Mobil Mewah Udah Biasa, Yuk Bahas 4 Tempat Parkir yang Harganya Rp 14 Miliar

Tempat-Parkir-Termahal-di-Dunia-Shutterstock.

Ngomongin mobil termahal atau motor termahal mah udah basi, gimana kalau sekarang kita bahas soal tempat parkir termahal?

Bisnis lahan parkir jelas cukup menguntungkan, apalagi kalau lokasinya di Jakarta yang kondisinya sudah padat. Pemilik kendaraan di Ibu Kota juga gak sedikit jumlahnya.

Biaya parkir di Jakarta tentu beragam ya, kalau parkirnya di mall sebagian besar biayanya Rp 5 ribu dan setiap kelipatan satu jam bakal dikenakan tarif Rp 4 ribuan. Sementara itu kalau parkir di pinggiran jalan, semuanya tergantung dari lokasinya.

Jika di Jakarta Selatan seperti Kemang, Tebet, dan sekitarnya, sekali parkir bisa dipatok Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribuan. Tapi kalau di Jakarta Timur, abang-abang tukang parkir masih bersedia menerima Rp 5 ribu. 

Intinya beda wilayah beda lokasi. Dan mereka yang punya lahan kosong tentu bisa dapat cuan banyak dari bisnis yang satu ini.

Ingin tahu gedung atau spot tempat parkir yang dijual mahal di dunia ini? Yuk simak ulasannya.

1. Park Slope Brooklyn, New York

Tempat Parkir
Parkiran (CNBC).

Belum lama ini, perumahan di wilayah Park Slope, Brooklyn, New York menjual sebuah tempat parkir yang biayanya bisa mencapai US$ 300 ribu atau setara dengan Rp 4,2 miliar!

Menurut situs NBC, tempat parkir mahal itu bernama Parking Garage Condo. Walau harganya mahal, namun pembeli gedung parkir ini akan mendapat banyak keuntungan dari harga sewa per mobil. 

Tapi kabarnya, orang-orang yang menyewa parkiran ini harus membayar biaya Rp 3,8 juta. Biaya semahal itu bukan cuma biaya parkir melainkan biaya perawatan kendaraan yang disediakan di sana. Cerdas juga ya.

2. Tempat parkir di Apartemen Wai Ming

Tempat Parkir
Parkiran Apartemen Wai Ming

Lokasinya ada di apartemen mewah, dan surat kabar South China Morning Post sempat menyebut tempat parkir ini sebagai parkiran termahal di dunia. Kok bisa?

Yang jelas, lokasinya ada di lantai tingkat pertama Apartemen Wai Ming, yang terletak di Hong Kong. Dan parkiran ini adalah parkiran yang paling diburu oleh seluruh penghuni apartemen.

Wajar saja, lokasinya strategis belum lagi luasnya yang 40 persen lebih besar ketimbang spot parkir yang terletak di apartemen ini. 

Pendiri Apartemen Wai Ming (Kwan Wai-Ming) membelinya di harga US$ 660 ribu atau setara dengan Rp 9,2 miliar.

3. Sun Hung Kai Properties

Tempat Parkir
Sun Hung kai Properties

Sun Hung Kai Properties juga merupakan sebuah perusahaan pengembang properti di Hong Kong. Mereka membeli sebuah lahan parkir seharga US$ 765 ribu atau Rp 10 miliaran!

Kabarnya, tempat parkir itu luasnya mencapai 8,1 meter persegi. Dan tempatnya ada di apartemen mewah Ho Man Tin yang gak jauh dari Kowloon.

Harga sewanya juga mahal, mengingat tempat parkir emang mahal kalau di kota ini.

4. Manhattan Union Square

Tempat Parkir
Manhattan Union Square

Letaknya ada di Kota New York, Amerika Serikat. Dan tempat parkir ini bentuknya merupakan garasi pribadi. 

Lokasi parkir ini luasnya cuma 3,6 x 7 meter doang lho. Tapi dijual di harga US$ 1 juta atau setara dengan Rp 13 miliar!

Dijual mahal karena lokasinya dan tentu saja ini adalah tempat parkir khusus pemilik supercar! Uang segitu ma ga ada artinya bagi pemilik mobil mewah.

Itulah deretan tempat parkir termahal di dunia. Maksudnya termahal bukan biaya sewanya ya melainkan harga propertinya.

Intinya, wilayah yang dihuni oleh pemilik kendaraan roda empat tentu bisa saja mengalami krisis lahan parkir di kemudian hari. Kamu yang punya tanah lapang, tentu bisa cari pendapatan pasif dari sektor yang satu ini. Tapi membeli tempat parkir bukan sembarangan lho ya. Harganya juga luar biasa mahal. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →