Eksis Sejak Era 90-an Hingga Zaman Now! Ini Strategi Rossa Jadi Artis

Nama Rossa pasti udah gak asing banget di ranah musik Indonesia. Bahkan, salah satu penyanyi ternama Indonesia ini udah menggelar konser di negeri tetangga lho.

Bernama lengkap Sri Rossa Roslaina Handayani, ibu satu anak ini emang udah lama malang-melintang di dunia hiburan. Bahkan gak cuma menyanyi namun ia pun pernah menjajal dunia akting. Bayangin aja dari tahun 90-an, namanya masih tetap eksis sampai saat ini.

Coba deh perhatikan semua lagu Rossa berhasil menduduki tangga lagu musik dalam negeri bahkan di Asia. Dari sekian banyak lagunya langsung mudah diingat dan sering dinyanyikan oleh banyak orang Bahkan, gak jarang beberapa dari semua lagunya tersebut everlasting alias dikenang sepanjang masa.

Apa sih rahasia hampir semua lagu Rossa sering kali nge-hits hingga bikin dia bisa bersaing dengan penyanyi lainnya hingga kini? Yuk, kita intip beberapa poin berikut. Siapa tahu bisa jadi inspirasi buat kamu yang mau berkarier di dunia entertainment.

1. Mulai dari nol

Di usianya yang gak muda, Rossa masih tetap bertahan dengan karier musiknya, (Instagram/@itsrossa910).

Sama hal seperti penyanyi kenamaan Indonesia Krisdayanti, Rossa pun memulai karier benar-benar dari bawah. Dirinya sudah menyanyi sejak kecil. Wanita kelahiran 1978 tersebut menelurkan album pertama pada tahun 1996 yang bertajuk “Nada-nada Cinta”. Di usia 18 tahun, dirinya sudah memulai karier menyanyinya secara profesional. Bahkan di tahun 1988, ia juga sempat merilis lagu anak-anak.

Cuma aja hasil penjualan album masa kecilnya tersebut kurang maksimal. Meski demikian, dirinya gak pernah patah arang. Sebab, di awal masa dewasanya dia kembali mengeluarkan album. Tahun 1996 bisa dibilang sebagai titik awal perempuan kerlahiran Sumedang ini menuju puncak popularitas.

2. Lagu bersegmen luas

Pelantun “Tegar” saat mendapatkan penghargaan musik bertaraf internasional, (Instagram/@itsrossa910).

Mungkin udah bukan rahasia lagi kalau lagu-lagu bertemakan cinta lebih “laris manis” di pasaran. Nah, Rossa sendiri emang terkenal dengan lagu-lagunya yang bertemakan cinta dan sendu.

Terbukti albumnya yang berjudul “Nada Nada Cinta” di tahun 1996 sukses di pasaran. Berlanjut ke album “Tegar” tahun 1999 pun kembali jadi hits. Bahkan, hampir semua lagu dari album tersebut masih dikenang sampai sekarang.

3. Bikin inovasi lagu sesuai zaman

Dirinya juga langganan menyanyikan lagu ciptaan Melly Goeslaw, (Instagram/@itsrossa910).

Nah, ini salah satu strategi paling jitu yang dimiliki Rossa. Kalau ada yang bertanya kenapa rata-rata dari semua lagu Rossa selalu meledak di pasaran? Jawabannya adalah inovasi.

Sukses dengan tembang sendu di awal karier gak bikin Rossa mentok di genre itu saja. Rossa selalu bikin inovasi lagu sesuai dengan perkembangan zaman.

Tahun 2004, Rossa bikin gebrakan dengan menyanyikan lagu bergenre pop progresif. Rossa yang selama ini dikenal dengan tembang-tembang sendu malah sangat aktif di video lagu “Pudar” yang disertai musik lebih upbeat.  

Kini, ia pun masih menggunakan cara ini. Dia sadar bahwa dirinya pengin tetap dikenal maka dia harus mendekatkan diri dengan generasi millenial. Dengan gitu, dia harus menyesuaikan musiknya sesuai dengan selera pasar zaman now.

Tahun 2017 lalu, ibu satu anak ini hadir dengan lagu berjudul “Body Speak” yang emang benar-benar beda dari image dirinya selama ini. Ia menyanyikan lagu bergenre dance music dengan video klip yang lebih fresh.

4. Menyanyikan soundtrack film

Tampil necis salah satu cara dirinya tetap jadi pusat perhatian, (Instagram/@itsrossa910).

Sembari aktif menggarap album sendiri, ia pun aktif menyanyikan lagu-lagu yang dijadikan soundtrack film. Pada akhirnya juga bikin nama dirinya semakin melambung ditambah lagu-lagu tersebut buat film-film box office Indonesia.

Salah satu lagu soundtrack Rossa yang paling dikenal adalah lagu-lagu buat film “Ayat Ayat Cinta”. Film tersebut begitu fenomenal sehingga jadi salah satu faktor yang bikin namanya pun tetap bertahan di panggung musik Indonesia.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

5. Kolaborasi dengan musisi zaman sekarang

Bersama Anggun, dirinya baru-baru ini berkolaborasi dalam bermusik, (Instagram/@itsrossa910).

Rossa sadar bahwa dirinya mesti melakukan inovasi dalam bermusik agar namanya tetap bertahan dan dapat menyetarakan dirinya  dengan penyanyi muda zaman sekarang. Namun, hal tersebut gak bikin dia benar-benar terpisah dan merasa diri eksklusif banget.

Justru dirinya dengan pintar menggaet musisi zaman sekarang buat kolaborasi dalam bermusik. Terbukti dengan duet bersama Afgan, Rossa yang terpaut jauh usianya dengan pelantun “Sadis itu nyatanya sukses mencetak kesuksesan dalam berduet. Gak cuma Afgan, nama sekaliber Anggun pun, ia pun berduet dalam bermusik.

Dari strategi yang dilakoni oleh dirinya di atas mana nih yang menurut kamu paling menarik? Yang pasti, usia bukanlah penghalang buat seseorang masih tetap eksis. Inovasi dan selalu berkaryalah yang bikin seseorang bakal terus dikenang, seperti halnya Rossa. (Editor: Mahardian Prawira).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →