Dulunya Office Boy, 3 Orang Ini Sekarang Raih Omzet Ratusan Juta

ali muharam (instagram @alvow)

Menjadi orang sukses adalah peluang yang terbuka buat siapa aja tanpa terkecuali. Sekalipun bekerja sebagai office boy, mimpi buat menjadi sukses nyatanya gak pupus dari orang-orang ini, bahkan bisa terwujud.,

Gak sedikit orang yang memandang rendah pekerjaan office boy. Malahan ada yang bilang, bekerja sebagai office boy itu masa depannya gitu-gitu aja alias gak ada kemajuan sama sekali.

Boleh-boleh aja punya pendapat seperti itu. Namun, faktanya orang-orang ini membuktikan bisa menjadi orang sukses dan kaya raya kendati dahulu bekerja sebagai office boy. Penasaran siapa aja orangnya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Agus Pramono

Ayam Bakar Mas Mono (Instagram).
Ayam Bakar Mas Mono (Instagram).

Tahu waralaba makanan Ayam Bakar Mas Mono? Si empunyanya, Agus Pramono, ternyata dulunya pernah bekerja sebagai office boy. Kisahnya dimulai saat Pramono lulus SMA tahun 1994. Ia kemudian merantau ke Jakarta buat mengadu nasib. Awalnya ia menjadi sales makanan ringan. Sampai akhirnya ia diterima sebagai office boy di perusahaan yang berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Pramono gak pasrah gitu aja dengan keadaannya. Hingga tahun 2001, ia memberanikan diri buat menjalankan usaha menjual gorengan. Ia mengaku, dirinya bermodal nekat aja untuk jualan gorengan saat itu.

Inspirasi berdagang ayam bakar muncul saat ia sedang menunggu pembeli. Kebetulannya lagi, di tempatnya berdagang dekat Universitas Sahid, ada lahan kosong.

Bermodalkan Rp 500 ribu, Pramono memberanikan diri berdagang ayam bakar. Usahanya kali ini lebih laris. Banyak yang suka dengan ayam bakar Kalasan bikinan Pramono.

Usaha ayam bakar pria kelahiran 1975 ini pun berkembang, sampai-sampai ia punya gerai usaha sendiri. Kini usaha yang beri label Ayam Bakar Mas Mono sudah mampu meraih omzet hingga ratusan juta sejak ia membuka kemitraan waralaba. Berkat kepandaiannya mencari dan memanfaatkan peluang, Pramono berubah menjadi orang sukses.

2. Agustinus

Agustinus Fire Safety
Agustinus Fire Safety

Didorongi tekad yang kuat, Agustinus berhasil membangun usahanya sebagai supplier fire safety atau alat pemadam kebakaran. Dulunya pria kelahiran 1976 ini bekerja sebagai office boy di Jakarta.

Pekerjaan office boy ia lakoni selepas lulus SMA. Meski demikian, ia tak puas dengan profesi itu. Ia masih memendam asa buat menjadi orang sukses. Keuletannya dalam bekerja membawa dirinya dipercaya buat memegang posisi sebagai kurir atau pengantar barang oleh bosnya. Agustinus belajar banyak hal dari posisinya ini. Agustinus pun kepincut dengan pekerjaan sebagai marketing. Ia pun bertanya-tanya dan belajar seputar pekerjaan tersebut.

Kehebatan Agustinus dalam memasarkan barang bikin dirinya naik posisi lagi sebagai staf marketing tahun 2004. Kariernya kian moncer dan Agustinus dapat kesempatan menjadi marketing manager pada tahun 2006.

Sayangnya, perusahaannya terkena masalah dan Agustinus terpaksa di-PHK. Berada dalam situasi yang gak enak karena hilang pekerjaan, Agustinus memutar otak. Bersama temannya, ia mendirikan usaha di bidang yang sama dengan tempatnya dulu, yaitu supplier fire safety.

Agustinus percaya diri kalau ia bisa menjalankan usahanya tersebut. Perlahan tapi pasti, usahanya itu berkembang. Sekalipun sempat jatuh bangun karena pelanggannya direbut temannya sendiri, ia bisa bangkit dari keadaannya tersebut. Usaha yang dirintisnya tahun 2009 dengan nama PT Wita Kharisma Jaya pun meraih kesuksesan. Omzetnya tiap bulan bisa mencapai Rp 600 juta.

3. Ali Muharam

Ali Muharam (Twitter)
Ali Muharam (Twitter)

Siapa sangka Ali Muharam, bos dari Makaroni Ngehe, dulunya adalah office boy? Ia memulai pekerjaan menjadi office boy pada tahun 2004.  Berhenti menjadi OB, Ali dipercaya buat menjalankan usaha warung makan di kantin bank swasta di Senayan, Jakarta Selatan. Sayangnya, usaha tersebut gak berbuah sukses. Sejak saat itu, Ali pun melakoni pekerjaan apa aja asalkan bisa bikin dirinya bertahan hidup.

Ide buat membuka usaha pun muncul dalam dirinya. Dengan modal pinjaman Rp 20 juta, ia memulai usaha jualan makaroni yang ia beri nama Makaroni Ngehe. Pemberian nama ini diilhami perjalanan hidupnya yang menurutnya ngehe karena susahnya menjalani hidup.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Gerobak 2 x 3,5 meter menjadi saksi dimulainya usaha Makaroni Ngehe. Usahanya tersebut pertama-tama dijalankannya di Kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Usaha Makaroni Ngehe yang dijalankannya berkembang pesat. Kalau awal-awal dapat omzet Rp 30 ribu dari satu outlet, dengan jumlah outlet yang lebih dari 30, usahanya bisa meraih omzet Rp 3-5 juta per hari. Dalam sebulan, omzetnya bisa tembus miliaran. Dengan omzet sebesar itu, siapapun setuju kalau Ali sekarang udah jadi orang sukses.

Office boy atau bukan, kamu pun bisa jadi orang sukses seperti mereka

Itu tadi kisah tiga orang office boy yang mengubah nasibnya menjadi orang sukses. Tekad, kerja keras, dan pantang menyerah yang mereka miliki pada akhirnya bikin mereka berhasil dalam usaha juga dalam hidup. Sungguh luar biasa ya!

Intinya, apapun latarbelakangnya office boy atau bukan, menjadi orang sukses seperti mereka bukanlah angan-angan. Asalkan, kita sendiri mau terjun langsung untuk mengurus bisnis yang kita jalani. 

Ketiga tokoh di atas bukan cuma gak kenal lelah dalam bekerja, mereka juga sabar dalam menjalani bisnisnya yang dirintis dari nol. Gak sedikit juga lho orang-orang sukses yang punya latarbelakang pekerjaan dan pendidikan, lebih kompleks dari mereka. Ada yang cuma lulusan SMP atau bahkan lulusan SD lho. Namun bukan berarti rendahnya pendidikan mereka menjadikanmu malas belajar lho ya. 

Itu tadi kisah tiga orang office boy yang mengubah nasibnya menjadi orang sukses. Tekad, kerja keras, dan pantang menyerah yang mereka miliki pada akhirnya bikin mereka berhasil dalam usaha juga dalam hidup. Sungguh luar biasa ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →