Jadi Komisaris Utama Bank Muamalat, Nih 5 Fakta Ilham Habibie

ilham habibie

Ilham Habibie resmi diangkat PT Bank Muamalat Tbk sebagai Komisaris Utama dan Komisaris Independen. Hal ini diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham yang diselenggarakan pada 28 Juni 2018 lalu.

Bank Muamalat optimis dengan adanya Ilham bakal membuat perkembangan yang signifikan bagi mereka.

Tapi ngomong-ngomong, apa aja ya prestasi putra sulung mantan Presiden B.J. Habibie ini? Apakah Ilham yang lahir di Aachen, Jerman ini secerdas ayahnya juga?

Ternyata bukan cuma cerdas, Ilham Habibie faktanya juga merupakan seorang pengusaha yang sukses. Ilham juga gak pernah ikut-ikutan berpolitik seperti ayahnya.

Pokoknya, pria dengan nama lengkap Ilham Akbar Habibie ini emang cocok deh dijadikan inspirasi buat siapa aja, bukan cuma buat pengusaha tapi juga karyawan kantoran.

Pengin tahu kenapa? Ini lima alasannya.

1. Berani mengejar impian

ilham habibie
Gak cuma mewarisi kecerdasan sang ayah, dia juga merupakan seorang pekerja keras (@America/Flickr)

Gak cuma kecerdasan, Ilham juga memiliki passion yang sama dengan sang ayah di dunia aeronautika. Kecintaannya di dunia pesawat terbang tumbuh dengan sendirinya tanpa paksaan.

Karena kecintaannya itulah, Ilham Habibie berhasil jadi insinyur penerbangan dan menuntut ilmu di bidang yang sama hingga ke jenjang S3.

Dia pun lulus dari Universitas Munich dengan gelar Summa Cum Laude. Hebat gak tuh. Orang Indonesia tapi bisa lulus kuliah di salah satu kampus unggulan di Eropa dengan nilai IPK yang nyaris sempurna.

Dalam kariernya, Ilham Habibie pernah jadi Direktur Pemasaran PT Dirgantara Indonesia. Tentunya bukan posisi sembarangan lho. Itu posisi strategis yang pejabatnya udah bisa dipanggil bos sama yang lain.

Keberhasilan ini membuktikan bahwa keberanian Ilham mengejar impian buat sukses di bidang aeronautika emang patut kita tiru. Dia berhasil mewujudkan cita-citanya dengan bekerja keras.

2. Udah makan asam garam dunia karier

Bicara soal karier, Ilham Habibie mah udah merasakan pahit dan manisnya berkarier. Bayangin aja, dia pernah jadi ilmuwan, dosen, hingga seorang sales atau marketing.

Pengalamannya di dunia sales dan marketing gak main-main. Lha jelas aja, Ilham jualannya pesawat, bukan mobil apalagi rokok.

Tanpa punya pemahaman soal pesawat, mana mungkin seseorang bisa jualan pesawat? Udah pasti gak bakal ada kesempatan bagi orang non-teknis buat berkarier di posisi itu.

3. Sanggup jadi profesional di beragam bidang

ilham habibie
Selain baca buku, dia juga hobi main piano (Merdeka)

Gak cuma aeronautika yang digeluti Ilham Habibie, dia juga pernah memimpin perusahaan lain, sebut aja PT Ilthabi Rekatama yang notabene perusahaan keluarganya sendiri. Ilham bergabung di perusahaan itu pada 2002 sebagai CEO dan Presiden.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

PT Ilthabi Rekatama adalah perusahaan jasa keuangan dan investasi. Namun di bawah kepemimpinan Ilham, Grup Ilthabi Rekatama jadi punya empat bidang bisnis yang terdiri dari teknologi informasi, industri manufaktur, sumber daya alam, dan finansial.

Buat bisa seperti itu, Ilham mempertajam ilmu marketing di salah satu cabang Universitas Chicago yang ada di Singapura.

Dia semangat banget buat belajar demi mengembangkan bisnis keluarga.

So, buat urusan kepemimpinan di perusahaan, Ilham Habibie gak perlu diragukan lagi nih. Di mana pun dia berpijak, pasti ada inovasi yang mantap.

4. Menghargai kesederhanaan

Orang selevel Ilham Habibie udah pasti tajir. Tapi coba lihat penampilan beliau deh. Dia gak pernah tampil flamboyan dengan aksesoris mewah bak selebriti-selebriti papan atas. Ilham lebih suka pakai baju batik lengan panjang.

Dalam salah satu artikel tentang keluarga Habibie yang ada di situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, diceritakan bahwa kesederhanaan emang udah jadi hal utama yang dipupuk oleh Ainun, ibunda Ilham, sejak awal. Dari kecil, Ainun udah membiasakan memberikan anak-anaknya uang jajan yang pas selama satu minggu.

Oleh karena itu, Ilham jadi pintar soal mengatur keuangan. Dia suka bolak-balik ke toko buat mendapat harga yang paling sesuai di kantong biar gak minta uang tambahan. Gak bakal dikasih juga kok sama ibundanya.  

Orang yang sukses di dunia ini emang gak punya waktu buat mikirin gaya. Yang mereka pikirkan adalah gimana mengembangkan bisnis dan menjaganya hingga bisa bertahan sepanjang masa. Dan tentu aja, mampu mengelola keuangan dengan baik.

5. Gak lupa daratan

ilham habibie
Dia pun pandai soal inovasi (Liputan 6)

Walau besar dan kuliah di Jerman, Ilham malah memilih buat berkarier dan memimpin perusahaan di Indonesia. Padahal bisa aja dia kerja di perusahaan multinasional yang tentu aja gajinya lebih besar berkali-kali lipat.

Dari sini terbukti kalau Ilham Habibie itu orang yang punya komitmen buat industri-industri di Indonesia. Kalau bukan kita sendiri, ya siapa lagi. Betul, gak?

Itulah lima alasan kenapa Ilham Habibie layak kamu jadikan inspirasi. Gak cuma  kecerdasan, pengalamannya dalam memimpin sebuah perusahaan emang patut diacungi jempol. Dia juga menjadi wujud seorang profesional yang serius dalam meniti karier.

Pengin sukses seperti Ilham Habibie? Bisa aja, kuncinya asal punya komitmen yang tinggi dan tetap semangat dalam belajar

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →