pentingnya “daging sapi mati”!”
  • “Seorang pria mendorong mobilnya ke hotel dan kehilangan peruntungannya. Apa yang terjadi?”
  • “Kamu perlu mengecek apakah teman kamu, Bob, menyimpan nomor telepon kamu yang benar. Tetapi kamu gak bisa menanyakan dia secara langsung. Kamu harus menuliskan pertanyaan di sebuah kartu dan memberikannya ke Eve. Eve yang akan memberikan kartu tersebut kepada Bob. Setelah Bob menuliskan jawabannya, ia akan memberikannya kepada Eve, dan Eve-lah yang nanti akan mengembalikan jawabannya ke kamu. Pertanyaannya, apa yang harus kamu tulis di kartu tersebut supaya bikin Bob kasih jawaban yang benar tanpa Eve bisa baca nomor telepon kamu?

3. Posisi Engineering Manager

cara menjadi karyawan googleIni nih posisi yang jadi bos buat bagian engineering. Siap dengan pertanyaan berikut?

  • “Kamu adalah kapten kapal bajak laut dan kru kamu harus memilih gimana caranya emas dibagi. Jika hanya kurang dari setengah dari kru yang setuju sama kamu, kamu bakal mati. Berapa banyak pembagian yang harus kamu bikin namun kamu tetap dapat porsi yang memuaskan namun kamu masih bisa bertahan gak jadi mati?”

Jadi, gimana, masih mau melamar jadi karyawan Google di kantor pusat mereka? Hmm, kalau kamu tau jawaban dari salah satu atau beberapa pertanyaan di atas, boleh lho share di kolom komentar.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →