4 Tips Renovasi Dapur Murah Ini Bakal Bikin Kamu Makin Betah Masak

renovasi dapur murah

Buat para mommies, dapur sering menjadi spot terfavorit di rumah. Terlebih bila memasak merupakan hobi yang paling digemari.

Namun ada kalanya dapur tak lagi terasa nyaman. Mungkin ada peralatan yang rusak sehingga mengurangi kenikmatan mengupas pete atau mengaduk semur jengkol.

Bisa juga suasana di dapur butuh pembaruan biar terasa lebih menyegarkan. Kalau peralatan rusak, solusinya cuma servis atau beli baru. Adapun bila suasana yang harus dipermak, renovasi adalah jawabannya.

Eits, jangan langsung mikir renovasi dapur bakal nguras duit. Ada kok cara renovasi dapur murah tapi gak kelihatan murahan.

[Baca: 5 Ide Renovasi Dapur Murah dengan Bujet di Bawah Rp 10 Juta]

Berikut ini tipsnya:

1. Gantungan di tembok

Peralatan tempur di dapur mesti rapi ditata. Tapi gak asal rapi. Ditumpuk di meja atau rak dapur, misalnya.

Wajan, panci, dan saringan serok mungkin terlihat sudah rapi ditempatkan di satu sudut dapur. Begitu pula spatula, pengocok telur, sampai parutan.

Tapi akan lebih sedap dipandang bila semuanya digantung pada kawat yang dilengkapi pengait. Bisa beli kawat meteran yang dijual di toko bangunan, lalu tambahkan pengait seperti yang dipakai di kandang burung.

Harga kawat ukuran 100 x 100 cm sekitar Rp 100 ribu. Sedangkan pengait hanya Rp 2.000.

Buat gantungan pisau, bisa pakai magnet yang dipaku pada tembok. Jadi, badan pisau cukup ditempelkan pada magnet itu untuk disimpan. Harga papan gantungan pisau magnet gak sampai Rp 100 ribu kok.

Trik ini juga ampuh bikin dapur kelihatan lebih luas dan rapi lho.

[Baca: Menyiasati Dapur Kecil dengan Kitchen Set Rp 5 Juta]

renovasi dapur murah
Pisau ditempel, gampang diambil dan disimpan (magnet pisau/tokopedia)

2. Contact paper buat kabinet

Cat kabinet yang mengelupas atau tergores bisa membuat mood masak hilang. Tapi gak perlu ganti kabinet.

Cukup pakai contact paper untuk menyelimuti kabinet yang mau diganti itu. Ada banyak pilihan warna dan motif.

Contact paper juga sering disebut sebagai wallpaper atau stiker dinding. Kertas ini berupa stiker yang mesti dipotong sesuai dengan kebutuhan.

Harganya amat terjangkau, hanya Rp 30-50 ribu. Itu untuk ukuran standar 1 meter x 45 cm. Di toko wallpaper atau interior biasanya ada. Bisa juga beli di toko online.

renovasi dapur murah
Contact paper bikin kabinet lebih berwarna dan memberi nuansa baru (contact paper/pinimg)

3. Lantai berpola

Selama ini lantai dapur hanya berupa keramik putih yang membosankan? Ganti saja. Tapi bukan dengan keramik warna-warni.

Lantai vinyl bisa jadi alternatif buat renovasi dapur murah. Harganya rata-rata hanya Rp 50 ribu untuk ukuran 200 x 100 cm.

Kalau ganti keramik, bakal rugi ongkos dan waktu. Keramik lama mesti dibongkar dulu. Lalu keramik baru dipotong agar sesuai dengan kebutuhan lantai. Terakhir, baru deh keramik dipasang.

Gak bakal cukup sehari untuk ganti keramik dapur. Apalagi jika dapurnya luas. Pengeluaran buat tukang dan keramik pastinya lebih banyak ketimbang beli lantai vinyl yang bisa dipasang sendiri. Kecuali kamu mau meluangkan waktu ekstra buat berburu keramik murah.

[Baca: 4 Tempat untuk Berburu Keramik Lantai Murah di Sekitaran Jakarta]

4. Rak yang gak hanya diisi hardware

Dapur memang tempatnya hardware masak-memasak. Tapi agar lebih menyegarkan, tambahkan hiasan yang baru sebagai salah satu cara renovasi.

Misalnya beli rak tangga yang sering dijual sebagai rak tanaman. Harganya berkisar Rp 300-500 ribu, tergantung ukuran dan bahan. Di rak tersebut, taruh microwave, bumbu dan saus, plus tambahkan pot bunga dan tanaman kecil sebagai pemanis.

Bisa juga ditaruh frame lukisan berdiri. Atau mungkin foto keluarga sebagai pengingat agar masakannya gak keasinan atau gosong karena akan disantap bersama.

renovasi dapur murah
ak begini ditaruh di sudut dapur, pasti tambah betah masaknya (rak/signature hardware)

Kata “renovasi” memang identik dengan “ongkos” dan “pengeluaran tambahan”. Tapi bila memang perlu, kenapa tidak dilakukan?

Kalau ditunda-tunda, dampaknya malah bisa lebih parah. Ibu di rumah jadi males masak sehingga sering beli lauk di luar, misalnya. Hal itu malah bisa menggembungkan pos pengeluaran.

Apalagi tips renovasi dapur murah di atas hasilnya bisa diadu. Gak percaya? Coba saja.

 

Tanya Lifepal - Untuk Pertanyaan Keuanganmu
Apakah poin-poin omnibus law cipta kerja (ciptaker) yang perlu diketahui karyawan?Di wilayah kantor saya sering sekali dengar tentang ramai nya perbincangan omnibus law akhir-akhir ini. Penasaran aja, apa sih poin-poin penting untuk kita para karyawan?Dijawab : Rieke Caroline, SH, MKn.

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →