Pengin Berhasil dalam Berkarier? 4 Kiat Sukses Para CEO Ini Bisa Kamu Ikuti

Banyak yang bilang kalau pengin sukses belajarlah dari orang yang udah mencapai puncak karier dengan menduduki kursi Chief Executive Officer (CEO). Sebab banyak pelajaran yang bisa kamu diambil dari perjalanan karier mereka. Apalagi mereka juga gak segan berbagi sejumlah kiat sukses.

Asal tahu aja nih. Menjabat posisi itu CEO itu berarti udah siap buat mengemban tanggung jawab yang besar. Hidup matinya sebuah perusahaan itu kuncinya ada di tangan CEO itu sendiri.

Karena itu, siapa pun yang memegang jabatan CEO pastinya bukan orang sembarangan. Dan buat menjadi CEO pun, bukanlah hal yang mudah bagi kebanyakan orang. Ada beberapa syarat yang pastinya bisa mencapai atau menduduki kursi dengan label jabatan sebagai CEO

Di Indonesia ada banyak lho CEO yang udah terbukti sukses dalam menahkodai sebuah perusahaan. Dan di antara mereka ada yang membeberkan kiat sukses yang bikin mereka berhasil menjadi CEO. Nah, MoneySmart.id udah merangkum beberapa nama para CEO yang sukses menjalankan sebuah perusahaan dengan tangan dingin. Penasaran apa aja kiat-kiat sukses dari mereka? Nih ulasannya.

1. Jangan berpuas diri dan bekerja keras

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh wishnutama (@wishnutama) pada 17 Agu 2018 jam 2:45 PDT

Inilah kiat sukses dari Wishnutama Kusubandio. Kamu tentu aja kenal dong dengan sosok yang satu ini. Perannya dalam penyelenggaraan opening dan closing Asian Games 2018 bikin Indonesia patut berbangga diri dan merinding ya.

Selain sebagai Creative Director dalam Asian Games 2018, Wishnutama juga dikenal sebagai CEO Net TV. Di bawah kepemimpinannya banyak acara televisi yang sukses menyedot perhatian banyak orang. Dan gak sedikit pujian datang buat acara-acara tersebut.

Namun, bukanlah dalam sekejap Wishnutama bisa seperti sekarang ini. Ia meniti karier di dunia pertelevisian dengan bekerja di Indosiar. Kariernya melesat dan ia menjadi Supervisor on Air Promotion lalu naik menjadi Production Manager.

Tak lama kemudian, Wishnutama berpindah haluan ke Trans TV di tahun 2001 dengan menerima posisi sebagai Kepala Divisi Produksi. Kariernya pun juga melesat terus sampai akhirnya ia menjadi Direktur Utama di stasiun televisi milik Chairul Tanjung.

Hal yang paling menentukan dalam hidupnya ketika ia memutuskan keluar dari Trans TV dan membangun Net TV. Hasilnya, ia didapuk The Best CEO Indonesia versi majalah SWA 2010. Bagi Wishnutama, kerja keras itu jadi kunci utama buat sukses. Setiap pencapaian yang diraih harus disyukuri dan jangan pernah menyombongkan diri atas pencapaian tersebut.

2. Berani ambil keputusan dan berani berbuat salah

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh GO-JEK Indonesia (@gojekindonesia) pada 16 Nov 2017 jam 6:40 PST

Dalam dunia kerja, orang yang mencari aman mudah banget ditemukan. Enaknya dari cari aman itu kita gak pernah salah di mata atasan. Namun, pandangan dan pemikiran seperti itu rasanya udah kuno banget sih.

Bagi Nadiem Makarim, orang yang berani mengambil sebuah keputusan dan risiko adalah orang yang lebih berpeluang meraih kesuksesan. Kiat sukses inilah yang diterapkan Nadiem selama menjabat CEO Gojek.

Jadi jangan heran kalau banyak terobosan baru yang lahir di Gojek. Semua karyawan yang bekerja di sana sama sekali gak bakal disalahkan karena keputusannya. Malahan yang gak ambil keputusan lah yang dianggap salah.

Keputusan Nadiem merintis Gojek tentulah merupakan keputusan yang sangat berani. Ia mempertaruhkan kariernya yang cemerlang demi mengembangkan bisnis yang bisa aja ambruk dalam waktu singkat. Apalagi bisnisnya tersebut cuma hidup dari dana investor.

Belum lagi ia menjalankan Gojek bukan tanpa pesaing. Namun, keputusan-keputusan berani yang diambilnya seperti menyediakan layanan lain selain layanan antar-jemput penumpang telah bikin Gojek menjelma menjadi perusahaan besar. Bahkan, Gojek udah berekspansi ke negara-negara di Asia Tenggara.

3. Belajar dari setiap tantangan yang dihadapi

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kartika Wirjoatmodjo (@tiko1973) pada 22 Agu 2018 jam 4:37 PDT

Kalau gak ada tantangan, manusia mungkin gak bakal pernah belajar. Itulah yang diyakini Kartika Wirjoatmodjo, CEO Bank Mandiri. Menurutnya, orang-orang yang sedang meniti kariernya harus menghadapkan dirinya pada tantangan agar dapat terus naik level.

Pengalaman berhadapan dengan tantangan itulah yang pernah dirasakan oleh Kartika Wirjoatmodjo sejak ia terjun ke dunia kerja. Harus diakui adanya tantangan itu bikin kerja rasanya susah banget.

Namun, CEO Bank Mandiri ini memandang dari sisi yang berbeda. Karena dengan menyelesaikan tantangan tersebut, ia bisa jadi seperti sekarang ini.

4. Cari pengalaman dulu baru duit

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh BCA EXPO (@bca_expo) pada 12 Nov 2017 jam 8:01 PST

Banyak mahasiswa yang begitu lulus mencari pekerjaan yang dapat memberinya gaji besar. Gak ada yang salah emang dari pandangan tersebut. Namun, tanpa pengalaman yang banyak, apa iya bisa menuntut gaji besar?

“Pertimbangan pertama kali itu menimba ilmu, pertimbangan kedua baru fulus.” Itulah yang dikatakan Jahja Setiaatmadja, CEO Bank BCA, seperti yang diberitakan Detik.

Pengalaman Jahja Setiaatmadja yang dulunya bekerja di Pricewaterhouse sebagai Junior Accountant menjadi modalnya buat bekerja di Kalbe Farma. Gajinya yang dulunya pas-pasan jadi besar setelah berkarier di perusahaan farmasi tersebut. Malahan kariernya kian moncer dan mendapatkan promosi untuk mendudukin kurs dengan jabatan yang sangat strategisi yakni sebagai Chief Accountant.

Pengalamannya tersebut kemudian menarik minat BCA merekrutnya. Di BCA walaupun awalnya turun pangkat, perlahan-lahan ia membuktikan dirinya dapat diandalkan. Bahkan, saat krisis melanda, ia dipercaya memegang posisi penting. Sampai akhirnya BCA bangkit dan menjadi salah bank terbesar di Indonesia.

Nah, itu tadi empat kiat sukses dari para CEO Indonesia yang mengawali kariernya dari bawah hingga menduduki posisi puncak. Mudah-mudahan kiat-kiat di atas membantu karier menanjak makin tinggi. Semoga sukses ya!