Dari Kecoak Sampai Kotoran, Nih 4 Usaha Penghasil Omzet Ratusan Juta

Peluang usaha ini bikin untung besar, tapi bikin bergidik. (Tempo/Aditya)

Peluang usaha bisa macam-macam bentuknya. Gak jarang, idenya bikin geleng-geleng kepala. Kita yang gak awam sama bentuk usaha yang digarap seseorang seringkali bertanya-tanya, “Mikir apa ini orang. Kok bisa punya ide kayak gitu?” Faktanya, ada lho usaha yang kasih untung banyak, tapi bikin siapa pun bergidik begitu tahu kayak apa usahanya.

Sekarang, apa pun bisa jadi uang, asal kamu kreatif dan inovatif. Dan, yang gak boleh ketinggalan, ada kemauan buat menjalankannya. Soalnya jarang-jarang lho ada yang punya niat kuat buat mulai usaha. Apalagi usahanya itu terkesan gak wajar.

Seperti peluang-peluang usaha berikut ini. Dijamin deh, sebagian besar dari kamu mungkin gak nyangka kalau hal-hal macam gini bisa jadi peluang usaha dengan untung besar. Kayak gimana peluang usahanya? Nih ulasannya.

1. Budidaya cacing

peluang usaha
Abdul Azis Adam Maulida (agromedia)

Gak sedikit yang bergidik lihat hewan melata yang satu ini. Padahal, cacing itu punya banyak manfaat lho. Selain menyuburkan tanah, cacing juga bisa dijadikan obat. Misalnya aja kamu kena tipes. Dikasih minum air cacing yang sudah disangrai, kamu dijamin bakal sembuh dengan cepat.

Melihat fakta ini, Abdul Azis Adam Maulida terpikir buat jalankan usaha budidaya cacing di kampung halamannya, Malang, Jawa Timur.

Kegagalan pria kelahiran 1975 ini dalam budidaya belut bikin dirinya lari ke budidaya cacing. Saat banyak belutnya yang mati, cacing yang dijadikan makanan belut malah tetap hidup.

Di sinilah ide budidaya cacing lahir. Selama mengembangbiakan cacing, awalnya ia sama sekali gak tahu ke mana mesti menjualnya. Akhirnya, lulusan Teknik Industri ITS Surabaya ini dapat konsumen yang datang sendiri ke tempatnya. Rata-rata konsumen membeli cacing buat makanan ikan di empang.

Adam pun akhirnya paham gimana seluk-beluk usaha cacing ini. Usahanya pun berkembang dan tiap bulannya ia bisa mengantongi omzet hingga Rp 300 juta.

2. Ternak kecoa

Dong Zhiwen (baomoi)

Sekesal-kesalnya kamu sama sesuatu, pasti lebih kesal kalau lihat kecoa terbang. Apalagi sampai nempel di badan. Ngeselin luar biasa lah itu kecoa.

Kamu pasti gak bakal nyangka kalau kecoa yang baunya naujubile itu ternyata bisa jadi ladang uang. Hah, kok bisa?

Dong Zhiwen, pemuda usia 20 tahunan dari Taiwan, membuktikan hal itu. Zhiwen meraup omzet puluhan juta per bulan dari berternak kecoa. Jumlah serangga ternakannya ini gak tanggung-tanggung, yakni mencapai puluhan ribu kecoa.

Zhiwen pun sebenarnya menemukan peluang usaha ini secara gak sengaja. Karena hewannya suka makan kecoa, ia membeli serangga ini sebagai makanan peliharaannya. Tapi, gak disangka, serangga menjijikan ini malah beranak pinak.

Sempat kebingungan, Zhiwen pun melihat peluang usaha dari kerumunan kecoak ini. Kecoa yang banyaknya 30-40 ribu ekor ini dijualnya ke toko makanan hewan atau dijual online. Dalam sebulan, Zhiwen bisa dapat omzet hingga Rp 87 juta.

Sebagai informasi, kecoa bisa dijadikan pakan hewan peliharaan tertentu seperti reptilia, ikan, tarantula, burung pemakan serangga, sampai mamalia seperti sugar glider dan landak mini. Minat ternak kecoa?

3. Kroto semut

peluang usaha
Ade Yusdira (YouTube)

Kecil-kecil dan berbau, telur semut api alias kroto bisa cetak penghasilan puluhan juta lho. Ade Yusdira berkenalan dengan peluang usaha jual kroto ini gara-gara hobinya memancing ikan.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Penulis buku Budi Daya Kroto Sistem Stoples ini melihat adanya prospek keuntungan dari peluang usaha yang diambilnya ini. Bermodalkan Rp 2 juta, Ade Yusdira memulai usaha kroto semut ini. Ia membeli 30 sampai 300 toples sebagai wadah bibit kroto.

Setelah menghasilkan, kroto ini dijualnya ke para pemancing dan pemelihara burung. Siapa sangka dari penjualannya tersebut, ia bisa meraup omzet puluhan juta.

4. Kotoran sapi

peluang usaha
Syammahfuz Chazali (Indonesiaproud)

Kalau udah ngomongin kotoran, memang menjijikan sih. Namun, hal ini kayaknya gak berlaku buat Syammahfuz Chazali. Dari kotoran sapi yang menjijikan, ia malah dapat penghasilan hingga Rp 110 juta per bulan.

Pria kelahiran 5 November 1984 ini menyulap kotoran sapi menjadi gerabah, batu bata, hingga kerajinan tangan.

Karena kehebatannya inilah kemudian ia memenangkan Social Venture Competition yang diadakan Universitas Berkeley, Amerika Serikat plus uang US$ 25 ribu atau Rp 359 juta.

Bukan kebetulan, lulusan Fakultas Peternakan UGM Yogyakarta ini bisa olah kotoran sapi. Berkat rasa ingin tahunya dan hasil konsultasi dengan dosen-dosennya, eksperimennya sukses bikin kotoran sapi sebagai bahan dasar gerabah dan batu bata.

Itu tadi empat peluang usaha omzet ratusan juta yang mungkin bikin kamu bergidik. Di luar perkiraan kita kan, hal yang menjijikan ternyata bisa jadi ‘sumur emas’. Kalau kamu berminat, kira-kira yang mana nih yang kamu pilih?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →