4 Penyakit dengan Pengobatan Termahal di Indonesia Ini Bisa Menguras Uangmu!

Sakit gak hanya membuat badanmu terasa gak enak, tapi juga dapat menguras isi kantong. Bahkan beberapa penyakit membutuhkan biaya besar dan bisa dibilang menjadi pengobatan termahal di Indonesia.

Karena itu pentingnya kamu menjaga kesehatan tubuhmu dengan mulai menerapkan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat dan juga olahraga.

Nah, kali ini DuitPintar mau berbagi info mengenai pengobatan termahal di Indonesia. Apa saja penyakitnya? Simak selengkapnya di bawah ini.

[Baca: Difteri Adalah Penyakit yang Menguras Kantong, Ini Buktinya]

1. Pengobatan Termahal Penyakit Kanker

Pengobatan Termahal
Pengobatan Termahal Penyakit Kanker (obatlukapayudara)

Menurut depkes.go.id kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di Dunia termasuk Indonesia. Bahkan jumlah pasien yang meninggal karena kanker pun sangat besar, salah satu contohnya adalah kanker paru.

Pasien yang menderita penyakit kanker sebesar 13,6 persen dari jumlah penduduk dan yang meninggal sebesar 11,1 persen.

Artis cantik Julia Perez menjadi salah satu contoh bagaimana ganasnya penyakit kanker hingga merenggut nyawanya.

Karena itu, biaya pengobatan untuk menyembuhkan penyakit ini pun terbilang sangat mahal. Pasalnya, kamu harus mengikuti sederet proses pengobatan seperti terapi, kemoterapi, obat-obatan dan lainnya.

Rumah Sakit Kanker Dharmais memperkirakan para pasien harus menyiapkan uang puluhan juta rupiah setiap bulannya untuk menjalankan proses pengobatan.

Untungnya ada BPJS Kesehatan yang meng-cover seluruh biaya pengobatan penyakit ini. Mulai dari kemoterapi, obat-obatan hingga pelayanan.

Yang membedakan peserta hanya ruang rawat inap sesuai dengan kelas yang kamu pilih. Namun untuk perawatan, masing-masing kelas sama.

[Baca: Belajar dari Kisah Julia Perez, Yuk Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pap Smear. Berapa sih Biaya yang Dibutuhkan?]

2. Pengobatan Termahal Penyakit Gagal Ginjal

Pengobatan Termahal
Pengobatan Termahal Penyakit Gagal Ginjal (jourdeness)

Gagal ginjal juga termasuk penyakit dengan biaya pengobatan termahal. Bahkan kita tentu sering melihat kasus di mana banyak para penderita gagal ginjal yang menjual aset miliknya untuk biaya pengobatan.

Pasalnya kamu harus mengeluarkan biaya untuk hemodialisis (cuci darah). Harganya tentu tidak murah.

Contohnya di Rumah Sakit Pertamina, sebesar Rp 1.430.000 sekali cuci darah. Biaya tersebut pun tidak termasuk biaya lainnya seperti alat yang digunakan dan obat-obatan.

Gak cuma itu aja, kamu juga harus merogoh kocek untuk kateter sebesar Rp 10 juta untuk mencuci darah lewat perut. Transplantasi ginjal? Harus punya dana sebesar Rp 200 juta.

Nah, sama halnya dengan pengobatan penyakit kanker, untuk gagal ginjal semua perawatan juga ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Selama sesuai dengan rujukan dokter, ya.

Misalnya, dokter merujuk cuci darah sebanyak dua kali dalam seminggu. Nah, kalau cuci darah sebanyak tiga kali dalam seminggu, maka tiga kali cuci darah itu akan ditanggung BPJS Kesehatan.

3. Pengobatan Termahal Penyakit Stroke

Pengobatan Termahal
Pengobatan Termahal Penyakit Stroke (autoimuncare)

Penyakit stroke disebabkan oleh penyumbatan aliran darah yang terjadi di otak. Kondisi tersebut dapat berisiko pasien mengalami cacat seumur hidup.

Biaya pengobatan untuk penyakit ini juga sangat menguras tabungan. Misalnya untuk CT atau MRI scan, berbagai tes lainnya, terapi, dan obat-obatan yang harganya lumayan fantastis.

Penderita penyakit stroke juga setidaknya harus menyiapkan uang ratusan juta rupiah untuk melakukan sederet pengobatan di Rumah Sakit Premier Jatinegara.

Biaya yang harus dikeluarkan memang tidaklah murah karena penyakit stroke berisiko membuat pasien mengalami cacat  seumur hidup.

Namun kamu gak perlu khawatir karena kini biaya pengobatan untuk penyakit stroke sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan selama diagnosa dari dokter.

4. Pengobatan Termahal Penyakit Jantung

Pengobatan Termahal
Pengobatan Termahal Penyakit Jantung (baomoi)

Pasien penderita penyakit jantung harus menyiapkan dana ratusan juta rupiah untuk melakukan berbagai pengobatan termasuk operasi.

Ada dua alternatif pengobatan penyakit jantung. Pertama yaitu pemasangan cincin jantung. Kedua adalah operasi bypass yang membuat saluran baru pada pembuluh darah arteri yang tersumbat.

Untuk operasi pemasangan cincin jantung (ring jantung) di RS Jantung Harapan Kita, kamu setidaknya harus menyiapkan dana antara Rp 50-100 juta. Harga ini untuk cincin dengan kualitas baik dan bisa bertahan lebih dari tujuh tahun.

Tapi, biaya tersebut belum termasuk biaya kateter, rawat inap dan juga obat-obatan yang harus dikonsumsi.

Sedangkan operasi bypass, setidaknya membutuhkan uang sebesar Rp 100-300 juta. Pasalnya, dalam satu kali operasi dapat memasang hingga lima bypass sekaligus.

Serupa dengan penyakit kritis lainnya di atas, biaya pengobatan untuk penyakit jantung juga di cover oleh pihak BPJS Kesehatan asal sesuai dengan diagnosa dokter.

Gak tanggung-tanggung, biaya perawatan yang di-cover meliputi biaya laboratorium, konsultasi, rawat inap serta obat-obatan.

[Baca: Manfaat Cek Kesehatan Jantung: Jangan Salah Pilih Asuransi yang Pas]

Nah, itu dia empat penyakit dengan biaya pengobatan termahal di Indonesia. Sehat itu mahal karena itu yuk jaga kesehatan kamu mulai dari sekarang.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →