4 Cara Menolak Tugas Ekstra di Kantor Tanpa Jadi Public Enemy

Cara Menolak Tugas

Bilang “gak” kepada bos atau rekan kerja di kantor, gak selamanya bersifat negatif lho. Kadang hal itu memang perlu dilakukan guna meningkatkan kualitas kerjamu.

Tapi faktanya, beberapa di antara kamu masih sungkan mengatakan kata yang satu ini. Banyak faktor yang mempengaruhi hal itu, mungkin karena kamu ingin belajar lebih banyak dari tugas tambahan itu, atau karena memang gak enak menolak permintaan seseorang.

Pada intinya, kinerjamu bakal makin maksimal jika kamu bekerja pada porsinya, sesuai dengan bidang dan keahlian. So, jangan sungkan lagi untuk mengatakan tidak pada tugas tambahan jika dihadapkan dengan situasi berikut ini:

1. Ketika ada deadline

Bila deadline tugas tertentu sudah mepet, prioritaskan untuk menyelesaikan itu dulu dengan sempurna. Jangan sungkan untuk katakan tidak, bila diminta menyelesaikan tugas tambahan yang bisa menghambatmu memenuhi deadline.

Oleh karena itu, ada baiknya mencatat seluruh tugas-tugasmu setiap hari. Selesaikan mana yang jadi prioritas terlebih dulu, sebelum menerima tugas lainnya.

cara menolak tugas
Ayo anak-anak jangan kelamaan mikirnya, waktu sebentar lagi habis, selesai gak selesai kumpulkan! (Meme Ujian / tutorialaplikasi.)

2. Ketika tugas tambahan gak berhubungan dengan tugas utamamu di kantor

Misalnya kamu bekerja di divisi sales, namun kamu punya keahlian di multimedia. Alhasil, bos marketing sering meminta bantuan mengedit foto untuk materi promosi. Segera bilang “gak” untuk tugas tambahan ini. Kecuali memang bos divisimu yang meminta hal ini ya.

[Baca: 4 Cara Menghadapi Bos yang Gak Bisa Lihat Kamu Santai Dikit]

Sebagai sales, tugasmu tentu adalah mencari laba untuk perusahaan, bukan bikin desain materi promosi. Meski kamu punya keahlian multimedia, bukan berarti divisi lain bisa memanfaatkannya begitu saja.

3. Ketika tugas tambahan gak bakal berpengaruh sama jenjang karier

Katakan “tidak” untuk tugas tambahan yang memang gak ada hubungannya sama peningkatan KPI, atau jenjang karier di masa depan. Meng-iyakan tugas ini hanya akan buang-buang waktu.

Misalkan, kamu adalah seorang customer service dengan tugas harian yang cukup padat. Lantas kamu diminta ikut tim promosi jaga booth di pameran saat weekend. Apakah jaga booth bisa ningkatin kariermu dari staf ke manajer customer service?  Pikir-pikir lagi ya.

[Baca: 5 Hal Gak Penting yang Harus Kamu Jauhin Biar Karir Makin Baik]

4. Ketika diminta melakukan sesuatu yang melanggar hukum

cara menolak tugas
Aduh, adik-adik ini, udah tahu salah kok masih saja naik motor di jalan raya tanpa helm dan jaket, orangtuanya mana nih! (Pelajar SMP Bermotor / idntimes)

Berani bilang “gak” jika bos atau rekan kerja memintamu melakukan tindakan yang melanggar hukum. Sebut saja seperti melakukan mark up dana proyek, atau apapun yang berhubungan dengan suap-menyuap. Kalau tertangkap basah, bisa masuk penjara coy!

Begini Caranya Bilang “Gak” Tanpa Menyinggung Perasaan Orang Lain

Emang sih, kalau teori aja gampang. Praktiknya? Lain cerita, bung!

Sebagai orang Indonesia yang sering ”gak-enakan”, bilang “tidak” ke teman kerja - apalagi atasan - emang susah. Pasti ada perasaan gak tega atau gak enak hati. Atau bahkan takut menyinggung perasaan mereka.

Makanya, lakukan dengan 4 cara ini supaya kamu gak jadi public enemy di kantor:

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

1. Dikasih tugas tambahan? Hmm.. Pikir-pikir dulu ya

Ketika ditawari mengerjakan tugas tambahan, tapi kamu gak enak untuk mengatakan tidak, maka katakan bahwa kamu akan mempertimbangkannya terlebih dulu. Luangkanlah waktu sejenak untuk berpikir, sebelum mengatakan ya atau tidak untuk tugas ini.

2. Senyum dan katakan secara langsung, jangan lewat email atau chat

Untuk mengatakan “tidak”, cara penyampaianmu pun gak bisa sembarangan. Sampaikanlah penolakanmu secara halus dengan tatap muka. Proses penyampaian ini bertujuan untuk meminimalisir adanya salah paham di antara kamu dan pemberi tugas.  

cara menolak tugas
Abang gak tahan lihat senyum neng Raisa, bikin pengin ngajak ke KUA hahaha! (Raisa / brilio)

3. Katakan “tidak” dengan menunjukkan tugas yang sedang kamu kerjakan

Kalau poin ini erat kaitannya jika sang bos yang memberi tugas. Bila memang gak memungkinkan untukmu menyelesaikan tugas tambahan, ingatkan saja dia dengan tugas yang sudah dia berikan padamu belakangan ini. Barangkali dia lupa akan apa yang sedang kamu kerjakan.

[Baca: Jangan Mimpi Bisa Sukses Kalau Masih Sering Mengucapkan 6 Kalimat Ini!]

4. Katakan “tidak” dengan terima kasih

Meski gak menyanggupi untuk menerima tugas tambahan, jangan lupa berterima kasih kepada mereka yang berniat memberi tugas ini padamu. Bagaimanapun juga, itu tandanya dia punya kepercayaan yang tinggi sama kamu.

So, sudah gak sungkan lagi kan buat mengatakan “tidak”? Walau sudah tahu caranya, bukan berarti setiap dikasih tugas selalu nolak ya. Ingat lho, kata “tidak” cuma direkomendasikan untuk empat situasi di atas.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →