3 Motor Bebek di Bawah Rp 15 Juta yang Bisa Dibeli di 2018

motor bebek

Motor bebek tentunya bisa jadi solusi buat kamu yang ingin menghemat pengeluaran beli bensin. Meskipun harga motor bebek udah makin mahal, tapi masih ada kok yang harganya di bawah Rp 15 juta.

Bila kamu membandingkan motor bebek dengan skutik alias motor matic, motor bebek memang lebih irit BBM. Mengapa demikian? Karena RPM (rotasi per menit) lebih rendah.

Selain itu, biaya perawatan mesin bebek juga dinilai lebih murah daripada skutik. Setiap 5 ribu kilometer, CVT skutik harus dibersihkan, dan setiap 20 ribu kilometer, V-Belt dan roller skutik juga wajib diganti. Belum lagi kalau habis nerobos banjir, makin banyak yang harus diperiksa.

[Baca: Terobos Banjir Pakai Motor Matic? Buruan Cek 7 Komponen Ini]

So, apakah kamu jadi tertarik beli motor bebek? Bila tertarik dan ingin cari yang di bawah Rp 15 jutaan, masih ada tiga motor yang bisa kamu lirik tahun ini. Berikut motor-motornya:

1. Honda New Revo FI

motor bebek
Honda Revo FI (Otonity)

Honda Revo FI punya tiga pilihan, yaitu Honda New Revo FI CW, Fit, dan SW. Harganya mulai dari Rp 12 hingga Rp 14 jutaan, cukup terjangkau kan.

Motor ini menggunakan sistem pembakaran PGM-FI dan mesin SOHC. Konsumsi BBM motor berkapasitas 110 cc ini diklaim sangat irit, yakni 1 liter untuk 62,2 km. Itulah yang membuat Honda New Revo FI menjadi salah satu motor teririt di Indonesia.

2. New Suzuki Smash FI

motor bebek
Suzuki Smash FI (Indonesia Auto Blog)

Di tahun 2018 ini, New Suzuki Smash FI bakal hadir dengan tiga warna baru lho. Kapasitas mesin New Suzuki Smash FI adalah 113 cc, teknologi mesinnya juga SOHC, dan sistem pembakarannya injeksi.

Untuk konsumsi bensinnya, laporan dari Grid Oto menyebutkan bahwa konsumsi BBM New Suzuki Smash FI ada di kisaran 1 liter untuk 42,8 kilometer. Meski demikian, motor ini bisa lebih irit alias mencapai 50 kilometer per liter jika pengemudi lebih kalem dalam membuka gas.

Oh ya untuk harganya, New Suzuki Smash FI dibanderol di angka Rp 13 jutaan ya.

3. TVS Neo Series

motor bebek
TVS Neo XR (dapurpacu)

Anak motor pasti tahu sama merek motor bebek yang satu ini. Tapi buat sebagian orang tentu masih kurang familiar. TVS adalah motor buatan Negeri Bollywood alias India, tapi soal kualitas jangan diragukan. Gak kalah keren sama buatan Jepang.

Kapasitas mesin TVS Neo adalah 109,7 cc, teknologi mesinnya SOHC, dan sistem pembakarannya menggunakan karburator. Hingga saat ini, belum ditemukan uji coba soal konsumsi BBM TVS Neo keluaran terbaru. Untuk harganya, mulai dari Rp 12-13 jutaan.

Itulah tiga motor bebek di bawah Rp 15 juta yang bisa jadi pilihan. Bila menurutmu performanya masih kurang dan kamu ingin yang lebih ganas, salah satu alternatifnya adalah beli motor bekas aja.

[Baca: Beli Motor Bekas atau Naik Ojek Online, Lebih Untung yang Mana?]

Memang, pilihan motor bebek di bawah Rp 15 juta sekarang makin sedikit. Tiga varian motor di atas mungkin satu-satunya yang ada di pasaran sekarang.

Meski begitu, buat kamu yang bujetnya ketat, kamu bisa milih beli motor bekas yang masih sesuai dengan preferensi kebutuhan. Atau jika emang ngincernya motor bebek, nabung aja dulu untuk bisa beli motor incaran.

Intinya, jangan sampai niat kamu beli motor malah jadi ngerusak rencana keuanganmu. Punya motor emang enak dan memudahkan aktivitas, tapi ingatlah kalau ini bukan kebutuhan pokok. Masih ada hal lain yang layak jadi prioritasmu.

Selama memang belum ada dana, jangan dipaksain ya beli motornya. Sabarlah dulu pakai angkutan umum ke kantor. Seperti kata pepatah, “Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.”

Tags:

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis