5 Aplikasi Terjemahan Gratis yang Cocok Buat Traveling ke Luar Negeri

Aplikasi-translate-diklaim-sangat-membantu-mereka-yang-hendak-berlibur-ke-luar-negeri-Shutterstock.

Liburan ke luar negeri tapi gak mengerti bahasa negara tujuan memang membingungkan. Tapi untungnya, semua keresahan itu bisa diatasi dengan aplikasi translate.

Memang gak semua orang dibekali dengan bakat berbicara bahasa asing. Karena tidak memiliki akses untuk belajar, maupun belum memiliki kesempatan untuk menyelami lebih jauh. Ada juga yang terlalu menganggap sepele bahasa asing, dengan segala dalih dan pembelaannya. Namun, bukan berarti mereka gak bisa berlibur ke luar negeri dong.

Liburan ke mana saja adalah hak setiap orang. Meskipun gak bisa berbahasa asing, mereka berhak untuk pergi liburan ke Australia, Jepang, Singapura, dan negara lainnya selama memiliki uang. Terus, gimana nanti komunikasinya di sana? Gimana nanti nanya alamat? Pesan makanan? Dan lain-lain.

Ya itulah konsekuensinya tidak mahir berbahasa asing. Sebetulnya gak perlu mahir-mahir banget sih, cukup mengerti saja juga sudah membantu kok. Segala keresahan itu sebenarnya sudah gak perlu diributkan lagi di masa secanggih saat ini, karena sudah banyak tersedia di ponsel pintar aplikasi translate yang bisa diunduh dan pastinya gratis!

Baca juga: Pelesiran ke Korea Selatan Jangan Lupa Kunjungi Objek Wisata Gratis Ini

1. Google Translate

Aplikasi translate
Aplikasi translate (google)

Aplikasi translate yang udah terkenal banget seantero Indonesia ini ternyata juga tersedia di ponsel pintar. Google Translate memungkinkan kamu untuk menerjemahkan lebih dari 103 bahasa secara online dan 59 bahasa secara offline.

Tapi, gimana kalau misalnya kita mau tahu terjemahan tanda peringatan di fasilitas umum? Gampang, kamu gak perlu menuliskan ulang, cukup gunakan terjemahan melalui kamera saja.

Di Google Translate, kamu bisa mentranslate 37 bahasa hanya dengan bermodalkan kamera ponsel pintar. Tinggal arahkan kameramu ke tulisan yang ingin kamu terjemahkan, lalu tunggu sampai terjemahannya muncul. Google Translate bisa diunduh secara gratis untuk perangkat iOS dan Android OS.

2. TripLingo

Aplikasi translate
TripLingo

TripLingo bukan sekadar aplikasi translate biasa, tapi kamu juga bisa mempelajari adat istiadat dan budaya negara tujuanmu. Aplikasi ini dirancang khusus untuk para traveler, demi mengurangi miskomunikasi di negara tujuan. Karena masing-masing budaya berbeda-beda, ada yang di Indonesia baik, tapi di luar negeri justru buruk, tapi juga sebaliknya.

Nah untuk menghindari kesalahpahaman, TripLingo siap memberikan informasi umum tentang negara tujuan kamu termasuk kebiasaan mereka. Caranya cukup mudah, tinggal unduh paket negara yang ingin dikunjungi, lalu kamu bakal dapat penerjemah lewat gambar, kosa kata, dan gambaran tentang kebudayaannya. Aplikasi ini bisa dijalankan secara offline kok, jadi gak perlu repot-repot cari jaringan internet.

Aplikais ini bisa diunduh gratis di App Store dan juga Google Play. Tapi, untuk bisa menikmati layanan yang pro dengan lebih banyak frasa dan konten, kamu harus bayar seharga US$ 39,99 untuk tiga bulan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Kamera Terbaik untuk Sempurnakan Aktivitas Pelesiranmu, Gak Sampai Rp 20 Juta!

3. iTranslate

Aplikasi translate
iTranslate

iTranslate juga merupakan aplikasi penerjemah yang paling popular di dunia. Dengan lebih dari 50 ribu kali diunduh di App Store dan mayoritas memberikan skor bintang 4 dan 5. Aplikasi ini mampu menerjemahkan lebih dari 100 bahasa yang berbeda.

Keunggulan dari iTranslate adalah lebih praktis ketimbang aplikasi-aplikasi lainnya, bahkan bisa disambungkan dengan perangkat smart watch sehingga memungkinkan pengguna menerjemahkan bahasa hanya dari jam tangan.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di App Store dan Google Play. Untuk bisa menikmati fitur-fitur yang pro, kamu harus membeli dalam versi pro yang dapat dimiliki seharga US$ 39,99 per tahun. Tapi, fitur yang gratisannya juga udah lengkap kok, bisa menerjemahkan secara offline, bisa terjemahan lewat suara, dan bisa terjemahin website.

4. Papago

Aplikasi translate
Papago

Kalau kamu berlibur ke negara-negara Asia, seperti misalnya Korea, Jepang, dan China, aplikasi Papago sangat unggul sebagai aplikasi penerjemah bila dibanding Google Translate.

Karena mereka mampu menerjemahkan tulisan kanji maupun tulisan asli negara tersebut ke dalam bahasa yang mudah dimengerti. Sedangkan Google Translate sendiri sedikit sulit untuk menerjemahkan tulisan-tulisan tradisional seperti di Jepang, Korea, dan China.

Selai dalam bentuk teks, terjemahan juga bisa dilakukan dalam bentuk suara. Misalnya kamu ngobrol sama orang Korea, nah tinggal sodorin saja aplikasi ini biar kamu ngerti. Jadi kau bisa berbincang langsung dengan orang lokal tanpa terkendala bahasa, meskipun agak ribet dan menguras waktu ya! Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di App Store dan Google Play.

Baca juga:  Terkenal Menguras Biaya Cukup Banyak, 7 Destinasi di Labuan Bajo Ini Justru Gratis

5. Microsoft Translator

Aplikasi translate
Microsoft Translator

Gak cuma Google, Microsoft juga punya aplikasi translate yang terkenal yaitu Microsoft Translator. Tapi, gak sebanyak Google Translate, aplikasi ini cuma bisa menerjemahkan 60an bahasa. Keunggulannya, bisa menerjemahkan lebih dari satu bahasa secara bersamaan.

Aplikasi bisa diunduh secara gratis di App Store dan Google Play.

Itu tadi lima aplikasi translate gratis yang bisa membantu perjalanan liburanmu ke negeri orang. Keterbatasan kemampuan berbahasa asing bukan lagi jadi hambatan untuk bersenang-senang. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →