5 Pelajaran Hidup dari Film Kartun Jepang yang Bisa Bikin Sukses

Jangan salah, film kartun Jepang bukan hanya sekadar film kocak dan keren yang menarik untuk disimak. Terkadang, film-film itu justru bisa memberikan kita pelajaran hidup yang sangat berguna untuk kariermu ke depan.

Jadi, salah besar kalau banyak orang yang berpendapat bahwa menonton Anime adalah hal yang buang-buang waktu.

Ingin tahu soal film kartun Jepang terkenal yang bisa memberikan pelajaran hidup dalam karier? Yuk baca ulasan lengkapnya di bawah sini.

1. Jangan malu jika kamu adalah orang yang malas

Kartun Naruto (Shutterstock).

Dalam film kartun Jepang, Naruto, ada salah satu tokoh protagonis dari klan Nara yang bernama Shikamaru. Sejatinya, Shikamaru adalah seorang dengan wajah yang terlihat cuek dan pemalas.

Secara gak langsung, karakter ini pun mengajar kita bahwa sikap malas itu sah-sah saja dimiliki seseorang, selama orang yang bersangkutan bisa mengatasinya. Sementara itu, nilai akademik juga belum tentu mencerminkan kepribadian yang cerdas bagi seseorang.

Mungkin ada benarnya juga kali ya, Pendiri Alibaba Jack Ma pun lebih suka merekrut karyawan dari latar belakang orang yang biasa-biasa saja ketimbang seorang yang juara kelas.

2. What doesn’t kill you makes you stronger

Nobita (Shutterstock).

Mungkin ini adalah lagu yang dinyanyikan oleh Kelly Clarkson, akan tetapi hal ini juga berlaku pada kehidupan Nobita di film kartun Jepang Doraemon.

Nobita memang terkenal cupu, nilainya selalu jelek, jadi korban bully, selalu kalah dalam pertandingan olahraga, belum lagi dia juga seringkali apes. Entah kenapa kok nasibnya malang banget.

Akan tetapi, dia punya kemampuan yang gak dimiliki teman-temannya. Apalagi kalau bukan sikapnya yang gak pernah menyerah.

Dia selalu cari cara untuk bisa mengatasi masalah yang muncul di depannya. Dan bisa dibilang bahwa, mentalitas seorang Nobita memang sangat kuat dan patut diapresiasi.

3. Ketahuilah yang orang lain gak ketahui

Detective Conan (Shutterstock).

Dimanapun bidang kerjamu, wajib hukumnya buat mengetahui secara detail tentang lingkup pekerjaan, serta kinerja perusahaanmu. Tujuannya agar kamu tahu apa yang mesti kamu kerjakan ke depan, bukan cuma nurut apa kata bos saja.

Kebiasaan ini merupakan kebiasaan dari Detective Conan, ketika menganalisa kasus pembunuhan yang cukup rumit.

Ketahuilah segala hal yang mencakup lingkup kerjamu secara detail. Karena dengan memahami hal-hal kecil, kamu bisa menganalisa masalah besar yang timbul suatu waktu.

Jangan kayak Kogoro Mouri ya yang terlalu cepat membuat kesimpulan. Jadilah seperti Conan yang teliti.

4. Gak semua perjuangan bisa kamu selesaikan sendiri

Dragon Ball Z (Shutterstock).

Dalam serial kartun Jepang Dragon Ball Z, Son Goku yang sudah luar biasa kuat tetaplah membutuhkan rekan-rekannya untuk bertarung melawan musuhnya. Ada Bezita, Picolo, putranya Son Gohan, dan lainnya.

Intinya, gak akan pernah ada superman di dunia kerja. Kamu tetap butuh kerja tim untuk bisa menyukseskan visi misi perusahaan.

Karena pada intinya, gak semua masalah bisa kamu selesaikan seorang diri meskipun kamu adalah seorang yang luar biasa cerdas. Tanpa bantuan orang lain yang ada kamu bakal keteteran sendiri.

5. Hidup harus terus berkembang

Pokemon (Shutterstock).

Masih ingat film Pokemon? Monster-monster yang dilatih untuk bertarung itu akan berevolusi seiring dengan berkembangnya waktu.

Kadang ada Pokemon yang bisa mencapai tiga fase evolusi. Dan dalam tiap fasenya, dia akan mengalami perkembangan kekuatan sekaligus psikologis.

Kartun Jepang yang satu ini mengajari kita bahwa dalam hidup, kita harus selalu berkembang jadi lebih baik. So, salah besar kalau memilih di zona nyaman terus.

Itulah lima pelajaran hidup seputar karier dari film kartun Jepang terfavorit. Kira-kira, di antara lima film di atas, mana yang jadi favoritmu? (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →