Berkuasa dan Kaya Raya, Lihat Nih 5 Aset Presiden Korut, Kim Jong-un

Kim Jong-un (newsweek.com)

Korea Utara dikenal sebagai negara yang tertutup dan jarang terekspos media. Bahkan,  negara yang dipimpin oleh Kim Jong-un ini juga memiliki aturan sendiri, termasuk salah satunya adalah menggunakan penanggalan khusus yang dimulai dari hari lahir Presiden Kim Il-Sung pada tahun 1912.

Gak cuma itu aja, kehidupan warganya pun diatur oleh pemerintah. Contohnya seperti mobil hanya boleh dimiliki oleh para petinggi negara. Kalau kebijakan ini sih ada positifnya sih. Jalanan di Korea Utara jadi gak macet.

Sayangnya, kesenjangan sosial menjadi salah satu hal yang paling terlihat di Korea Utara. Bahkan banyak warga yang kehidupannya memprihatinkan.

Selain itu, Kim Jong-un disebut-sebut telah menjelma sebagai diktator yang paling ditakuti di Korea Utara.

Pasalnya, pria berusia 33 tahun terkenal sering mengeluarkan kebijakan kontroversial dan terkesan tidak masuk akal. Salah satunya adalah aturan soal model potongan rambut warganya.

Terlahir dari keluarga penguasa, Kim Jong-un memang ditakdirkan untuk memimpin Korut setelah kematian sang ayah, Kim Jong-il pada tahun 2011 silam.

Gak hanya kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Kim Jong-un yang kerap menarik perhatian masyarakat dunia, kehidupan pribadinya juga menjadi sorotan.

Pria lulusan Swiss ini diketahui memiliki kekayaan dengan jumlah yang sangat fantastis. Bahkan, bisa dibilang amat berbanding terbalik dengan kehidupan rakyatnya.

Penasaran apa saja aset milik Presiden Korea Utara, Kim Jong-un? Ini lima di antaranya:

1. Properti

Kim Jong-un
Ryugyong Hotel (huffingtonpost)

Kim Jong-un tinggal di rumah super megah yang dinamakan Istana Kumsusan di kawasan  timur laut kota Pyongyang.

Istana Kumsusan merupakan sebuah istana besar yang didedikasikan untuk seorang pemimpin komunis. Bagian sisi utara dan timur istana tersebut dibatasi dengan parit besar.

Kim Jong-un juga diketahui memiliki sebuah hotel mewah nan unik. Hotel tersebut bahkan disebut-sebut menjadi hotel terbesar di dunia karena memiliki 105 lantai.

Menariknya, pembangunan hotel tersebut dimulai pada tahun 1987, di bawah pengawasan Kim II Sung yang tak lain adalah kakek Kim Jong-un.

Hotel yang diberi nama Ryugyong ini berbentuk piramida. Unik banget kan?

2. Pesawat

Kim Jong-un
Kim Jong-un memiliki 1.000 buah pesawat (aol)

Tak hanya memiliki kekayaan di bidang properti, Kim Jong-un juga mendapatkan warisan yaitu pesawat dari berbagai tipe yang berasal dari Tiongkok dan Uni Soviet.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Gak tanggung-tanggung, ayah tiga anak ini mendapatkan warisan hampir 1.000 buah pesawat. Koleksi warisan yang disimpan di gudang senjata angkatan udara itu terdiri atas helikopter penyerang, pesawat tempur, pesawat kargo, serta beberapa drone dari tipe UAV Tiongkok dan Vega Shmel Rusia.

Gak hanya itu. Kim ternyata juga memiliki sejumlah sistem pertahanan udara seperti sistem SAM dan Triple A. Luar biasa banget kan?

3. Tempat wisata

kim-jong-un
Resor Ski Masikryong (telegraph)

Kim Jong-un diketahui juga memiliki sebuah resor yang berada di puncak gunung Taehwa di ketinggian 1.360 meter. Resor Ski Masikryong namanya.

Resor yang memiliki 120 kamar itu berada di bawah pengawasan ketat para tentara Korea Utara.

Selain itu, Kim juga diketahui memiliki beberapa lapangan golf yang dijaga oleh pekerja yang dikaryakan oleh pemerintah.

4. Pulau pribadi

kim-jong-un
Pulau pribadi (businessinsider)

Kim Jong-un yang diangkat sebagai Presiden saat berusia 28 tahun ini ternyata juga memiliki pulau sendiri. Pulau itu terletak di lokasi yang dirahasiakan di pesisir Korea Utara.

Disebut-sebut, pulau pribadi miliknya ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas megah termasuk lapangan helikopter untuknya sendiri.

5. Kapal dan mobil

kim-jong-un
Kim Jong-un memiliki 100 mobil (noonecares)

Gak hanya memiliki hampir 1.000 pesawat, ia juga memiliki kapal serbu amfibi, kapal perusak, kapal perang, kendaraan patroli, hingga kapal-kapal militer besar.

Selain itu, Kim juga disebut-sebut memiliki hampir 100 mobil dan kapal pesiar yang nilainya mencapai US$ 7 juta atau sekitar Rp 101,4 miliar.

Gak cuma itu aja, Kim Jong-un juga pernah dilaporkan menggelontorkan uang hingga US$ 16 juta atau sekitar Rp 231,7 miliar untuk membeli beberapa mobil mewah pada tahun 2014 silam.

Nah, itu dia lima aset milik pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un yang berdasarkan hitungan statistik Perserikatan Bangsa-Bangsa, kekayaannya per tahun 2018 ditaksir mencapai US$ 7-10 miliar atau sekitar Rp 101,4-144,9 triliun.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →