Intip Rumah BJ Habibie di Kuningan yang Dicicil 20 Tahun

Rumah BJ Habibie

Sebagai mantan Presiden Republik Indonesia, jiwa nasionalisme BJ Habibie ternyata gak cuma terlihat dari kontribusinya buat negara, melainkan juga dari konsep rumahnya yang cukup mewah. Lho kok jadi “rumah?” Memangnya ada apa dengan rumah BJ Habibie ini?

Rasa cinta dan bangga yang dimiliki Habibie terhadap Indonesia, ternyata bisa kamu lihat di rumahnya yang terletak di Patra, Kuningan XIII. Selain rumahnya mewah, rumah itu ternyata punya cerita tersendiri bagi seorang BJ Habibie. Rumah itu pun diberi nama Wisma Habibie dan Ainun.

Asal kamu tahu nih, Habibie sudah menempati rumah tersebut selama lebih dari 30 tahun. Wuih, lumayan lama ya pak Habibie tinggal di sana.

Kira-kira semewah apa sih rumah BJ Habibie di Patra Kuningan? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Rumah ini dicicil selama 20 tahun

rumah bj habibie
Pintunya aja udah keren (Viva)

Jangan salah, rumah ini bukan pemberian atau hadiah lho. Habibie membeli rumah ini dengan metode cicilan bertenor 20 tahun. Kok bisa?

Jadi begini, dulu rumah itu merupakan bangunan milik Patra Jasa. Pada tahun 1975, Habibie bekerja di Pertamina sebagai penasihat Dirut PT Pertamina, Ibnu Sutowo. Alhasil, dia dapat fasilitas berupa rumah dinas.

Yang namanya rumah dinas ya sudah pasti gak jadi hak milik dong. Tapi Habibie ternyata betah tinggal di rumah itu dan meminta Pertamina menjual rumah itu padanya. Akhirnya, permintaan itu dikabulkan dan Habibie pun mulai mencicil.

2. Rumah BJ Habibie bernuansa Indonesia

rumah bj habibie
Nuansanya benar-benar bertemakan Indonesia (Kompas)

Kesan pertama yang muncul ketika kamu melihat rumah ini adalah, Indonesia banget. Maksudnya apa ya?

Arsitektur rumah ini mengakomodir seluruh unsur kebudayaan nusantara. Hal itu bisa disaksikan dari bentuk atap, pilar-pilar, ukiran, ornamen, lukisan, bunga, hingga tanamannya. Itulah sebabnya kenapa rumah ini jadi bukti bahwa pak Habibie cinta Indonesia.

Di bagian tengah, juga ada lantai keramik yang menggambarkan peta Indonesia. Pejabat-pejabat lain di pemerintahan belum tentu lho kepikiran untuk membangun rumah kayak gini.

3. Ainun adalah konseptor rumah tersebut

rumah bj habibie
Lukisan Ainun dan Habibie (Viva)

Ternyata, mendiang sang istri, Ibu Ainun, juga punya andil dalam mempercantik isi rumah BJ Habibie lho. Ya wajar lah wong itu rumah suaminya kok.

Di rumah tersebut bahkan ada lukisan Habibie dan Ainun yang sedang berboncengan di atas sepeda. Lukisan itu bertulisan “Cinta Tanpa Batas.”

Salah satu bangunan yang mengingatkan Habibie pada Ainun adalah pendopo di rumahnya. Pendopo yang dipenuhi dengan ukiran Jawa itu kabarnya merupakan peninggalan sang istri.

Cerita pembangunan pendopo itu berawal pada saat Habibie menggelar salat tarawih berjama’ah di rumahnya dengan menggunakan tenda. Karena sesuatu hal, tenda itu roboh dan Habibie malu. Setelah peristiwa itu, dia pun membangun pendopo yang dikonsep langsung oleh bu Ainun.

Kabarnya, Ainun lah yang mencari dan memilih materialnya, yakni berupa kayu asli dari Zaman Majapahit.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

4. Perpustakaan di rumah BJ Habibie keren abis

rumah bj habibie
Perpustakaan di rumah Habibie (Kompas)

Namanya juga orang jenius yang hobi baca, mustahil kalau gak punya perpustakaan di rumahnya.

Perpustakaan di rumah BJ Habibie didesain dengan mengadopsi nuansa klasik dan elegan. Hal itu terlihat di penggunaan material kayu dan lampu gantung. Sekilas, ruangan itu memang kayak perpustakaan besar di film Harry Potter lho.

5. Ada Taman IPTEK

rumah bj habibie
Taman IPTEK rumah Habibie (Viva)

Selain mencerminkan pemiliknya yang mencintai Indonesia, rumah ini juga memunculkan kesan bahwa pemiliknya adalah orang yang pintar. Tentunya, kesan itu gak hanya tercipta karena adanya perpustakaan, melainkan juga karena ada taman yang satu ini.

Sesuai dengan namanya, yaitu IPTEK (Ilmu pengetahuan dan teknologi, taman yang letaknya gak jauh dari perpustakaan itu memiliki hiasan patung Ganesha. Udah tahu kan Dewa Ganesa itu menjadi simbol pelindung seni dan ilmu pengetahuan. Ganesa juga kerap disebut sebagai Dewa Kecerdasan. Taman ini juga amat asri dengan tumbuhnya berbagai jenis tanaman yang rimbun.

Itulah lima fakta rumah BJ Habibie yang terletak di Patra Kuningan. Tentunya bukan cuma mewah dan keren, rumah ini memang benar-benar sesuai dengan karakter Habibie.

Rumah seperti ini tentu bisa membuat pemiliknya betah untuk belajar atau bekerja. Pasalnya, koleksi buku-buku di perpustakaannya lengkap, interiornya juga terasa hangat dan nyaman.

Konsep rumah Habibie juga bisa kamu tiru seandainya kamu membangun rumah nanti. Tapi, tentu kamu harus siapkan biaya desain interiornya yang pastinya gak murah ya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →