Ternyata Ini Lho! Sosok 4 Wanita Hebat di Balik Pria-Pria Sukses Indonesia

Ada pepatah bilang, “Di balik pria sukses, ada wanita hebat di belakangnya”. Pepatah tersebut ternyata memang benar lho, di mana terdapat sosok perempuan yang setia dan penuh kesabaran mendukung serta mendampingi suaminya hingga mencapai kesuksesan.

Hal tersebut juga berlaku untuk para pria sukses di dunia yang memiliki sosok perempuan hebat di sampingnya. Para perempuan  ini bahkan mampu membuat sang suami untuk terus maju dengan pencapaian karier yang luar biasa.

Memang sih faktor utama yang menjadi penentu kesuksesan seorang pria dari cara kerja keras dan usahanya. Meski begitu, peranan perempuan dalam mendukung pasangannya gak bisa dipandang sebelah mata.

Hal itulah yang membuat orang terkaya nomor satu di dunia Jeff Bezos, gak berpaling dari sang istri, MacKenzie Bezos yang sudah menemani dirinya selama 23 tahun lamanya.

Orang terkaya nomor dua di dunia, Warren Buffett juga mengatakan kalau keputusan terbesar yang harus kamu buat adalah saat menentukan siapa sosok yang akan kamu nikahi.

Jadi, urusan pasangan itu emang gak bisa asal pilih. Kalau orang Jawa bilang, bibit, bebet dan bobotnya harus jelas. Karena seorang pasangan itu memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan pasangannya, berhasil meraih kesuksesan atau tidak.

Penasaran siapa saja sosok wanita hebat yang ada di balik kesuksesan pria-pria sukses di dunia? Berikut empat di antaranya yang sudah dirangkum oleh MoneySmart.id.

1. Atalia Praratya Kamil – Ridwan Kamil

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh atalia praratya (@ataliapr) pada 16 Agu 2018 jam 9:13 PDT

Sejak menjabat sebagai Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil terus mendapat banyak pujian karena mampu menyulap Kota Bandung menjadi lebih cantik.

Selama lima tahun lamanya Ridwan Kamil menjadi sosok yang dibanggakan oleh warga Bandung. Pria yang kerap disapa Kang Emil ini akhirnya dilantik menjadi Gubernur Jawa Barat pada 5 September 2018 belum lama ini.

Kesuksesan Ridwan Kamil tentu saja tak lepas dari peranan sang istri Atalia Praratya Kamil atau yang biasa dipanggil Kang Emil dengan sebutan Si Cinta.

Ridwan Kamil menikah di usia 25 tahun. Saat itu sang istri, Atalia Praratya Kamil masih menginjak usia 23 tahun.

Di usianya yang masih sangat muda, Atalia dengan setia menemani Kang Emil meraih kesuksesannya, mulai dari melanjutkan study di luar negeri, merintis usaha di bidang arsitektur hingga terjun ke dunia politik.

Sudah bersama-sama selama 22 tahun, tentu saja sosok Atalia Praratya Kamil tak luput dari sosok hebat dibalik kesuksesan seorang Ridwan Kamil.

2. Iriana – Jokowi

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi) pada 2 Mar 2018 jam 7:45 PST

Sukses menjadi Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo alias Jokowi kini menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia sejak 20 Oktober 2014. Di balik kesuksesan karier Jokowi di jajaran pemerintahan memang tak luput campur tangan sang istri, Iriana.

Di balik kesuksesan yang dicapai Jokowi, tentu saja tak lepas dari peranan sang istri Iriana yang selalu setia mendampingi dan mendukung sang suami hingga menjadi pria sukses seperti sekarang ini.

Iriana dan Jokowi menikah di Solo pada 24 Desember 1986 ini dikarunia tiga orang anak yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep.

Iriana juga dikenal sebagai sosok yang sederhana. Meski sang suami diberikan berbagai fasilitas mewah, nyatanya gak membuat Iriana melupakan perannya sebagai seorang istri dan ibu. Dalam kesehariannya, wanita berusia 55 tahun ini masih menyiapkan makanan kesukaan Jokowi dan keluarga pastinya.

3. Hasri Ainun Habibie Besari – BJ Habibie

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bacharuddin Jusuf Habibie (@b.jhabibie) pada 31 Jan 2018 jam 8:35 PST

Kisah cinta Presiden RI ke-3, BJ Habibie dengan Hasri Ainun Habibie Besari memang tak lekang oleh waktu. Saking romantisnya, cerita cinta keduanya pun sampai diangkat menjadi sebuah film yang berjudul “Habibie & Ainun” yang diperankan oleh Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari.

Habibie dan Ainun sudah mulai saling suka saat keduanya masih duduk di bangku SMA di Bandung. Meski begitu, tak ada kemajuan dalam hubungannya. Hingga akhirnya di tahun 1962, Habibie kembali ke Indonesia dan menikahi Ainun.

Setelah itu, keduanya bersama-sama pindah ke Jerman karena Habibie harus menyelesaikan study-nya di bidang teknik penerbangan, spesialisasi konstruksi pesawat terbang, di RWTH Aachen, Jerman Barat.

Saking cerdasnya, Habibie berhasil menerima gelar diplom ingenieur di tahun 1960 dan gelar doktor ingenieur di tahun 1965 dengan predikat summa cum laude.

Semasa hidupnya, mendiang Ainun dikenal sebagai istri yang setia dan telaten mengurus keluarga. Ia bahkan dikenal sebagai ibu negara yang ramah dan murah senyum.

Gak hanya itu aja, Ainun yang juga berprofesi sebagai dokter ini memiliki jiwa sosial yang tinggi. Hal itu diwujudkan dengan membentuk yayasan beasiswa ORBIT dan Bank Mata untuk penyantun Mata Tunanetra.

4. Inggit Garnasih – Soekarno

Inggit Ganarsih dan Soekarno. (hgbudiman.wordpress)

Inggit Garnasih merupakan istri kedua Presiden RI pertama, Soekarno. Inggit merupakan sosok wanita sederhana yang setia mendampingi Soekarno dalam keadaan yang paling sulit yaitu meraih kemerdekaan Indonesia.

Kesederhanaannya justru menjadi pembangkit semangat Soekarno. Ia rela berjalan sepanjang 20 km dari rumahnya ke penjara tempat suaminya ditahan hanya untuk mengirimkan makanan dan membeli buku.

Gak cuma itu, Inggit juga rela menemani Soekarno saat dibuang ke Ende, NTT. Inggit juga membantu Soekarno menerjemahkan pidatonya ke dalam bahasa Sunda. Jadi, bisa dibilang peranan Inggit sangat besar dalam mendampingi Soekarno.

Itu dia empat sosok wanita hebat yang berada di balik pria-pria sukses di Indonesia. Ya, seorang wanita memang memiliki peran yang sangat besar untuk suami dan keluarganya.

Lewat dukungan moral, kasih sayang serta kelembutannya, seorang wanita mampu membuat pria semakin kuat dan maju.

Karena itu, untuk kamu yang ingin suaminya tengah berjuang meraih kesuksesan. Terus berikan dukungan dan setia mendampingi usahanya. Meski kini belum berhasil, tapi percayalah gak ada usaha yang sia-sia.

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →