4 Mobil Keluarga Terbaik yang Meluncur di IIMS 2018

mobil keluarga terbaik

Selain bisa muat banyak, apalagi sih yang dicari orang yang pengin beli mobil keluarga terbaik? Beberapa aspek lain yang diperhitungkan adalah kapasitas bagasi yang luas, irit bensin, bebas banjir, dan biaya perawatan yang terjangkau.

Nah, di Indonesia International Motor Show alias IIMS 2018 yang baru aja selesai minggu lalu, ada empat mobil baru dengan keunggulan seperti itu lho. Harga keempat mobil itu juga cukup terjangkau, Rp 200 jutaan. Pas banget deh jadi mobil keluarga.

Penasaran dengan mobil-mobil yang dimaksud? Mari simak ulasannya di bawah ini.

[Baca: Ini Dia Deretan Mobil Baru yang Didiskon di IIMS 2018]

1. Suzuki New Ertiga

mobil keluarga terbaik
Suzuki Ertiga (Detik)

Peluncuran New Ertiga terbilang cukup heboh di IIMS 2018. Model terbaru mobil keluarga terbaik dari Suzuki ini benar-benar terlihat beda dari versi lawasnya. Model terbaru Ertiga ini pun langsung dianugerahi gelar MPV Terbaik di IIMS 2018.

Gak sedikit pula pemberitaan di media yang mengatakan bahwa Ertiga baru bakal jadi ancaman Mitsubishi Expander yang lagi naik daun. Selain tampilannya yang makin gagah, mesinnya juga mengalami pembaruan.

Suzuki New Ertiga menggendong mesin berkode K15B 1,5 liter (1.462 cc) empat silinder. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 104,7 Ps di 6 ribu rpm dan torsi maksimal 138 Nm di 4.400 rpm. Buat varian transmisi otomatisnya dibekali teknologi CVT.

Untuk harganya, Suzuki memang belum woro-woro. Tapi harga Ertiga lawas itu mulai dari Rp 206 jutaan. 

2. Honda BR-V Facelift

mobil keluarga terbaik
Honda BR-V (Autobild)

Honda gak kalah dalam urusan meluncurkan mobil keluarga terbaik. Di IIMS 2018, mereka meluncurkan BR-V versi facelift.

Perbedaan antara BR-V baru dan lawas ini gak banyak. Namun BR-V baru ini emang terlihat lebih segar dan tangguh.

Honda memberikan penambahan pada pada slide door garnish. Buat interiornya, ada penambahan armrest concole yang bisa bikin tanganmu gak pegal saat berkendara. Buat mesin, BR-V gak mengalami perubahan sama sekali.

Walau dari depan terlihat mirip SUV, mobil ini pada dasarnya adalah MPV. Bagian sampingnya sama seperti Honda Mobilio.

Meski terlihat kecil, sebetulnya kabin mobil ini lega lho. Orang dengan tinggi 175 cm misalkan, gak bakal kesempitan kalau harus duduk di kursi paling belakang. Oh ya, harga BR-V terbaru ini mulai dari Rp 236 jutaan ya.

[Baca: Buat yang Baru Punya Anak, Pilih Mobil Keluarga yang Dilengkapi Fitur-Fitur Ini]

3. Wuling Cortez 1.5L

mobil keluarga terbaik
Wuling Cortez 1.5L (Liputan 6)

Pabrikan mobil Negeri Tirai Bambu ini juga gak pengin kalah. Mereka unjuk gigi dengan meluncurkan salah satu mobil keluarga terbaiknya bernama Wuling Cortez 1.5L.

Asal kamu tahu nih, varian Cortez ini dikeluarkan buat menyaingi Toyota Innova.

Cortez menggendong mesin berkapasitas 1,8 liter, namun yang baru diluncurkan ini kapasitasnya lebih kecil yaitu 1,5 liter aja dan transmisinya cuma manual.

Sebenarnya kurang adil sih membandingkan Cortez dengan Innova karena kapasitas mesinnya beda jauh. Dan pajaknya juga lebih mahal Innova. Tapi jangan salah, secara kategori Cortez emang jadi pesaing serius MPV medium seperti Innova.

Bayangin aja, mobil ini bisa dibilang punya ukuran sebesar Innova tapi harganya setara Avanza. Gimana konsumen gak tertarik kalau ditawarin mobil seperti itu?

Cortez 1.5L dilengkapi Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD), Isofix, dua kantong udara, dan rem cakram. Buat harganya sendiri mulai dari Rp 193 jutaan aja.

4. DFSK Glory 580

mobil keluarga terbaik
DFSK Glory 580 (otodriver)

Satu lagi dari Negeri Tirai Bambu, mobil SUV andalan dan satu-satunya varian yang baru diluncurkan Dongfeng Sokon yaitu Glory 580. Ada dua varian yang ditawarkan DFSK Glory 580 yaitu versi 1,5 liter dan 1,8 liter. Dua-duanya adalah mobil tujuh penumpang.

Kalau kamu tahu truk bermerek Sokon, nah DFSK ini adalah mobil penumpang yang dirancang oleh Sokon. Sokon sendiri juga merupakan produsen sparepart terbesar di Cina lho. Dan mobil ini pun menyabet gelar SUV terbaik versi IIMS.

Glory 580 yang harganya mulai dari Rp 220 jutaan ini, adalah pesaing Honda CR-V. Lah kok bisa? CR-V kan mahal, harga beda jauh dan pajak tahunan jujga.

Ya emang, tapi mobil SUV ini juga dibekali turbo! Selain itu, versi otomatisnya juga menggunakan sistem CVT. Gak jauh beda kan sama CR-V 1.500 cc terbaru yang juga dibekali turbo. Belum lagi, fitur keamanan lengkap dan versi termurahnya interiornya udah dilengkapi jok kulit asli. Coba bayangin, harga segitu dapet jok kulit.

[Baca: Honda All New CR-V Terlaris di IIMS 2017  Lho! Ini Minimal Gaji Kalau Mau Beli Lewat Kredit]

So, itulah empat mobil keluarga terbaik yang baru aja meluncur di IIMS. Kalau bicara soal tipenya, mobil yang mumpuni buat keluarga, umumnya adalah multi-purpose vehicle alias MPV, atau sport utility vehicle atau SUV. Jelas salah kalau kamu memilih sedan sebagai mobil keluarga, atau hatchback, apalagi mobil murah ramah lingkungan.

Sedan dan hatchback cuma muat lima orang walau ada yang bagasinya luas, belum lagi ground clearancenya rendah. Gitu pula dengan mobil murah ramah lingkungan. Ukurannya mobil dan kapasitas mesinnya kecil banget.

Tertarik beli salah satu di antara empat mobil keluarga terbaik itu? Selamat memilih yang pas.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →